Kumpulan Cerpen Untuk Anak-Anak : Dongeng Fabel

Dua dongeng fabel kali ini diambil dari kumpulan cerpen untuk anak-anak terbaik yang ada di koleksi kami. Banyak cerita pendek terbaik untuk anak yang bisa anda dapatkan di blog ini. Kami akan terus menyediakan dongeng-dongeng terbaik untuk anak-anak di Indonesia.

Kumpulan Cerpen Untuk Anak-Anak : Semangat Induk Kambing (Kanada)

Induk kambing merasa sedih. Satu anaknya mati diterkam oleh serigala saat mereka sedang asyik mencari makan di padang rumput. Serigala memang sudah tahu, di mana kambing-kambing mencari makan. Ya, tentunya di padang rumput yang hijau.

Induk kambing dan beberapa kambing lain mulai berpikir. Bagaimana caranya agar mereka bisa terbebas dari ancaman serigala. Mereka tak mungkin hidup dalam ketakutan terus-menerus.

"Bagaimana kalau kita hidup di atas tebing itu," kata induk kambing kepada kambing lainnya. Kambing-kambing lain tak yakin bahwa mereka bisa naik ke atas tebing yang sangat tinggi itu.

"Itu hal yang tak mungkin," ujar salah satu kambing. "Bagaimana caranya kita naik ke sana?"

"Lagi pula, kita mau makan apa? Bukankah di sana tidak ada rumput?"

Semua kambing semakin bingung. Tetapi, induk kambing sudah memiliki tekad yang kuat. Meskipun di atas tebing tak ada rumput, tetapi di sana terdapat lumut-lumut. Mereka bisa memakan lumut. Yang terpenting adalah lepas dari cengkeraman serigala.

Saat malam tiba, induk kambing pergi ke bawah tebing. Ia mulai belajar menaiki tebing itu. Memang sangat sulit, tapi ia terus mencoba. Begitu setiap harinya, sampai beberapa hari. Setelah berjuang keras, akhirnya ia berhasil menemukan cara yang mudah untuk menaiki tebing. Hal itu berkat kegigihannya.

Induk kambing lantas mengajarkan hal ini kepada kambing-kambing lain. Kambing-kambing lain tak percaya bahwa mereka juga bisa memanjat tebing, meskipun dengan kerja keras. Namun berkat bujukan induk kambing, akhirnya mereka mau mencoba. Dan setelah melalui perjuangan yang berat, mereka semua berhasil memanjat tebing dan tiba di atas. Mereka pun bersorak gembira.

"Hore! Akhirnya kita terbebas dari serigala!" sorak mereka.

Kumpulan Cerpen Untuk Anak-Anak : Dongeng Fabel

Kumpulan Cerpen Untuk Anak-Anak : Dongeng Fabel

Suatu pagi, beberapa serigala merasa lapar. Lantas mereka pergi ke padang rumput, tempat di mana kambing-kambing biasa mencari makan. Namun sesampainya di sana, mereka sangat kaget karena tidak ada satu pun kambing yang dapat mereka temui.

"Hai, kami di atas sini! Jika kalian bisa, naiklah ke sini." teriak seekor kambing.

Serigala-serigala itu pun mencoba naik ke atas tebing. Namun apa yang terjadi? Tak ada satu pun serigala yang bisa naik ke sana. Mereka pun putus asa. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi mencari makan di tempat lain.

Semua kambing merasa senang dan bahagia. Berkat usaha keras dan sikap pantang menyerah, kini mereka bisa hidup aman di atas tebing.

Pesan moral dari kumpulan cerpen untuk anak-anak : semangat induk kambing (kanada) adalah setiap kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Terus semangat dan jangan pernah putus asa!

Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak : Beri Beruang Mencari ikan

Alkisah, hiduplah seekor beruang di bagian dunia yang paling ujung. Mereka menyebutnya kutub. Beruang itu bernama Beri. Beri itu beruang yang sangat bodoh. Setiap hari dia hanya memikirkan makanan saja. Memang hanya makan saja yang bisa dilakukan oleh Beri Beruang.

Suatu hari, persediaan ikan di rumah Beri Beruang habis. Padahal sudah waktunya bagi dia untuk makan.

"Waduh, aku harus segera mencari ikan. Kalau tidak, matilah aku karena kelaparan," gumam Beri Beruang.

Beri Beruang mulai mencari ikan untuk makanannya. Ia terus mencari, tapi tidak ada satu pun ikan yang muncul di hadapannya hari ini. Padahal ia nyaris tidak kuat lagi menahan lapar. Tiba-tiba, bau sedap tercium oleh hidung Beri Beruang. Seperti bau ikan panggang. Karena tidak tahan, Beri Beruang mengikuti arah bau tersebut.

Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak : Beri Beruang

Kumpulan Cerita Pendek Untuk Anak : Beri Beruang

Rupanya ada segerombolan manusia yang tengah memanggang ikan. Beri Beruang terbelalak melihat ikan-ikan segar. Dia berlari ke arah manusia. Melihat tingkah Beri Beruang, para manusia sangat takut. Apalagi tanpa basa basi, Beri Beruang memakan ikan segar milik para manusia.

Manusia yang ketakutan mencoba mengusir Beri Beruang. Tetapi tidak berhasil, Beri Beruang tetap tidak bergerak dan terus memakan ikan. Akhirnya, karena takut dengan Beri Beruang, manusia beramai-ramai memukuli Beri Beruang.

"Ampun... Tolong berhenti memukuliku! Aku akan pergi!" rintih Beri Beruang.

Tapi terlambat. Manusia tidak mendengar jeritannya. Sampai Beri Beruang terkulai lemas. Dalam satu kesempatan, ia mengerahkan seluruh tenaganya untuk kabur dari situ. Berhasil, ia pun langsung pulang. Sejak saat itu, Beri Beruang selalu menghindari manusia. Dia tidak lagi asal memakan makanan yang bukan miliknya. Beri Beruang telah dapat berpikir apa yang baik dan yang tidak untuknya.

Pesan moral dari Koleksi Cerita Singkat Untuk Anak : Beri Beruang Mencari ikan adalah terkadang apa yang kita lakukan bisa menyakiti atau mengganggu orang lain. Seperti yang dilakukan oleh Beri Beruang. Karenn berhati-hatilah kita dalam bersikap dan berbuat.

Temukan cerita rakyat singkat terbaik di blog ini dengan mengunjungi link berikut cerita rakyat pendek

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.