Kumpulan Drama Cerita Rakyat Dari Yunani dan Filipina

Yunani dan Filipina adalah dua negara yang memiliki kumpulan drama cerita rakyat terbaik. Sudah banyak sekali cerita rakyat Yunani dan Filipina yang sudah kami posting di blog ini. Jika adik-adik penasaran adik-adik dapat menggunakan menu pencarian di blog ini untuk mendapatkan dongeng anak terbaik dari Yunani dan Filipina. Selamat membaca.

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Yunani : Keledai Yang Suka Mengeluh

Suatu hari, ada seekor keledai yang kerjanya suka mengeluh. Ia hidup bersama petani sayur. Setiap hari petani sayur itu merawatnya dan memberinya makan. Tetapi, saat petani panen, keledai harus mengangkut sayuran ke pasar. Meskipun petani sangat baik, namun tetap saja si keledai suka mengeluh.

"Huh, kerja dengan petani sungguh melelahkan Andaikan aku bekerja dengan majikan lain, pastilah hidupku tidak seperti ini. Mengangkut sayur ke pasar yang letaknya cukup jauh," dengus keledai, kesal.

Beberapa hari kemudian, doa keledai terkabul. Petani menjualnya ke pedagang kulit. Dasar keledai, tetap saja ia tak mau bersyukur. Ia merasa bekerja dengan pedagang kulit jauh lebih melelahkan ketimbang saat bekerja dengan petani sayur. Keledai harus mengangkut kulit-kulit ke pasar setiap hari.

“Ah, lebih balk aku bekerja dengan si petani. Selain merawatku dengan baik, pekerjaan yang diberikannya juga tidak terlalu melelahkan. Uh, kulit-kulit yang harus kuangkut ini sungguh bau. Aku jadi mual.” keluh keledai.

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Yunani

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Yunani

Begitulah, setiap hari si keledai selalu mengeluh. Hingga suatu hari si pedagang kulit menjualnya ke majikan baru, yaitu penambang batu bara. Sungguh senang hati keledai. Ia berharap hidupnya jadi lebih baik dengan bekerja kepada penambang batu bara. Namun, hidup dengan penambang batu bara ternyata justru membuat si keledai makin sering mengeluh.

“Menyebalkan. Hidup dengan penambang batu bara sungguh rnenyiksaku. Setiap hari aku harus mengangkut batu bara yang sangat berat. Ah, sungguh, lebih baik aku hidup dengan petani atau pedagang kulit!"seru keledai, kesal.

Si keledai selalu mengeluh dan tak pernah mau bersyukur dengan apa yang dimilikinya sehingga setiap pekerjaan jadi terasa berat. Kepada siapapun si keledai bekerja, ia tidak akan pernah merasa bahagia, sebab kerjanya hanya mengeluh dan mengeluh. Jika saja keledai tak suka mengeluh, pastilah ia akan Iebih menikmati hidupnya. Bekerja keras untuk majikannya, sehingga kemudian majikannya pun menyayanginya.

Pesan moral dari Kumpulan Drama Cerita Rakyat Yunani : Keledai Yang Suka Mengeluh  adalah orang yang suka bersyukur dengan apa yang dimilikinya, maka hidupnya akan bahagia. Karena itu, yuk kita menjadi orang yang pandai bersyukur.

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Filipina : Kisah Petani Kelapa

Sungguh senang hati petani kelapa. Hari ini panen kelapanya sangat berlimpah. Pastilah ia akan mendapatkan banyak uang nantinya.Tetapi, hari sudah sore, tak mungkin petani kelapa langsung pergi ke pasar untuk menjual kelapanya. Bagaimanapun ia harus mengangkut kelapa-kelapa miliknya ke rumah terlebih dahulu.

Petani itu lalu memasukkan semua kelapanya ke gerobak kerbau miliknya. Gerobak si petani terisi penuh, bahkan melebihi muatan yang seharusnya. Harusnya kelapa-kelapa itu diangkut dua kali.Tetapi, petani memilih mengangkutnya dalam satu kali angkutan.

"Supaya tak terlalu lama," gumam petani, beralasan.

Usai memasukkan semua kelapa ke dalam gerobak, si petani lalu memacu kerbaunya. Di jalan ia bertemu dengan seorang pemuda. Si petani menyapa pemuda itu.

“Hai pemuda, menurutmu aku akan sampai di rumah tepat waktu atau tidak? Sementara kelapa milikku sangat banyak," tanya si petani sambil menunjukkan gerobaknya yang penuh dengan kelapa.

Pemuda itu berpikir sejenak. Kemudian ia menjawab pertanyaan si petani dengan bijak.

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Filipina

Kumpulan Drama Cerita Rakyat Filipina

“Jika kau memacu kerbaumu dengan pelan, maka kau takkan terlambat sampai di rumah. Tetapi jika kau memacu kerbaumu dengan cepat, maka kau akan pulang teriambat,"kata si pemuda.

"Apakah itu tak terbalik? Harusnya ketika kupacu kerbauku dengan cepat, maka aku akan cepat sampai di rumah?" ujar si petani, heran.

"Coba saja kau pacu kerbaumu dengan cepat. Maka menurutku kau akan terlambat," kata si pemuda.

Karena tak percaya dengan perkataan si pemuda dan ingin cepat sampai di rumah, si petani pun memacu kerbaunya dengan cepat. Gerobak si petani bergoyang-goyang karena kondisi jalan yang tidak terlalu bagus. Akibatnya, banyak kelapa yang berjatuhan dari gerobak. Si petani pun harus memunguti kelapa yang terjatuh itu. Hal ini terjadi berkali-kali sehingga perjalanan si petani menjadi lama. Akibatnya, ia terlambat sampai di rumah.

Petani itu pun sadar, benar apa yang dikatakan oleh si pemuda. Kalau saja si petani memacu kerbaunya dengan pelan, pasti kelapa-kelapa miliknya tidak akan terjatuh sehingga ia bisa tiba di rumah tepat waktu.

Pesan moral dari Kumpulan Drama Cerita Rakyat Filipina : Kisah Petani Kelapa adalah terburu-buru itu tak baik. Selain membuat waktu kita jadi terbuang lebih banyak, hal itu juga akan membuat pekerjaan kita jadi selesai lebih lama.

 

Banyak sekali dongeng dari Yunani yang menarik diataranya adalah Cerita Rakyat Yunani : Petani dan Ketujuh Putranya dan Cerita Dongeng Mancanegara dari Yunani dan Spanyol

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.