Cerita Dongeng Anak Indonesia dan Cina

805 views

Siang hari ini kakak akan berbagi cerita dongeng anak Indonesia dan Cina. Keduanya menarik untuk dibaca sama seperti dongeng Indonesia yang pernah kami posting lainnya. Selamat membaca.

Cerita Dongeng Anak Indonesia : Ngengat Dan Baju Lama Dido

Jauh di dalam gudang, di sebuah peti tua yang berisi baju-baju lama Dido, sebuah keluarga ngengat tinggal. Satu yang paling muda adalah Kun. Kun tidak pernah melihat dunia luar. Sama seperti ngengat-ngengat lain, mereka juga sudah menetap lama di gudang. Keluarga itu tinggal, melahirkan, dan membesarkan anak-anaknya di baju-baju lama Dido.Tetapi rasa penasaran Kun sangat besar terhadap dunia luar. Dia ingin melihat pemandangan yang indah seperti gambar gambar yang terdapat pada baju Dido.

Cerita Dongeng Anak Indonesia : Ngengat

Beberapa hari setelahnya, sesuatu terjadi di dalam gudang. Mama Dido dan Adik perempuan Dido, Clara, tiba-tiba saja datang ke gudang. Mereka mulai membersihkan tempat itu. Bahkan peti tua tempat tinggal para ngengat tidak luput dari pandangan mereka. Ngengat-ngengat pergi menyelamatkan diri. Kecuali Kun, sebab saat itu Kun sedang tertidur.

"Banyak ngengat di sini, Ma."  seru Clara kepada mamanya."Di peti baju Kak Dido.Tapi mereka semua pergi!"

"Oh, baju lama Dido jadi rusak dan bolong-bolong. Dasar ngengat nakal," ujar Mama. Mama Dido memilih baju yang masih dapat digunakan, dan membuang sebagian baju yang sudah sangat rusak karena dimakan oleh para ngengat. Rupanya Kun terbawa di kotak yang berisi baju-baju yang masih bisa terpakai.

Ketika bangun, Kun tersadar keluarganya sudah tidak ada. Dia bingung, dan mencari-cari. Tetapi tetap saja tidak ada. Ketika Kun keluar dari dalam kotak. Rupanya dia berada di tempat baru. Dan yang pasti bukan gudang milik keluarga Dido.

"Inikah yang dinamakan dunia luar yang sangat luas?" ucap Kun, takjub.

Ahai! Rupanya Mama Dido memberikan baju lama Dido kepada anak pengemis yang datang ke rumahnya. Sekarang setiap hari baju lama Dido dikenakan oleh anak itu. Dan tentu saja Kun sangat senang. Dia jadi bisa melihat dunia luar, dan bisa pergi ke mana pun dia mau.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Anak Indonesia : Ngengat Dan Baju Lama Dido adalah jangan pernah berhenti untuk belajar, kita memang harus berjuang. Bahkan, kadang melewati hal yang tidak kita inginkan.

Dongeng Cerita Pendek Cina : Meniru Kebiasaan Si Cantik

Di sebuah desa, ada seorang gadis bernama Xi Shi. Ia dikenal sebagai gadis yang cantik dan baik. Semua orang yang melihatnya pasti kagum. Xi Shi memiliki sebuah penyakit sehingga ia sering kali mengerutkan keningnya. Hal itu membuat orang-orang yang melihatnya semakin kagum dengan kecantikannya.

"Xi shi memang gadis yang sangat cantik," ucap seorang pemuda.

Saat itu ada seorang gadis yang merasa heran, kenapa banyak pemuda yang mengagumi Xi Shi. Padahal, menurutnya Xi Shi biasa-biasa saja. Dan yang Iebih mengherankannya lagi, saat Xi Shi sedang mengerutkan kening, para pemuda malah semakin mengagumi Xi Shi.

Dongeng Cerita Pendek Cina : Meniru

Gadis itu berpikir, apakah ia harus seperti Xi Shi untuk selalu mengerutkan kening agar terlihat cantik? Selama ini memang tak ada pemuda yang tertarik dengannya. Hari itu, ia mencoba untuk mengikuti kebiasaan Xi Shi.

Gadis itu keluar rumah. Saat bertemu dengan seorang pemuda, ia mengerutkan kening, berharap pemuda itu mengaguminya, seperti halnya pemuda lain mengagumi Xi Shi. Namun, di luar dugaannya, pemuda itu justru berpaling darinya. Gadis itu kembali bingung.

"Apa aku kurang kuat mengernyitkan kening?" pikir gadis itu. Kemudian ia berjalan lagi. Saat bertemu dengan seorang pemuda, ia kembali mengernyitkan kening. Olala... pemuda itu malah lari ketakutan. Ia berpikir gadis itu hendak memarahinya.

"Aku semakin bingung. Kenapa dia malah lari setelah melihatku?" gumam gadis tersebut.

Gadis itu lalu menemui temannya. Ia menceritakan pengalamannya bahwa dirinya mencoba mengikuti kebiasaan Xi Shi, yakni mengernyitkan kening. Tetapi bukannya dikagumi, yang melihatnya justru lari.

Temannya tertawa mendengar penjelasan gadis itu. Ia lalu menasihati gadis tersebut agar tidak meniru orang lain.

"Jadilah diri sendiri agar orang lain juga menyukaimu. Xi Shi memang sudah sangat cantik, jadi seperti apa pun dia, dia akan tetap dikagumi banyak orang. Kau hanya perlu jadi dirimu sendiri, tak perlu berlebihan seperti itu," ucap temannya.

Sungguh malu gadis itu. Rupanya ia telah berbuat kesalahan. Harusnya, ia menyadari bahwa dirinya memang tak secantik Xi Shi.

Hikmah dari Dongeng Cerita Pendek Cina : Meniru Kebiasaan Si Cantik dari jadilah diri sendiri, jangan meniru orang lain. Maka, kau akan disukai oleh banyak orang.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.