Cerita Dongeng Yang Pendek : Pangeran Risal dan Teman Kecilnya

Cerita dongeng yang pendek memang banyak dicari. Namun sebelum menceritakan cerita dongeng pendek bergambar yang ada di internet selalu pastikan cerita dongeng rakyat tersebut mengandung pesan moral yang dapat dipetik. Hampir semua cerita rakyat pendek yang ada di blog ini mengandung amanat yang dapat diambil.

Cerita Dongeng Yang Pendek : Kisah Pangeran Risal dan Teman Kecilnya

Dangeran Risal adalah sosok yang baik hati dan lemah lembut. Ayah ibunya sangat bangga terhadap Pangeran Risal. Pangeran Risal juga sangat pandai memanah. Selain itu ia juga merupakan penyayang binatang. Ia tak pernah sekalipun menyakiti binatang.

Suatu ketika, Pangeran Risal merasa bosan karena terus berada di istana. Ia ingin sekali melakukan petualangan. Ia pun meminta izin kepada kedua orang tuanya. Sayang, ayah ibunya tidak mengizinkan. Mereka sangat khawatir dengan keselamatan Pangeran Risal.

Advertising
Advertising

Pangeran Risal yang sudah bertekad bulat ingin bertualang, tak henti meminta izin kepada orang tuanya. Akhirnya, dengan berat hati, ayah ibunya pun mengizinkannya.

cerita dongeng yang pendek : Pangeran Risal

Pagi-pagi sekali, Pangeran Risal pergi seorang diri dengan bekal seadanya. Ia ingin merasakan kebebasan tanpa adanya pengawal istana.

Di tengah perjalanan, Pangeran Risal melihat seekor tikus jatuh ke dalam parit yang penuh dengan air. Karena merasa sangat kasihan, Pangeran Risal pun menolong tikus malang itu.

“Pangeran yang baik, terima kasih karena telah menyelamatkan nyawaku. Aku adalah raja tikus. Mulai hari ini, semua tikus di kerajaanku akan siap menolongmu kapan pun kau membutuhkan kami,” kata raja tikus.

Pangeran Risal pun tersenyum. Beberapa saat kemudian, ia melihat sekumpulan semut yang sedang bekerja dan berjalan dengan barisan yang rapi. Tiba-tiba, seseorang membuang seember air di jalanan. Semut-semut itu pun terhempas ke dalam air.

Pangeran Risal lalu menyelamatkan semut-semut itu. Ia menghanyutkan beberapa helai daun, sehingga semut-semut itu tidak tenggelam lagi. Semut-semut pun berterima kasih.

Mereka juga berjanji akan membantu Pangeran Risal kapan pun dan di mana pun ia membutuhkan mereka.

Pangeran Risal melanjutkan perjalanannya. Tiba-tiba, sebuah pohon yang besar tumbang menindih dirinya, Seketika, Pangeran Risal pun pingsan.

Saat itulah, raja tikus muncul. Ia memanggil semua rakyatnya untuk membantu Pangeran Risal. Olala, dalam sekejap, tikus-tikus berdatangan. Mereka langsung menggerogoti batang pohon tersebut, hingga kayunya rontok menjadi bubuk kayu.

Untunglah, Pangeran Risal berhasil diselamatkan. Tak berapa lama kemudian, puluhan semut datang. Mereka membawakan aneka biji-bijian dan buah-buahan kecil untuk Pangeran Risal. Alangkah senangnya Pangeran Risal. ia memiliki teman-teman kecil yang baik hati.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Yang Pendek : Pangeran Risal dan Teman Kecilnya adalah Selalu bersikap baik kepada siapa pun ya, agar kamu memiliki banyak teman.

Baca juga posting dongeng pendek fabel terbaik yang pernah kami posting seperti dongeng pendek kancil

Jangan lupa follow kami di https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/