Kumpulan Dongeng Untuk Anak : Fabel Singa dan Tikus

Fabel Singa dan Tikus adalah cerita dari kumpulan dongeng untuk anak yang sangat terkenal. Kakak saja sudah memposting beberaoa versi dari cerita fabel ini di blog dongengceritarakyat.com . Pesan yang ingin kakak sampaikan adalah tolonglah orang yang sedang membutuhkan walaupun orang itu pernah berbuat jahat terhadap kita. Tuhan akan membalas semua nkebaikan yang telah kita lakukan.

Kumpulan Dongeng Untuk Anak : Cerita Hewan Persahabatan Singa dan Tikus

Tikus adalah hewan kecil yang cenderung penakut, sementara singa merupakan raja hutan yang disegani oleh hewan-hewan lain. Namun, rupanya tikus juga bisa menolong singa. Begini kisah lengkapnya.

Pada suatu siang yang cerah, singa sedang asyik bersantai di bawah pohon. Semilir angin membuatnya mengantuk. Matanya merem-melek menikmati kesejukan angin yang menerpa wajahnya. Lama-kelamaan, ia pun tertidur dan bermimpi indah.

Tidak jauh dari situ, seekor tikus sedang berlari pulang. Ia terburu-buru dan ingin segera sampai di rumah. Ia tidak terlalu memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Tanpa ia sadari, ia melewati muka singa.

Singa terbangun gara-gara tikus. Ia merasa kesal sekali. Mimpi indahnya buyar seketika. Ia segera menangkap tikus dengan cakarnya, bermaksud membuat perhitungan dengannya.

"Berani-beraninya kau mengganggu tidurku!" seru singa, galak. "Mengapa kau berjalan di wajahku sehingga aku terbangun? Kau akan menerima akibatnya!"

"Ma... maafkan aku, Tuan Singa," kata tikus, terbata-bata. "Tolong jangan bunuh aku. Aku sama sekali tidak bermaksud mengganggu tidurnnu. Lepaskanlah aku. Aku berjanji tidak akan mengganggumu lagi."

"Tidak! Aku tidak akan melepaskanmu!" singa masih kesal sekali.

"Aku mohon, Tuan Singa," tikus ketakutan. "Jika engkau melepasku, aku berjanji akan menolongmu jika kau membutuhkan bantuanku."

Sontak singa tertawa terbahak-bahak mendengar ucapan tikus. "Menolongku? Bagaimana mungkin hewan kecil sepertimu bisa menolongku? Lucu sekali, hahaha...."

"Lepaskanlah aku, Tuan. Aku mohon...," ujar tikus dengan wajah memelas.

Kumpulan Dongeng Untuk Anak Fabel Singa

Kumpulan Dongeng Untuk Anak Fabel Singa

"Baiklah. Kau hanya makhluk kecil. Memakanmu tidak akan membuatku kenyang. Aku akan melepaskanmu, tapi kau jangan pernah berkeliaran lagi di sekitar sini!" seru singa, lalu mengaum. Ia melepaskan tikus.

"Terima kasih, Tuan Singa yang baik," ujar tikus. "Kelak aku akan berusaha untuk membalas kebaikanmu." Kemudian tikus berlari pergi, melanjutkan perjalanannya. Ia sangat lega karena sudah lepas dari maut yang mengancamnya.

Beberapa hari kemudian, singa berjalan-jalan di pinggiran hutan. Ia tidak tahu bahwa di sekitar situ ada beberapa jebakan yang sengaja dipasang oleh para pemburu. Dan benar saja, sebuah perangkap mengenai singa. Hewan ganas itu terkurung dan tergantung oleh jala yang terbuat dari tali nan kuat. Singa meronta-ronta, tapi tidak berhasil melepaskan diri. Ia pun mengaum keras sekali, menumpahkan kekesalan dan kemarahannya.

"Sepertinya itu tadi suara auman singa," batin tikus yang kebetulan sedang berada tidak jauh dari tempat terjebaknya singa. "Jangan-jangan ia sedang berada dalam kesulitan. Aku harus menolongnya!"

Tikus berlari dengan cepat ke arah suara auman singa. Di sana ia mendapati singa sedang terkurung. "Tenanglah, Tuan Singa! Aku akan segera menolongmu!"

Tikus melompat ke jala tali itu dengan gesitnya, lalu mengerat (menggigit) tali tersebut. Tikus melakukannya dengan tekun. Tali itu besar dan kuat sehingga tikus harus berusaha keras untuk memutusnya.

Setelah beberapa lama, akhirnya jala tali yang mengurung singa putus di beberapa bagian sehingga singa bisa melepaskan diri. Dengan begitu, selamatlah ia dari ancaman para pemburu.

"Terima kasih, Tikus. Kau benar-benar telah menolongku," ujar singa, tulus. Ia tidak menyangka bahwa hewan kecil itu rupanya bisa menolongnya. Sebelumnya ia sama sekali tidak bisa membayangkannya. Tikus sendiri merasa senang karena berhasil menepati janjinya untuk membatas kebaikan singa dengan cara menolongnya.

Pesan moral dari kumpulan dongeng untuk anak : Fabel Singa dan Tikus adalah Jangan remehkan sesuatu yang mungkin lebih kecil atau lebih lemah daripada kita. Dalam kondisi tertentu, bisa saja yang kecil itu malah akan menolong kita. Hikmah lainnya adalah alangkah baiknya bila kita bisa membalas kebaikan orang lain.

Baca dongeng anak indonesia dengan hikmah moral terbaik pada artikel kami berikut ini dongeng anak bergambar.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.