Cerita Dongeng yang Menarik untuk Anak dari AESOP

Banyak sekali karya AESOP merupakan dongeng yang menarik jika diceritakan untuk si kecil. Seperti dongeng fabel yang satu ini. Cerita hewan ini pasti disukai oleh si kecil karena mudah di pahami dan mengandung pesan moral di dalamnya. Jangan tunda lagi, yuk kita ceritakan malam nanti.

Cerita Dongeng yang Menarik : Kesombongan Gagak

Suatu hari Gagak bertengger di sebuah pohon. Di paruhnya, ada daging yang baru saja ia dapatkan.

Gagak ingin memakan daging itu, tetapi dia belum menemukan tempat yang nyaman untuk memakannya. Maka, bertenggerlah ia di sebuah dahan pohon untuk mencari tempat yang nyaman.

Olala, rupanya Rubah sedang mengamati Gagak. Rubah juga sedang mencari makan. Sudah seharian ini dia belum mendapatkan makanan. Melihat daging di paruh Gagak, muncullah sifat licik Rubah.

“Hai, gagak yang cantik. Aku dengar kamu adalah burung yang paling cantik ‘di hutan ini. Tak ada yang menyaingi keindahan bulumu yang hitam mengilap. Kamu sungguh pantas mendapat julukan ratu burung,” seru Rubah.

Mendengar hal itu, Gagak langsung melenggak-lenggok senang. Gagak masih belum melepaskan daging yang berada di paruhnya.

“Gagak yang cantik, aku ingin tahu. Apakah benar yang kudengar selama ini, bahwa kau juga pemilik mata tercantik dan suara yang merdu? Aku ingin mendengar suaramu yang merdu.” rayu Rubah kepada Gagak.

Gagak kembali melenggak-lenggok. Tetapi, ia tetap tak mau membuka mulutnya. Rubah menjadi amat kesal. Ia pun kembali mencari cara untuk membuat gagak itu berbicara.

“Ah, sayang sekali. Rupanya kabar yang kudengar itu salah. Ternyata kau bukan burung yang bersuara merdu. Kau hanya burung bisu yang tak dapat bicara.” dengus Rubah.

Mendengar hal itu. Gagak menjadi marah. Ia langsung berteriak kepada Rubah.

“Kaak… kaaak… kaak! Sungguh, kamu rubah yang menjengkelkan. Aku tak suka denganmu.” seru Gagak.

Dongeng Fabel Gagak Yang Sombong

Seketika, daging di paruh Gagak terjatuh. Rubah pun langsung menangkap daging itu dan membawanya pergi.

Ah! Gagak baru menyadari kesalahannya. Rupanya dirinya sudah diperdaya oleh Rubah.

Rubah hanya ingin mendapatkan daging miliknya. Andai Gagak tak mendengarkan ucapan Rubah, pasti dia tak akan mendapatkan kesialan.

Pesan moral dari Cerita Dongeng yang Menarik ini adalah jadilah anak yang cerdas dengan banyak belajar dan banyak membaca sehingga kamu tidak akan mudah diperdayai oleh orang lain.

Baca juga cerita rakyat yang seru lainnya yaitu: