Kumpulan Cerpen Singkat Dunia Terbaik dari Nepal dan Cina

Kali ini kakak memposting dari kumpulan cerpen singkat dunia terbaik dari Nepal dan Cina. Kakak yakin kalian akan mendapatkan pesan moral dari dua cerita pendek anak ini. Semoga kalian menjadi anak yang pintar serta menjadi anak yang baik. Amin.

Kumpulan Cerpen Singkat Dunia : Raksasa Dan Burung Hantu (Nepal)

Burung hantu memiliki teman dekat, yaitu gajah. Setiap hari mereka pergi bekerja bersama. Mereka saling menyayangi satu sama lain. Hingga suatu hari, Gajah ditangkap oleh raja raksasa.

Mendengar kabar itu, Burung Hantu segera mencari cara untuk menyelamatkan Gajah dari ancaman Raja Raksasa.

"Raksasa itu tak boleh memakan temanku," gumam Burung Hantu. Ia terus berusaha mencari cara untuk menyelamatkan temannya.

"Lebih baik aku temui saja raja raksasa itu, barangkali aku bisa membujuknya agar tak memakan temanku," ucap Burung Hantu.

Burung hantu segera pergi ke sarang raksasa. Raksasa itu tampak senang melihat seekor gajah yang sehat dan gemuk. Sementara gajah terlihat sangat ketakutan.

"Semalam aku bermimpi memakan daging gajah. Rupanya mimpiku ini akan jadi kenyataan, hahaha..." seru Raja Raksasa.

Burung Hantu yang mendengar hal itu mendapat ide cemerlang.

"Raja raksasa, semalam aku juga bermimpi bahwa aku akan menikah dengan permaisuri raksasa. Sepertinya mimpiku akan menjadi kenyataan juga,"seru Burung Hantu.

Raja Raksasa langsung menoleh kepada Burung Hantu. Ia sangat marah. Namun, ia berusaha meredam kemarahannya.

"Kau tak boleh menikahi permaisuriku, atau kau akan aku bunuh," ujar Raja Raksasa.

"Kau juga tak boleh memakan temanku, gajah, atau aku akan menikah dengan permaisurimu," balas Burung Hantu.

Raja Raksasa tak bisa menjawab ucapan Burung Hantu. Ia tak mau kehilangan permaisurinya. Raja Raksasa pun akhirnya melepaskan Gajah. Sejak saat itu, Raja Raksasa menganggap bahwa mimpi hanyalah bunga tidur. Jadi tak semua mimpi bisa diwujudkan.

Sementara itu, Gajah berterima kasih kepada Burung Hantu.

"Kau memang sangat cerdik, temanku," puji Gajah.

Burung Hantu hanya membalasnya dengan senyuman hangat. Sahabat memang harus saling membantu saat sedang dalam kesulitan

Pesan moral dari Kumpulan Cerpen Singkat Dunia : Raksasa Dan Burung Hantu (Nepal) adalah bantulah orang lain ketika mereka sedang kesulitan, apalagi terhadap temanmu. Yuk, semangat membantu teman.

Kumpulan Cerita Pendek Anak : Gadis Berambut Panjang (Cina)

Dahulu kala, ada seorang gadis yang tinggal bersama ibunya yang sudah tua. Ada yang berbeda dari gadis itu. Usianya baru menginjak remaja, tetapi ia memiliki rambut berwarna putih. Akibatnya, banyak orang yang mengejeknya.

Dengan rambut putihnya, gadis itu terlihat seperti orang yang sudah tua. Gadis itu sungguh merasa sedih. Namun, ibunya selalu menasihatinya untuk tetap sabar dan selalu berbuat baik.

Suatu hari, datang kemarau panjang. Penduduk sangat kesulitan mencari sumber mata air. Gadis berambut putih itu menemukan sebuah mata air. Tetapi, mata air itu dihuni oleh jin jahat.

"Kau boleh mengambil air di sini, tapi jangan beri tahu siapa pun tentang ini. Tak ada yang boleh tahu tentang mata air ini," ucap Jin Penjaga.

Gadis itu berjanji kepada jin penjaga untuk tidak memberi tahu siapa pun tentang mata air tersebut. Kemudian ia pun mulai memakai mata air itu. Alhasil, ia jadi tak pernah kekurangan air. Tapi, gadis itu merasa kasihan dengan orang-orang di desanya. Mereka sangat kesulitan mencari air.

Gadis berambut putih itu lalu memberi tahu para penduduk tentang mata air tersebut. Orang-orang sangat senang mengetahui hal itu. Mereka kemudian datang berbondong-bondong ke mata air. Tidak lupa mereka berterima kasih kepada gadis berambut putih.

Jin penjaga sangat marah kepada gadis berambut putih. Ia mendatangi sang gadis, dan kemudian berkata," Kau telah mengingkari janjimu. Maka, kau harus menjadi penjaga mata air ini," ucap Jin Penjaga.

Gadis itu sangat sedih. Namun, ia harus tetap menerima hukuman itu. Sang Gadis kemudian meminta kepada Jin Penjaga agar diberi kesempatan untuk menemui ibunya yang sudah tua.

"Baiklah, tapi kau harus kembali sebelum malam tiba," ujar Jin Penjaga.

Gadis berambut putih pulang sambil menangis. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan kakek tua yang bijak. Gadis itu lalu menceritakan masalahnya. Kakek tua itu berjanji untuk menyelamatkan gadis berambut putih.

Kumpulan Cerpen Singkat Dunia Rambut Panjang

Kumpulan Cerpen Singkat Dunia Rambut Panjang

Sang Kakek membawa sebuah patung, kemudian ia meminta sang gadis untuk memotong rambutnya yang putih itu. Kemudian rambut sang gadis dipasang di kepala patung. Kakek tua membawa patung itu ke sumber mata air. Jin penjaga mengira bahwa patung itu adalah gadis berambut putih.

Beberapa hari kemudian... Olala... terjadi keajaiban pada gadis itu. Rambutnya yang baru tumbuh tidak terlihat putih, tapi berwarna hitam. Kini, gadis itu pun hidup bahagia dengan rambut hitam yang cantik bersama ibunya.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Pendek Anak : Gadis Berambut Panjang (Cina) adalah Kerja keras akan selalu membuahkan keberhasilan yang manis.

 

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.