Kumpulan Contoh Dongeng Mite dan Dongeng Parabel

3520 views

Hai adik-adik selamat menikmati liburan sekolah yah. Ingat isi waktu liburan dengan hal-hal yang bermanfaat yah. Jangan lupa bantu kedua orang tuamu membereskan rumah disaat libur seperti ini. Pada pagi ini kakak akan memposting Contoh Dongeng Mite dan Dongeng Parabel untuk kalian. Apakah adik-adik sudah tahu apa perbedaan dari dongeng mite dan dongeng parabel? Bagi yang belum tahu kakak jelaskan yah.

Dongeng mite adalah dongeng yang bercerita mengenai makhluk gaib, para dewa, kahyangan dll. Didalam ceritanya terkandung kepercayaan animisme. Beberapa Contoh dongeng Mite yang pernah kakak posting adalah : Nyi Roro Kidul Laut Selatan.

Sedangkan dongeng parabel adalah dongeng yang didalam isi ceritanya terkandung nilai-nilai pendidikan atau cerita pendek dan sederhana yang mengandung ibarat atau hikmah sebagai pedoman hidup. Beberapa Contoh dongeng Parabel yang pernah kakak posting adalah: Malin Kundang.

Sekarang saatnya kita membaca contoh dongeng parabel dan dongeng mite dibawah ini. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Mite : Pohon Pengabul Permohonan (India)

Di sebuah gurun pasir yang sangat panas, seorang pengembara berjalan dengan gontai. Ia kelihatan lelah sekali. Ia juga kehausan dan kelaparan.

Contoh Dongeng Mite dari India

Setelah lama berjalan, ia menemukan sebuah tempat yang cukup teduh untuk beristirahat. Saat ia beristirahat, ia melihat sebuah pohon rindang di kejauhan. Ia senang sekali melihatnya dan berkata, "Andai saja aku punya air untuk minum."

Tiba-tiba, ia melihat sebuah kendi berisi air yang dingin di depannya. Pengembara luar biasa senangnya dan mulai meneguk air dingin dalam kendi.

Setelah puas minum dan hilang hausnya, si pengembara kembali memohon, "Andai saja aku punya makanan saat ini."

Segera setelah ia memohon, puluhan piring berisi makanan yang lezat-lezat muncul dihadapannya. Pengembara langsung makan dengan lahapnya. Selesai makan, ia mulai berpikir bagaimana semua ini bisa terjadi.

Setelah lama berpikir, ia mengetahui bahwa pohon yang ia lihat tadi itu adalah Kalpa Vriksha. Itu adalah pohon ajaib. Siapa pun yang melihat pohon itu dan memohon, keinginannya akan terkabul.

Pengembara tidak menyia-yiakan kesempatan itu. Ia langsung meminta ranjang yang empuk dan langsung terkabul. Sebuah ranjang muncul di hadapannya. Pengembara membaringkan badannya yang letih dan beristirahat.

Pengembara merasa kakinya pegal sekali. Lalu, ia memohon agar ada orang yang mau memijit kakinya. Benar saja, seorang wanita muda muncul dan mulai memijat kaki si pengembara.

Akhirnys, si pengembara tertidur. Pengembara tertidur cukup lama. Saat ia bangun, wanita muda yang memijitnya tadi masih berada di sisinya. Pengembara mulai berpikir lain.

"Bagaimana semua ini bisa terjadi? Bisakah aku mendapatkan banyak hal dengan memohon saja tanpa perlu bekerja sama sekali. Ataukah ini hanya tipuan setan," pikirnya.

Selesai pengembara berpikir demikian, mendadak setan muncul menggantikan sosok wanita muda tadi. Setan itu tertawa terbahak-bahak.

Lalu, si pengembara berkata, "Oh, apakah setan ini akan memakanku?"

Setan mulai membuka mulutnya lebar-lebar hendak memakan pengembara. Melihat hal itu, pengembara ketakutan. Ia melompat dari ranjang dan langsung berlari sekuatnya.

Setelah lama berlari, pengembara melihat ke belakang. Ternyata, setan itu sudah tidak mengejarnya. Ia pun bernapas lega.

Pesan Moral dari Contoh Dongeng Mite adalah jika menginginkan sesuatu, berusahalah dengan keras. Setelah itu berdoalah kepada Tuhan. Jangan pernah menginginkan sesuatu dengan cara instan tanpa berusaha. Selain itu pikirkan dengan matang apa yang kamu inginkan, berhati-hatilah dengan apa yang kamu inginkan karena itu kemungkinan besar akan terwujud dimasa yang akan datang.

Contoh Dongeng Parabel : Kesombongan Pemuda Jago Panah (Turki)

Dahulu kala, ada seorang murid panah yang sangat berbakat. Walaupun ia baru belajar panahan selama satu tahun, ia sudah sangat pandai memanah.

la bisa memanah sebuah ranting kayu kecil di pucuk pohon. Lalu, dengan panah berikutnya ia bisa membelah panah pertama menjadi dua. Sayangnya, si murid menjadi sombong karena kehebatannya. Ia sering berkata bahwa dialah pemanah terhebat di seluruh dunia.

Suatu hari, guru si murid mengajaknya bepergian ke sebuah bukit. Sang guru adalah orang tua yang sangat pintar dan bijaksana.

Mereka tiba di tepi sebuah jurang yang sangat dalam. Dua tepi jurang itu dihubungkan dengan sebatang kayu yang tidak terlalu besar.

Sang guru berjalan menuju bagian tengah kayu, lalu mengambil sebatang anak panah. Kemudian, ia memanah pohon yang ada di seberang jurang. Setelah itu, dengan anak panah berikutnya dia memanah anak panah pertama hingga terbelah menjadi dua.

"Sekarang giliranmu? Lakukan seperti yang aku lakukan!" kata sang guru.

Kini, si murid berjalan ke tengah kayu dengan perlahan dan hati-hati. Tapi, ia sangat ketakutan ketika melihat ke bawah jurang. Ia tahu, jika sedikit saja terpeleset, ia akan jatuh ke dalam jurang itu dan mati.

Tangan si murid mulai gemetar ketika mencoba mengambil anak panah. Ia juga tak bisa tenang saat membidik. Akibatnya, anak panah pertamanya sama sekali tidak mengenai sasaran.

Setelah mencoba sekali lagi, anak panah si murid tetap tidak bisa mengenai sasaran. Berikutnya, rasa takut semakin besar menghinggapi hatinya. Si murid bergegas hendak kembali ke tepi jurang. Tapi, ia tidak bisa melakukannya. Kakinya sudah gemetar dan ia tidak sanggup bergerak. Ia pun rnerayap melalui pohon itu.

Contoh Dongeng Parabel dari Turki

“Tolong aku, Guru! Aku takut jatuh," si murid berteriak minta tolong.

Sang guru menolongnya dan membawanya ke tepian. Setelah kejadian itu, sang guru sama sekali tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Ia yakin muridnya telah mendapatkan pelajaran atas kesombongannya.

Sementara itu, si murid diam dan tertunduk malu. Ia mendapatkan pelajaran bahwa seharusnya ia tidak menyombongkan ilmu yang ia punya.

Pesan Moral dari Contoh Dongeng Parabel adalah jangan pernah memiliki sifat sombong. Sebab, pasti ada orang lain yang memiliki kemampuan lebih dari kamu. Jadi, bersikaplah rendah hati. Tuhan menyukai orang yang rendah hati dan membenci orang sombong.

Jangan lupa bagikan cerita rakyat yang ada di blog ini kepada teman-teman kalian yah. Bagikan di facebook, twitter ataupun google plus.

Simpan

Simpan

Simpan

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.