Kumpulan Dongeng Anak Bergambar Terbaik Dunia

1047 views

Blog ini berisi kumpulan dongeng anak bergambar dan cerita rakyat terbaik dunia. Tidak henti-hentinya kami memposting berbagai kumpulan legenda rakyat agar seluruh anak Indonesia memiliki pengetahuan dan daya imajinasi yang tinggi. Kali ini dua cerita anak bergambar yang akan kami ceritakan. Selamat membaca.

Kumpulan Dongeng Anak : Sebab Gelapnya Kelopak Mata Panda

Fafa Panda sebelumnya sangat bahagia. Dia hidup dengan keluarga yang lengkap dan menyenangkan.

Rumahnya terletak di balik bambu-bambu, sangat asri dan hangat. Fafa Panda ceria sekali kata itu.

Hingga suatu ketika, Ibu Fafa Panda jatuh sakit. Fafa Panda dan ayahnya merawat ibunya dengan sangat baik.

"Nanti kalau Ibu pergi, kamu jangan nakal dan nangis, ya?" ucap Ibu Fafa Panda suatu hari.

"Ibu akan sembuh, jangan seperti itu!" sahut Fafa Panda.

Namun rupanya Ibu Fafa Panda tidak bisa diselamatkan lagi. Dia akhirnya pergi meninggalkan Fafa Panda dan ayahnya untuk selama-lamanya. Fafa Panda menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang bisa menghentikan tangisnya kecuali ayahnya.

"Sudah, jangan menangis, ada Ayah di sini,"  ucap Ayah Fafa Panda, menenangkan.

Kumpulan Dongeng Anak : Sebab Gelapnya

Kumpulan Dongeng Anak : Sebab Gelapnya

"Ayah harus janji, jangan meninggalkan aku seperti Ibu;” Pinta Fafa Panda, sesenggukan.

Ayah Fafa Panda mengangguk. Itu membuat Fafa Panda menjadi tenang. Sayangnya, ketenangan Fafa Panda hanya sebentar. Beberapa bulan kemudian, Ayah Fafa Panda jatuh sakit dan akhirnya meninggal.

"Ayah berbohong padaku. Sekarang aku sendirian," isak Fafa Panda yang kembali menangis.

Setiap hari Fafa Panda menangis. Tidak ada yang bisa menghentikannya. Ia terus dan terus menangis. Fafa Panda tidak tidur untuk waktu yang lama. Kesedihannya sangat berlarut-larut. Perlahan-lahan kelopak matanya menjadi semakin gelap. Fafa Panda tidak menyadarinya. Hingga pada hari ke tujuh belas, setelah Fafa Panda berhenti menangis, barulah ia menyadarin bahwa kelopak matanya sudah menghitam dan gelap.

Itulah sebabnya kelopak mata panda menjadi gelap. Dan tidak ada Iagi yang bisa dilakukan untuk mengubahnya.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Anak : Sebab Gelapnya Kelopak Mata Panda  adalah Tuhan melarang kita bersedih berlarut-larut. Perbuatan itu hanya akan menyiksa diri sendiri, sementara menyiksa diri sendiri adalah dosa. Bersedih itu wajar, tapi jangan berlarut-larut.

Dongeng Anak Bergambar : Berang-Berang

Dongeng Anak Bergambar : Berang-Berang

Dan Bendungan Megahnya

Tahukah kalian ada binatang yang sangat tangguh dan bisa membuat  bendungan yang sangat besar? Ya, dialah berang-berang. Satu pasang berang-berang bisa membuat bendungan dan membuat danau yang cukup besar. Wah, sungguh binatang yang kuat.

Suatu hari, satu pasang berang-berang ingin membuat sarang baru. Namanya Tobi dan Bee. Untuk membuat sarang, mereka harus mencari tempat yang memiliki cukup banyak air. Setelah menemukan sebuah sungai,Tobi dan Bee harus menghentikan laju air hingga terbentuk danau yang cukup dalam.

"Di sini kita akan buat sebuah bendungan berbentuk cekung. Mungkin akan menyita waktu yang banyak. Apa kamu siap, Bee?"tanya Tobi.

 

"Tentu saja aku siap," sahut Bee, mantap.

Mereka memulainya dengan menebang pohon-pohon besar untuk dijadikan tanggul.Tobi dan Bee mengerikiti pohon sedemikian rupa hingga saat pohon itu tumbang, jatuhnya langsung ke sungai. Lalu Tobi dan Bee menyusunnya menjadi seperti tanggul.

Namun, kadang-kadang ada juga pohon yang tidak bisa langsung jatuh ke dalam sungai. Jika itu terjadi, maka Tobi dan Bee harus bekerja ekstra keras untuk menyeret pohon itu ke arah sungai. Tapi, mereka bekerja dengan sangat sabar.

Hari berganti minggu. Minggu berganti bulan. Tanggul yang dibuat Tobi dan Bee sudah semakin besar. Air juga sudah semakin naik. Danau sudah mulai terbentuk.

Tetapi, pekerjaan Tobi dan Bee belumlah selesai. Selain harus membenahi bagian tanggul yang rusak, mereka berdua juga harus menyelesaikan sarang di salah satu tepi danau. Sarang itu haruslah aman, nyaman, dan kokoh. Tobi dan Bee sengaja membuat pintunya di dalam air. Mereka juga membuat lorong-lorong sebagai jalan satu-satunya untuk mencapai ruang tengah, ruang tamu, dan kamar tidur. Wah, benar-benar diperhitungkan, bukan?  Ya, Tobi dan Bee membuat sarang yang sangat aman karena hanya mereka yang dapat masuk.

Setelah bulan-bulan yang penuh kerja keras, Bee akan melahirkan anak-anak di dalam sarang. Tobi dan Bee sangat bahagia dengan sarang barunya serta anak-anaknya yang baru lahir. Kelak, anak Tobi dan Bee juga akan membuat bendungan serupa. Bendungan yang sangat megah dan mirip buatan manusia. Ahai! Sungguh hebat berang-berang ini.

Pesan moral dari Dongeng Anak Bergambar : Berang-Berang Dan Bendungan Megahnya adalah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, perlu adanya keteguhan dan kesabaran. Sebab, tidak semua hal di dunia ini bisa kita dapatkan dengan mudah.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.