Kumpulan Dongeng Nusantara : Rusa Muda dan Serigala

Cerita kakak ini diambil dari kumpulan dongeng nusantara, kisah ini menceritakan pentingnya menjaga kepercayaan. Kakak yakin adik-adik semua adalah orang yang bertanggung jawab dengan tugas dan kepercayaan yang diberikan kepada adik-adik. Karena jika kita tidak melakukan tanggung jawab kita dengan baik, pasti akan ada penyesalan yang kita rasakan, seperti yang dialami oleh rusa muda dalam dongeng nusantara kali ini. Adik-adik seudah penasaran dengan ceritanya? Yuk dengarkan cerita ini.

Kumpulan Dongeng Nusantara : Kisah Rusa Muda dan Serigala

kawanan rusa sedang makan rumput

kawanan rusa sedang makan rumput

Pada suatu hari kawanan rusa terlihat merumput di padang yang luas dan subur, padang itu terdapat aliran sungai yang airnya segar dan tidak pernah habis walaupun musim kemarau telah tiba. Beberapa hewan pemakan tumbuhan lainnya seperti kerbau, zebra, gajah, serta hewan lainnya berkumpul di padang rumput yang subur tersebut.

Kawanan rusa selalu mengamati tempat mereka dari ancaman kawanan serigala, setiap kali kawanan rusa merumput maka salah satu dari kawanan rusa tersebut mengamati keadaan sekitar. Rusa penjaga akan terus memperhatikan setiap suara dan gerak gerik yang mencurigakan, dan rusa selalu bersiap untuk lari ketika kawanan serigala datang mengancam.

Pada suatu hari dikala mentari bersinar, gumpalan awan tipis menghiasi langit biru. Dan sejuknya tiupan angin membuat suasana di padang rumput itu sangat menyenangkan, kawanan rusa dan binatang lain sedang memakan rumput dengan tenang, lalu salah satu rusa muda mendapatkan tugas pertamanya mengawasi keadaan padang rumput tersebut. Rusa ini memiliki badan yang besar, lincah serta kuat, tapi dia hanya memiliki satu tanduk, karena satu tanduknya patah ketika dia diserang seekor serigala. Ketika itu tanduknya membentur batu hingga patah, namun hal tersebut merupakan kecerobohannya sendiri karena ketika tanda bahaya datang dari rusa yang lain, dia menghiraukannya dan terus makan rumput dengan rakusnya hingga dia lupa dengan bahaya yang mengancam.

Rusa muda sedang berjaga - kumpulan dongeng nusantara

Rusa muda sedang berjaga - kumpulan dongeng nusantara

Ketika rusa muda itu mulai melaksanakan tugasnya dia menegakkan badannya, melihat keadaan sekelilingnya. Matanya yang tajam mampu melihat suatu yang jauh bersembunyi pada semak semak, telinganya mampu mendengar suara yang terdengar asing dari jarak yang cukup jauh, dan kakinya yang kuat dan lincah mampu melepaskan diri dari para serigala, awalnya rusa itu patuh pada tugasnya, namun rusa itu mulai berpikir bahwa hal ini adalah kegiatan yang sangat membosankan, menjaga kawanan rusa dari kawanan serigala, dan berpikir jika dia terus menjaga kawanan dari bahaya, kapan dia akan mulai makan rumput yang hijau ini, padahal rusa itu mulai merasakan lapar.

Rusa itu berpikir untuk segera menyantap rumput hijau yang sangat menggiurkan, namun dia memiliki tugas yang tidak bisa dia tinggalkan, akhirnya rasa lapar membuatnya lupa akan tugasnya. Rusa muda itu segera meninggalkan tugasnya dan makan dengan rakus, dia tidak henti-hentinya memakan rumput itu, rasa lapar membuatmya lupa diri dengan tugasnya yang sangat penting.

dari jauh kumpulan serigala mengamati para rusa - dongeng nusantara

dari jauh kumpulan serigala mengamati para rusa - dongeng nusantara

Setelah beberapa saat rusa muda meninggalkan tugasnya, terdengar suara gemuruh para kawanan rusa dan para binatang lainnya berlarian dengan sangat kencang, mereka mengeluarkan suara-suara peringatan bahwa kawanan serigala menyerang. saat itu pula rusa muda yang sedang menikmati rumput hijau itu kaget dan merasa ketakutan, matanya melihat kesana kemari untuk melihat dari mana datangnya kawanan serigala itu, namun dia terlambat menyadari ternyata kawanan serigala itu tepat berada dibelakangnya dan bersiap untuk segera menerkam dirinya, segera rusa muda itu meloncat dan berlari untuk meloloskan diri dari kawanan serigala, namun kawanan serigala telah mengepungnya hingga rusa muda itu tidak mampu lagi meloloskan diri dari kawanan serigala tersebut.

Dia sangat menyesal dengan perbuatannya, meninggalkan tugas mengawasi keadaan padang rumput hingga akhirnya dia mendapatkan akibat yang begitu buruk untuknya. Di saat itu rusa muda itu berpikir bahwa jika dia mendapatkan tugas apapun akan dia lakukan dengan sepenuh hati, dan selalu patuh pada tugas tersebut, tapi kesalahan itu tidak ada dapat diperbaiki karena saat itu pula para serigala telah menerkamnya.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Nusantara Rusa Muda dan Serigala adalah kepentingan bersama harus diutamakan dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pekerjaan dan tanggung jawab yang dibebankan kepada kita, harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, karena jika tidak dilakukan dengan serius hasilnya tidak akan maksimal dan akan ada penyesalan dikemudian hari

Selain cerita diatas kakak juga punya loh dongeng tentang serigala yang lain, yaitu dongeng anak dunia serigala dan tujuh anak domba, atau jika ingin menonton filmnya silahkan adik-adik tonton film dibawah ini

Film Kumpulan Dongeng Nusantara : Serigala dan Tujuh Anak Domba

 

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.