Contoh Cerita Anak Fabel dari India

647 views

Dua contoh cerita anak yang akan kami ceritakan semakin membuktikan bahwa India memiliki banyak sekali cerita rakyat dan dongeng anak.

Contoh Cerita Anak : Ayam, Marmut, Dan Harimau (India)

Seekor ayam sedang mencari makan. Ia terus saja berjalan, hingga ia tersesat. Namun, ayam itu tak peduli. Baginya yang terpenting adalah mendapatkan makanan Saat ayam merasa lelah, matanya langsung berbinar. Ya, ia melihat hamparan ladang yang dipenuhi dengan makanan.

"Wah, akhirnya aku menemukan makanan," ayam itu girang.

Ayam lalu makan sepuasnya. Ia merasa senang. Rupanya, ladang itu tak ada pemiliknya Ia tahu hal itu setelah beberapa hari tinggal di sana.

"Sekarang, akulah pemilik ladang ini," ucap Ayam. Kini hidup Ayam berkecukupan. Ia bisa makan tanpa haws lelah mencari makanan sampai jauh.

Namun, hari ini ayam ingin pergi. Ia bosan tinggal di ladang terus menerus. Maka kemudian ia pergi ke padang rumput untuk melepas kebosanannya.

Contoh Cerita Anak Fabel dari India

Contoh Cerita Anak Fabel dari India

Beberapa saat kemudian, Ayam kembali lagi ke ladangnya. Olala... di sana sudah ada marmut yang sedang asyik menikmati makanan.

"Hei, sedang apa kau di ladangku?" seru Ayam.

"Kata siapa ini ladangmu? lni adalah ladangku," sangkal Marmut.

Mereka terus saja bertengkar memperebutkan ladang itu. Hingga hari sudah mulai sore, mereka lelah untuk bertengkar.

"Lebih baik kita temui harimau untuk meyelesaikan masalah ini. Ia adalah binatang yang bijak,"ajak Marmut.

"Baiklah, aku yakin aku yang akan menang.” jawab Ayam.

Mereka berdua lalu menemui harimau. Harimau senang sekali dengan kedatangan mereka, sebab Harimau sedang kelaparan.

Ayam dan Marmut lantas menceritakan masalahnya. Harimau pura-pura mendengarkannya.

“Coba kalian ceritakan lebih dekat denganku. Telingaku sudah agak tuli sehingga tak bisa mendengar dengan baik," ucap Harimau.

Ayam dan Marmut mendekat kepada Harimau. Saat itu juga, Harimau langsung menerkam keduanya. ltulah Harimau, mengambil keuntungan dari pertengkaran hewan lain.

Pesan moral dari Contoh Cerita Anak : Ayam, Marmut, Dan Harimau (India) adalah jangan suka mengambil keuntungan dari pertengkaran teman. Apabila teman minta saran, maka berilah saran yang baik.

Contoh Dongeng Anak : Burung Hantu Dan Angsa (India)

Angsa hidup di sebuah danau yang indah. Air danau itu sungguh jernih. Banyak ikan yang hidup di sana sehingga angsa tak perlu jauh-jauh mencari makan. Angsa sungguh senang tinggal di danau itu.

Suatu hari, seekor burung hantu melewati danau tersebut. Burung hantu itu melihat angsa yang cantik sedang berenang. Hal itu membuat Burung Hantu berhenti di salah satu dahan pohon. Pohon yang dekat dengan danau.

Contoh Dongeng Anak : Burung Hantu Dan Angsa

Contoh Dongeng Anak : Burung Hantu Dan Angsa

“Indah sekali sayap angsa itu. Andaikan aku bisa berteman dengannya," ucap Burung Hantu.

Angsa melihat bayangan burung hantu di dalam air. Ia pun memanggil Burung Hantu itu.

"Sedang apa kau di sana? Kemarilah," ucap Angsa.

Burung Hantu sangat senang. Rupanya, Angsa tidak hanya berbulu cantik, tetapi juga baik hati. Mereka pun akhirnya berteman.

Berhari-hari Burung Hantu tinggal di pohon dekat danau. Banyak sekali cerita yang mereka habiskan saat itu. Mereka saling berbagi hingga menjadi teman baik. Burung Hantu senang berteman dengan Angsa, pun sebaliknya.

Namun, setelah beberapa hari tinggal bersama angsa, Burung Hantu merasa rindu dengan rumahnya. Burung Hantu lalu pamit kepada Angsa. Burung Hantu rindu dengan rumahnya yang sudah beberapa hari ia tinggalkan.

"Jika kau rindu denganku, datanglah ke rumahku, rumahku ada di ujung hutan ini,"ucap Burung Hantu. Kemudian mereka pun berpisah.

Beberapa hari kemudian, Angsa merasa rindu dengan Burung Hantu. Ia ingin mengunjungi Burung Hantu. Kemudian Angsa pun terbang ke ujung hutan. Setelah beberapa lama, sampailah ia di ujung hutan. Burung Hantu tinggal di salah satu pohon di sana.

Mereka pun melepas kangen. Keduanya banyak bercerita tentang hari-hari mereka. Hingga, Burung Hantu sadar bahwa ada seorang pemburu yang sedang mengintainya. Burung hantu kemudian mencoba mengeluarkan suara yang membuat pemburu itu ketakutan.

Pemburu itu membidikkan peluru ke arah rumah burung hantu. Burung Hantu bisa melepaskan diri. Namun, Angsa mati tertembak. Hal itu membuat Burung Hantu merasa sangat sedih. Dia harus kehilangan sahabat terbaiknya.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Anak : Burung Hantu Dan Angsa (India) adalah jangan suka menyakiti binatang. Sayangilah binatang, karena mereka sama-sama makhluk ciptaan Tuhan.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.