Cerita Anak Dongeng Terkenal Dunia : Sapu Terbang Gombu

Sudah banyak dongeng terkenal dari seluruh dunia kakak posting di blog ini. Kakak berharap kalian akan suka dengan kumpulan cerita rakyat, legenda ataupun dongeng fabel yang telah kakak posting. Seperti dongeng populer lainnya kakak yakin kalian akan suka dengan dongeng sapu terbang Gombu. Selamat membaca.

Kumpulan Dongeng Terkenal Dunia : Sapu Terbang Gombu

Gombu punya sapu terbang. Tentu saja, itu karena dia adalah penyihir. Semua penyihir punya sapu terbang. Sapu terbang adalah kendaraan para tukang sihir. Benda itulah yang akan membawa para tukang sihir ke mana saja mereka mau.

Sapu terbang Gombu bergagang bundar besar. Warnanya cokelat tua, dengan ijuk hitam yang kasar. Sapu terbangnya memang tak secantik sapu terbang teman-temannya.

Kadang, Gombu iri pada teman-temannya yang punya sapu terbang cantik, seperti milik Veve. Sapu terbang Veve bergagang putih bermotif polkadot merah muda. Ijuknya juga berwarna merah muda. Serasi sekali.

Lain lagi dengan sapu terbang Chica. Sapu terbang Chica bewarna seperti pelangi dengan pita besar di ujungnya. Ijuknya berwarna biru lout. Saat sedang digunakan, pitanya akan berkibar-kibar di udara seperti ekor anjing yang sedang menari.

"Apa kamu tak ingin memiliki sapu terbang cantik seperti sapu terbang kami?" tanya teman-teman Gombu.

Gombu menggeleng ragu, padahal sebenarnya dia ingin sekali punya sapu yang cantik. Namun, Gombu selalu ingat pesan ibunya. "Badanmu besar. Kamu butuh sapu terbang yang besar dan kuat."

Selain itu, sapu terbang Gombu adalah warisan neneknya yang sekarang sudah pensiun. Neneknya berpesan pada Gombu agar menggunakan sapu terbang itu selamanya. "Itu salah satu sapu terbang terbaik yang pernah diciptakan." Begitu kata Nenek.

Namun, lama-lama, Gombu tak bisa menahan rasa iri pada sapu terbang teman-temannya. Jika mereka meletakkan sapu terbang di depan pintu kelas, sapu terbang Gombu-lah yang paling dekil.

"Gombu, apa, sih, bagusnya sapumu?" Kadang ada saja teman yang mengejeknya.

cerita anak dongeng terkenal dunia

cerita anak dongeng terkenal dunia

Suatu hari, Gombu mulai merengek pada ibunya. "Bu, aku malu. Sapu terbangku selalu yang paling jelek. Belikan aku sapu terbang baru, ya?"

Ibunya mendesah resah. "Tapi, sapumu itu amat kuat. Sapu buatan sekarang tak ada yang sekuat itu."

Gombu tak mau mendengar penjelasan ibunya. "Ah ... Ibu, pokoknya kita harus ke toko sekarang!"

Akhirnya, ibu Gombu mengalah. Gombu diajak pergi ke toko sapu terbang. Sayang, tak ada sapu terbang yang cocok untuk ukuran tubuhnya.

"Nanti kamu malah celaka, Iho," kata pemilik toko.

Gombu merengut. Dia memaksa untuk mencoba naik salah satu sapu terbang yang dia suka.

"Eeeh ... jangan!" teriak pemilik toko.

Terlambat. Terdengar bunyi ... KRAK! Sapu itu patah!

Gombu terduduk di lantai. Wajahnya meringis, pantatnya sakit. Sebenarnya dia ingin menangis, tapi karena malu, Gambu berusaha untuk tiak menangis. Ibu Gombu membantunya berdiri.

"Bagaimana kalau kita membeli cat dan beberapa pita? Kita hias sapu terbangmu menjadi cantik," saran ibunya.

Gombu terperangah. Benar juga, itu ide yang keren!

Gombu bersama Ibu lalu mengecat sapu terbang miliknya dengan warna merah ceria. Lalu, Gombu melingkarkan beberapa helai pita berwarna-warni. Sekarang, sapu terbang Gombu cantik sekali. Gombu tak lagi malu. Meski tidak baru, sapu terbangnya tak kalah cantik dibandingkan milik teman-temannya. Dan, yang paling penting, sapu terbang itu kuat!

Gombu memeluk Ibu. "Terima kasih, Bu."

"Sama-sama, Gombu. Yang penting, kamu senang dan sapu itu tetap aman untukmu."

Pesan moral dari Dongeng Terkenal Dunia : Sapu Terbang Gombu adalah

Kadang, kiba merasa bahwa barang—barang yang kita miliki sudah ketinggalan zaman. Apakah kalian juga begitu? Pernahkah kalian merasa iri pada teman—teman yang mempunyai barang yang lebih bagus dari milik kalian?

Bagaimana perasaan kaiian saat, orang tua menolak membelikan barang yang baru? Eit, tidak perlu marah, ya. Orang tua menolak karena mereka lebih tahu persis apa yang kalian butuhkan.

Jika kalian terus menginginkan barang baru, keinginan itu tak akan ada habisnya. Oleh karena itu, belilah barang yang memang kalian butuhkan saja. Sesuaikan dengan kondisi kalian, bukan karena ikut—ikutan teman, ya.

Temukan cerita rakyat terkenal lainnya pada posting kakak berikut ini kumpulan dongeng sebelum tidur

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.