Cerita Rakyat Dunia : Menanam Kebaikan

567 views

Cerita rakyat dunia yang kami posting di hari ini, kami ambil dari koleksi cerita rakyat sedunia terpopuler kami. Banyak sekali cerita rakyat luar negeri yang terkenal yang telah kami posting, kalian bisa membacanya di kategori cerita rakyat dunia atau dongeng dunia. Yuk kita sama-sama baca dongeng terbaik dunia yang satu ini.

Cerita Rakyat Dunia : Kakek yang Baik Hati

Ada seorang kakek tua yang hidup sendirian. Ia bekerja sebagai pengemis. Meski hidupnya serba pas-pasan, namun kakek tua itu tak pernah mengeluh.

Cerita Rakyat Dunia : Menanam Kebaikan
Cerita Rakyat Dunia : Menanam Kebaikan

Suatu hari, kakek tua itu mengemis di sebuah pasar. Pendapatan hari ini tak terlalu banyak, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kakek tua itu pun pulang ke rumah. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang anak kecil yang senang menangis.

"Kau kenapa, wahai anak kecil?" tanya kakek tua itu.

"Aku ingin membeli mainan, tapi tak punya uang," jawab anak kecil itu.

Melihat anak kecil itu menangis, kakek tua merasa kasihan.Ia pun membelikan mainan untuk anak kecil itu. Anak kecil itu pun sangat senang. Kakek tua lalu melanjutkan perjalanan pulang. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan seorang gadis yang kebingungan. Saat ditanya, rupanya gadis itu baru saja kehilangan uang. Tanpa ragu, kakek tua mengganti uang gadis.

Begitulah, hal tersebut terus terjadi. Saat orang membutuhkan bantuan apa pun itu, kakek tua dengan senang hati akan membantu. Mulai dari menangkap ternak yang lepas, memetik buah di pohon, dan banyak hal lain. Kakek tua memang tak pernah memandang siapa yang akan ia bantu. Entah orang itu miskin atau kaya, selagi ia bisa membantu, pasti ia akan membantu.

Kakek tua itu pun tak pernah mengharap balasan dari semua kebaikannya. Menurutnya, kebaikan adalah sesuatu yang harus ditanam, agar orang-orang di sekitarnya pun menanam kebaikan kepada orang lain

Suatu hari, kakek tua itu tak terlihat lagi. Semua orang merasa kehilangan. Rupanya, kakek tua itu jatuh sakit. Ia hanya bisa terbaring di rumahnya. Satu per satu penduduk desa datang mengunjungi kakek tua. Bahkan, raja pun ikut mengunjunginya.

Namun. sakit kakek tua semakin parah. Tak lama kemudian, kakek tua itu meninggal dunia. Semua orang merasa bersedih. Mereka telah kehilangan seseorang yang baik hati.

Kabar meninggalnya kakek tua itu pun cepat tersebar keseluruh kerajaan. Hari itu juga semua orang di kerajaan memenuhi halaman rumah kakek tua.

Kekuatan kebaikan memang sungguh luar biasa. Meski kakek tuaitu sangat miskin dan hanya memiliki kebaikan yang bisa ia tanamkan kepada orang-orang di sekelilingnya. kakek tua Cui dihormati oleh semua orang. Ya. semua orang menyayangi kakek tua itu.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Dunia : Kakek yang Baik Hati adalah tanamlah kebaikan. Maka, kebaikan pula yang akan kamu dapatkan.

Ikuti juga kami di facebook https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.