Cerita Anak Nusantara dari Negeri Dongeng : Alice, Peri dan Ikan Ajaib

Advertisements

Kami tidak akan bosan memposting cerita anak Nusantara terbaik untuk anak-anak Indonesia. Kami berharap dengan memposting dongeng anak di blog ini dapat membantu Ayah dan Bunda saat bercerita. Membiasakan diri mendongeng sebelum si kecil tidur memiliki banyak sekali manfaat. Yuk kita biasakan bercerita sebelum mereka tidur.

Cerita Anak Nusantara berasal Negeri Dongeng : Kisah Alice, Peri dan Ikan Ajaib

Alice adalah anak perempuan yang sangat baik hati.

Ia hidup bersama dengan beberapa saudaranya. Setiap hari, Alice mencari ikan di sungai untuk lauk makan semua saudaranya.

Ya! Alice selalu mengutamakan saudara-saudaranya, daripada dirinya sendiri. Alhasil, tubuhnya menjadi kurus. Meski demikian, Alice tak pernah mengeluh. Ia selalu riang gembira.

Suatu hari, Alice sedang mencari ikan di sungai. Tiba-tiba, ia melihat peri yang terperangkap. Tanpa membuang waktu, Alice langsung menolongnya.

Advertisements

"Aku tahu kamu anak yang baik, Alice," ucap peri itu.

Alice merasa bingung, bagaimana peri itu bisa mengetahui namanya.

"Jangan bingung. Setiap hari, aku memperhatikanmu. Untuk hadiah kebaikanmu, aku akan memberikan seekor ikan. Kamu boleh memakan daging ikan itu.Tapi, kamu jangan memakan tulangnya.Tulang ikan itu bisa mengabulkan apa pun permintaanmu. Ingat, gunakan permintaan itu sebaik mungkin," jelas peri itu.

cerita anak nusantara alice dan peri
cerita anak nusantara alice dan peri

Olala, dari dalam sungai, muncul seekor ikan yang besar. Alice pun langsung menangkapnya. Setelah menangkap ikan itu, Alice membawanya pulang.

Alice memasak ikan itu, dan memakannya bersama saudara-saudaranya. Sesuai dengan perintah peri, Alice menyimpan tulang ikan itu. Ia berniat akan menggunakan tulang itu saat menghadapi masalah yang sulit.

Waktu terus berlalu. Rupanya, ada banyak masalah yang menimpa Alice. Tapi, Alice selalu berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Advertisements

Ia tak mau bergantung kepada seseorang, atau bahkan kepada tulang ikan ajaib.

Suatu hari, ketika Alice sudah tumbuh menjadi gadis dewasa, ia menghadapi masalah yang teramat sulit. Dengan berat hati, akhirnya Alice mengeluarkan tulang ikan ajaib.

"Tulang ikan ajaib, aku membutuhkan bantuanmu," pinta Alice.

Cling! Olala, tulang ikan itu berubah menjadi peri yang dulu ditemuinya di sungai.

"Kamu sudah tumbuh menjadi gadis dewasa, Alice. Aku senang, karena selama ini kamu bisa melewati masalahmu dengan baik dan tanpa membutuhkan bantuanku. Sekarang, apa yang bisa aku bantul?" ucap peri itu.

Alice pun menceritakan semua masalahnya. Seketika, sang peri mengabulkan semua permintaan Alice. Bahkan, sang peri mempertemukan Alice dengan seorang pemuda yang kaya raya.

Itu sebagai hadiah, karena Alice bisa hidup mandiri tanpa bergantung kepada orang lain.

Advertisements

Alice pun menikah dengan pemuda itu. Sejak saat itu, keluarga Alice tidak lagi hidup miskin. Mereka hidup bahagia bersama-sama.

Pesan moral dari cerita anak nusantara adalah jika ada masalah, selesaikanlah dengan kemampuan diri sendiri dulu. Jika sudah tak mampu, baru meminta bantuan orang lain. Dengan begitu, kita akan menjadi anak yang bijak.

Posting Terkait lainnya

Kami memiliki dongeng anak terbaik lainnya pada posting berikut ini:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.