Cerita Rakyat Jawa Timur : Asal Usul Kota Surabaya

10584 views

Cerita asal usul Kota Surabaya adalah cerita rakyat Jawa Timur yang paling sering diceritakan. Adik-adik semua harus tahu dongeng Surabaya ini. Yuk kita ikuti kisahnya.

Asal Usul Kota Surabaya : Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Timur

Pada zaman dahulu, di sebuah lautan. Hiduplah dua hewan buas yang sama-sama angkuh dan tidak mau kalah. Kedua hewan tersebut adalah seekor Ikan Hiu dan seekor Buaya. Mereka sering berselisih dan berkelahi ketika memperebutkan makanan. Karena keduanya sama-sama kuat, ganas dan sama-sama cerdik. Perkelahianpun berlangsung sangat lama. Setelah bertarung berkali-kali dan tetap tak bisa saling mengalahkan, Hiu Sura dan Buaya itu pun mengadakan kesepakatan. Karena, kedua hewan tersebut sudah merasa bosan dan lelah jika harus berkelahi. Akhirnya, keduanya sepakat mengadakan perjanjian tentang pembagian area kekuasaan.

Dengan adanya perjanjian tersebut. kedua hewan tersebut tidak pernah berkelahi lagi. Karena, keduanya sudah sepakat untuk berdamai, dan saling menghormati daerah kekuasaannya masing-masing. Namun, selang beberapa waktu yang udah cukup lama. Ikan-ikan yang menjadi mangsa Hiu Sura mulai habis di lautan kekuasaannya. Akhirnya, ia pun bersembunyi-sembunyi mulai mencari mangsanya di muara sungai agar tidak di ketahui oleh Buaya. Namun, lama-kelamaan Buaya pun mengetahuin bahwa Hiu Sura sudah melanggar perjanjiannya.

Cerita Rakyat Surabaya Dongeng Asal Usul Surabaya

Cerita Rakyat Surabaya Dongeng Asal Usul Surabaya

Karena ulah Hiu Sura yang melanggar perjanjian. Akhirnya, mengakibatkan pertarungan yang sangat sengit antara kedua hewan tersebut. mereka saling gigit, menerkam dan memukul. Buaya mendapat gigitan Sura di ujung ekor sebelah kanan, sehingga ekor tersebut selalu membengkok ke kiri. Sedangkan Sura tergigit ekornya hingga nyaris putus.

Karena, sudah sama-sama terluka sangat parah. Keduanya menghentikan perkelahian tersebut. hiu Sura pun mengalah dan kembali ke daerah kekuasaannya. Buaya yang menahan rasa sakitnya pun merasa menang karena sudah mempertahankan daerah kekuasaannya.

Setelah perkelahian yang sangat sengit tersebut. kedua hewan itu terluka sangat parah dan akhirnya keduanya mati.

Pertarungan antara Ikan Hiu yang bernama Sura dengan Buaya ini sangat berkesan di hati masyarakat Surabaya. Namun ada juga yang berkata surabaya berasal dari kata sura dan baya.Sura berarti jaya baya berarti selamat jadi surabaya berarti selamat dalam menghadapi bahaya

Oleh karena itu, nama Surabaya selalu dikait-kaitkan dengan peristiwa ini. Dari peristiwa inilah kemudian dibuat lambang Kota Madya Surabaya yaitu gambar ikan sura dan buaya.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Jawa Timur : Asal Usul Kota Surabaya adalah jangan selesaikan masalah dengan kekerasan. Cari penyelesaian yang dapat diterima oleh semua pihak.

Baca cerita rakyat dari Jawa Timur lainnya pada artikel kakak berikut ini Cerita Rakyat Asal Usul Banyuwangi : Dongeng Jatim dan  Cerita Rakyat Jatim – Dongeng Asal Mula Gunung Arjuna

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.