Cerita Anak Pendek dari Cina : Pelajaran dari Angsa

Beberapa hari terakhir banyak sekali cerita anak pendek yang berasal dari Cina telah kami posting. Semua cerita rakyat Cina yang ada di blog ini mengandung hikmah yang dapat dipetik. Salah satu cerita rakyat yang paling kami sukai adalah dongeng anak pendek yang kamiposting disiang hari ini. Selamat membaca.

Dongeng Cerita Anak Pendek dari Cina : Pelajaran dari Angsa

Hari sudah mulai sore, dan matahari berada di sebelah barat. Di sebuah bukit, raja dan seorang pemanah yang sangat pandai tengah berdiri memandang langit.

"Sebentar lagi, akan ada kawanan angsa yang melintas di langit. Aku ingin melihat keahlianmu memanah," ucap raja.

"Tenang saja, Tuan. Aku akan memanah angsa itu tanpa menggunakan anak panah," balas pemanah dengan penuh percaya diri.

Ternyata perkataan raja benar. Tak selang beberapa lama, kawanan angsa melintas di langit. Mereka terbang dengan berbaris.

Cerita Anak Pendek dari Cina
Cerita Anak Pendek dari Cina

"Apakah benar kau bisa memanah angsa itu sampai terjatuh?" tanya raja, tak percaya.

"Apakah Tuan meragukan keahlianku? Aku akan membuat jatuh angsa yang berada di barisan paling belakang," jawab si pemanah.

Angsa-angsa itu pun terbang menjauh. Kini, yang masih terlihat hanya angsa di barisan paling belakang. Pemuda itu pun menarik busur tanpa anak panah. Pada hitungan ketiga, pemanah itu melepaskan busur.

Ajaib! Angsa yang berada di barisan belakang tiba-tiba terjatuh, persis seperti terkena anak panah. Raja menjadi sangat kagum kepada si pemanah.

"Ceritakan kepadaku. Mengapa angsa itu bisa terjatuh tanpa engkau menggunakan anak panah?" tanya raja, meminta penjelasan.

"Sesungguhnya, angsa itu sudah terluka sebelumnya." kata si pemanah.

"Tetapi, tidak ada sedikit pun luka di tubuh angsa itu," ucap raja, semakin heran.

"Bukan tubuhnya yang terluka, tapi hatinya. Angsa itu merasa sedih, karena Ia berada di barisan paling belakang. Angsa itu pun terbang dengan hati yang sedih. Apalagi, ia mendengar suara busurku. Bertambah sedih dan takutlah angsa itu. Ia pun tak bisa mengendalikan terbangnya dan terjatuh," jelas pemanah itu.

Raja semakin kagum dengan kehebatan dan kepintaran si pemanah. Rupanya, ada banyak pelajaran yang bisa ia dapatkan dari seekor angsa yang terbang paling belakang. Raja dan si pemanah lalu pulang ke istana. Raja pun tidak lagi meragukan kemampuan si pemanah.

Pesan moral dari Cerita Anak Pendek dari Cina : Pelajaran dari Angsa adalah jangan pernah terlalu bersedih dengan spa yang kamu dapatkan. Bersedih terus-menerus hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan jatuh.

Ingat untuk selalu ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.