Kumpulan Cerpen Untuk Anak SD Terbaik Yunani (Dengan Pesan Moral)

Cerpen untuk anak SD yang kami posting di blog ini jumlahnya sudah ribuan. Ini kami dapatkan dari terjemahan berbagai cerita rakyat dari seluruh dunia. Kali ini kami memposting cerita pendek untuk anak Sekolah Dasar yang berasal dari Yunani, tentunya dongeng rakyat ini mengandung pesan moral didalamnya.

Cerpen Untuk Anak SD : Hapuslah Kesalahan, Jangan Hapus Kebaikan (Yunani)

Ada dua pemuda yang bersahabat. Pemuda pertama bertubuh kurus, sedangkan temannya bertubuh gembul. Meskipun begitu, mereka tak mempermasalahkannya.

Suatu hari, dua pemuda itu pergi berjalan-jalan. Mereka akan menghabiskan waktu liburan mereka dengan bersenang-senang. Seperti biasanya, mereka asyik bercanda. Terkadang candaan mereka keterlaluan, namun mereka tak saling tersinggung.

Plak! Si Gembul menampar si Kurus. Itu karena si Kurus menertawakan tingkah laku si Gembul. Si Kurus lalu mengambil sebuah ranting, kemudian menulis sesuatu di atas pasir dengan menggunakan ranting itu.

"Hari ini sahabat terbaikku menamparku." tulis si Kurus.

si Gembul memperhatikan itu. Ia hanya tersenyum melihat hal itu. Kemudian mereka pun melanjutkan perjalanan.

"Lebih baik kita ke sungai. Hari ini terasa panas. Bagaimana kalau kita berenang saja," ucap si Kurus.

"Baiklah. Ayo kita pergi ke sungai!" balas si Gembul.

Meskipun sering bertengkar, tetapi mereka tetap menjadi sahabat baik. Mereka tak pernah berlama-lama bertengkar.

Kumpulan Cerpen Untuk Anak SD Yunani

Kumpulan Cerpen Untuk Anak SD Yunani

Sampailah mereka di sebuah sungai. Mereka menceburkan diri ke sungai yang jernih itu. Si Kurus rupanya tak bisa berenang. Sungainya terlalu dalam untuknya. Si Kurus hampir saja tenggelam, tapi untunglah si Gembul berhasil menolongnya.

"Hampir saja aku mati." ucap si Kurus. "Kau belum mati, kan?" balas si Gembul.

Mereka pun tertawa bersama. Saat itulah si Kurus mengambil sebuah batu. Ia mengukir sesuatu di batu tersebut.

"Temanku baru saja menolongku," ukir si Kurus.

Temannya, si Gembul memperhatikan. Ia menjadi bingung. Saat ia menampar si Kurus, si Kurus menuliskannya di pasir. Namun saat ia menolongnya, si Kurus mengukirnya di batu.

"Kenapa seperti itu?" tanya si Gembul, penasaran.

"Jika teman kita melakukan sebuah kebaikan, maka ukirlah di batu agar tak hilang tertiup angin. Tapi saat teman kita berbuat kesalahan, tulislah di pasir agar hilang tersapu ombak," ucap si Kurus.

Si Gembul tersenyum mendengar hal itu. Memang benar, jika seseorang berbuat salah kepada kita, lupakanlah kesalahan itu. Namun, jika seseorang berbuat kebaikan kepada kita, maka ingatlah selalu kebaikannya.

Pesan moral dari Cerpen Untuk Anak SD Yunani adalah lupakanlah kesalahan teman kita. Sebaliknya, ingatlah selalu kebaikannya. Itu akan membuatmu selalu menyayangi temanmu

Cerpen Anak Bergambar : Ikan Kecil Dan Nelayan (Yunani)

Ada seorang nelayan miskin yang tinggal di dekat pantai. Ia menggantungkan hidupnya dari hasil melaut. Terkadang ia bisa mendapatkan banyak ikan. Namun, ia juga sering tak mendapatkan ikan sama sekali.

Pagi-pagi sekali ia pergi ke laut dengan membawa peralatan menangkap ikan. Kemudian ia pun mendayung perahu kecilnya ke tengah laut.

Nelayan itu lalu melemparkan jaringnya. Setelah beberapa lama, ia kembali menarik jaring itu. Ah! Hari ini sepertinya ia kurang beruntung. Tak ada satu ikan pun yang tertangkap di jaringnya.

Ia kembali melemparkan jaringnya ke laut. Kemudian ia menarik jaring tersebut. Olala... tetap saja tak ada ikan yang ia dapatkan.

"Oh, sungguh hari ini aku tak beruntung," keluh nelayan itu.

Matahari semakin terik. Hal itu membuat nelayan sangat lelah. Sebenarnya ia ingin kembali saja. Tetapi, bagaimana nasibnya hari ini. Kalau tak mendapatkan ikan, itu artinya ia tak bisa makan.

"Lebih baik aku mencoba sekali lagi.

Barangkali aku bisa mendapatkan ikan," ucap Nelayan. Kemudian ia pun kembali melemparkan jaringnya. Berhasil! Ada ikan kecil yang tersangkut di jaringnya itu. Nelayan pun segera mengambil ikan kecil tersebut.

"Nelayan, tolong lepaskan aku. Aku hanya ikan kecil. Kau tangkaplah aku saat aku sudah besar nanti." ucap ikan itu.

Namun, Nelayan tak memedulikan perkataan si ikan. Baginya, itu hanyalah alasan ikan untuk melepaskan diri.

"Nelayan, kau dengar aku?" seru ikan kecil itu.

Cerpen Anak Bergambar Yunani

Cerpen Anak Bergambar Yunani

"Iya, aku medengarmu. Tetapi, aku akan tetap membawamu pulang. Sekecil apa pun kau, kau adalah rezeki yang harus aku syukuri. Seharian aku berusaha menangkap ikan, jika aku pulang tak membawa apa pun, itu akan lebih buruk, bukan," balas Nelayan.

Ikan itu tertunduk lesu. Ia tak bisa berkata apa-apa lagi. Akhirnya Nelayan pun membawanya pulang.

Pesan moral dari kumpulan cerita pendek anak adalah lebih baik mendapatkan sedikit hasil daripada tak mendapatkan sama sekali.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.