Contoh Cerita Rakyat Singkat : Gadis Berambut Emas

Contoh cerita rakyat singkat Gadis Berambut Emas kami posting sebagai lanjutan dari cerita rakyat yang singkat dan menarik yang telah kami posting sebelumnya. Kami akan terus memposting kumpulan cerita rakyat indonesia maupun dongeng dunia pendek terbaik di blog ini. Semoga adik-adik suka dan mau memfollow kami di facebook dan youtube.

Contoh cerita rakyat singkat : Kisah Gadis Berambut Emas

Di sebuah desa hidup seorang gadis berambut sangat panjang. Rambutnya berwarna emas berkilauan sangat indah. Gadis itu sangat yakin, bahwa rambutnya memberikan ia kekuatan dan membuatnya menjadi gadis pemberani.

Namun, rambut emasnya itu membuat iri para penjahat. Mereka ingin memiliki rambut emas itu pula. Semua penjahat telah berusaha memotong rambut emas mllik gadis itu, tapi sia-sia saja. Mereka kalah dengan kekuatan yang dimiliki oleh si gadis.

Contoh cerita rakyat singkat Gadis Berambut Emas

Suatu hari, gadis berambut emas sedang berburu di hutan. Ia bertemu dengan naga di sana.

“Apa yang sedang kau lakukan di hutan ini?” tanya naga dengan suaranya yang menggelegar, mengagetkan gadis berambut emas

“Jika aku bisa menaklukkan naga ini, pasti kehebatanku akan semakin terkenal.” pikir gadis itu.

Gadis itu pun mengibaskan rambut panjangnya untuk melawan naga. Olala, dengan satu kibasan, naga itu langsung tunduk kepadanya. Gadis itu pun merasa sangat puas.

Dengan kehebatannya Ia akan terkenal di seluruh penjuru negeri.

Benar saja. Kehebatan gadis itu semakin terkenal. Semua orang kagum kepadanya. Namun, di sisi lain, semakin kuatlah keinginan seorang penjahat untuk memiliki rambut si gadis.

“Bagaimana aku bisa mengambil rambut emas itu?” gumam penjahat itu.

Selama berhari-hari, penjahat itu mencari cara untuk memotong rambut milik gadis berambut emas. Sampai akhirnya, ia memiliki sebuah ide.

“Aku akan menyebarkan kabar, bahwa ada binatang yang sangat kuat di hutan. Pasti gadis itu akan mencari binatang itu di hutan. Padahal binatang itu sebenarnya tak ada. Gadis itu pasti akan bermalam di hutan sampai menemukan binatang itu. Nah, aku akan memotong rambutnya saat ia tertidur,” ucap penjahat itu sambil menyeringai.

Berita bohong tentang binatang yang sangat kuat itu pun cepat menyebar. Gadis berambut emas tertarik untuk mengalahkannya. Ia segera pergi ke hutan untuk mencari binatang itu.

Namun, sudah berkali-kali mengelilingi hutan itu, belum juga ia menemukan binatang yang dicarinya.

Hari sudah mulai malam. Tapi, gadis itu belum mau pulang sampai ia menemukan binatang kuat itu. Ia pun tidur di hutan.

Penjahat yang sudah mengincarnya pun beraksi. Saat gadis berambut emas tidur pulas, dengan sangat mudah ia mendapatkan rambut emas si gadis.

Alangkah terkejutnya gadis itu ketika ia bangun. Rambutnya sudah pendek dan berwarna hitam. Gadis itu bersedih.

Tak lama kemudian, gadis itu menjadi panik. Olala, binatang yang sangat kuat muncul di hadapannya. Gadis itu takut. Ia berpikir, dengan hilangnya rambutnya, ia sudah tak punya kekuatan lagi.

Tiba-tiba, binatang kuat itu menyerang. Gadis itu pun melawan ketakutannya sendiri, dan berusaha menangkis terkaman binatang kuat itu. Rupanya, gadis itu berhasil, dan bahkan binatang itu mampu ia buat bertekuk lutut kepadanya. Gadis itu merasa senang, karena ternyata ia bisa menaklukkan binatang kuat itu, meskipun tanpa rambut emasnya.

Pesan moral dari Contoh cerita rakyat singkat : Gadis Berambut Emas adalah kawan, kekuatan itu berasal dari diri kita sendiri. Percaya diri saja, pasti kita bisa melakukannya.

Temukan juga cerita rakyat yang pendek dan mudah dihafal yang terlebih dahulu kami posting seperti cerita rakyat pendek danau toba serta cerita rakyat singkat sangkuriang.