Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar dari Jepang Terpopuler

Kami memiliki Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar dari Jepang Terpopuler yang cukup banyak. Sebagian diantaranya sudah pernah kami posting di blog dongengceritarakyat.com ini. Kali ini kami memposting dua dongeng anak jepang lainnya yang tentu saja tidak kalah menarik.

Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar : Penghuni Bulan Dan Kebaikan Kelinci (Jepang)

Konon, di bulan hiduplah seorang lelaki tua. Dia sering mengamati bumi. Lelaki tua itu melihat tiga binatang yang memiliki sifat yang sangat baik. Tiga binatang itu adalah monyet, rubah, dan kelinci. Lelaki tua itu penasaran, ia ingin tahu siapa binatang paling baik di antara ketiga binatang itu.

"Lebih baik aku mendatangi mereka saja. Aku harus tahu siapa binatang yang paling baik," ujar lelaki tua penghuni bulan.

Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar dari Jepang

Lelaki itu lalu turun ke bumi. Ia menyamar menjadi seorang pengemis tua. Ia mengubah pakaiannya menjadi pakaian yang kumal dan berjalan dengan memakai tongkat. Lelaki itu mendatangi ketiga binatang itu.

"Tolonglah aku. Aku sangat lapar. Bisakah kalian memberikan makanan untukku?" tanya lelaki tua itu.

"Di rumah kami sudah tak ada makanan. Tetapi, tunggulah di sini sebentar. Kami akan mencarikan makanan untukmu," ujar Monyet. Ketiga binatang itu lalu pergi mencari makan.

Beberapa saat kemudian, datanglah monyet dengan membawakan buah-buahan segar. Monyet segera memberikan buah-buahan itu kepada lelaki tua. Lelaki tua sangat senang dan berterima kasih. Lalu, tak berapa lama kemudian, muncullah Rubah. Rubah membawakan ikan segar dari sungai.

"Aku mendapatkan ikan segar ini untukmu, terimalah," ujar Rubah.

Lelaki tua itu sangat senang. Rupanya mereka memang sangat baik. Lelaki tua masih menunggu kedatangan kelinci. Pada sore hari, Kelinci baru kem bali. Olala... Kelinci tak membawa apa pun.

"Maafkan aku Pak Tua. Aku tak memperoleh makanan untukmu. Aku sudah mencarinya ke penjuru hutan. Tapi sulit sekali mendapatkan makanan," ujar Kelinci, sedih.

"Tidak apa-apa, makanan dari Monyet dan Rubah cukup untuk membuatku kenyang," balas lelaki tua.

"Tapi aku ingin sekali membantumu," ucap Kelinci.

Kelinci lalu berpikir sejenak. Kemudian ia meminta Monyet dan Rubah untuk menyalakan api. Olala... ia akan mengorbankan dirinya untuk lelaki tua itu. Alangkah kagetnya si lelaki tua.

"Penggallah aku, kau bisa menjadikanku kelinci bakar. Dagingku sangat enak," ucap Kelinci.

Lelaki tua penghuni bulan itu lalu sadar bahwa kelincilah binatang yang paling baik di antara ketiga binatang itu. Ia rela mengorbankan dirinya untuk menolong orang lain, Seketika itu juga lelaki tua itu berubah wujud. Ia mengenakan pakaian yang sangat indah. Kemudian ia langsung membawa Kelinci ke bulan. Ia ingin agar kelinci bisa menemaninya di bulan.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Sebelum Tidur Bergambar : Penghuni Bulan Dan Kebaikan Kelinci (Jepang) adalah jadilah anak yang baik. Bantulah orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan pertolonganmu.

Dongeng Anak Pendek : Tukang Sampah Dan Ceret Ajaib (Jepang)

Ada seorang tukang sampah yang sangat rajin. Setiap hari ia datang ke kuil untuk mengambil sampah. Salah satu pendeta di kuil merasa iba dengan tukang sampah itu. Ia lalu menemui si tukang sampah dan memberikan sebuah ceret.

"Rawatlah ceret ini dengan baik. Ceret ini akan membawa keberuntungan untukmu," ujar Pendeta.

Dongeng Anak Pendek : Tukang Sampah Dan Ceret Ajaib

Tukang sampah itu berterima kasih. Ia pun langsung membawa ceret itu ke rumahnya. Setibanya di rumah, ia membersihkan ceret tersebut. Ceret itu sudah tampak kusam. Bahkan seperti barang yang tak berharga. Tetapi, setelah tukang sampah membersihkannya, ceret itu kelihatan jauh lebih bersih.

Tukang sampah menaruh ceret itu di dapurnya. Rupanya, ceret tersebut bukan sembarang ceret. Ceret itu adalah ceret ajaib.

Saat malam tiba, tukang sampah kembali ke rumahnya. Setelah membersihkan dirinya, ia langsung melangkah ke tempat tidurnya. Namun, ia mendengar seperti ada yang memanggilnya. Olala... alangkah kagetnya si tukang sampah. Rupanya ceret itu bisa berbicara. Ceret itu sudah berada di kamarnya.

"Kau orang yang baik dan rajin. Terima kasih karena kau sudah mau merawatku dengan baik." ujar ceret itu.

"Aku tak tahu bahwa kau dapat berbicara," balas si tukang sampah.

"Aku adalah ceret ajaib. Nah, sebagai hadiah atas kebaikanmu, aku akan membantu agar kehidupanmu menjadi lebih baik. Esok, buatlah sebuah pertunjukan agar orang-orang bisa menontonku," pinta ceret.

Tukang sampah itu mengerti. Keesokan harinya, ia langsung mengumumkan kepada penduduk tentang ceret ajaib itu. penduduk banyak yang datang ke rumahnya. Olala... mereka sangat senang dan takjub melihat ceret ajaib itu.

Tukang sampah mendapatkan banyak uang dari pertunjukan tersebut. Semakin hari, semakin banyak yang mengetahui kehebatan ceret itu. Ceret tersebut bisa menari dan berbicara. Akhirnya banyak sekali penduduk yang ingin melihat ceret itu. Bahkan dari luar daerah pun banyak yang datang ke rumah si tukang sampah.

Sejak saat itu, hidup si tukang sampah tak miskin lagi. Kini, dia menjadi orang yang kaya. Ia pantas mendapatkan keberuntungan itu karena dia orang yang sangat rajin bekerja.

Pesan moral dari dongeng anak bergambar gratis : Tukang Sampah Dan Ceret Ajaib (Jepang) adalah rawatlah barang milikmu yang lama, jangan disia-siakan. Barang lama pun jika dirawat dengan baik maka tetap kelihatan bagus. Siapa tahu suatu saat nanti kau membutuhkannya kembali.

Baca juga dongeng anak islami terbaik dari kami pada posting berikut ini dongeng anak islami sebelum tidur

Ikuti kami di facebook dan youtube untuk mendapatkan cerita dongeng pendek terbaik lainnya yaitu pada link berikut ini

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.