Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Terkenal dari Yunani

Kumpulan cerpen fabel singkat selalu kami posting untuk menghibur adik-adik semua. Kali ini kami mengeluarkan kolaksi cerita pendek fabel anak yang berasal dari Yunani. Kami yakin adik-adik semua akan suka dengan dua cerita hewan ini. Selamat membaca.

Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Terkenal : Serigala Ingin Melihat Laut (Yunani)

Suatu hari, Serigala bertemu dengan Rubah. Rubah tinggal di pinggir laut sehingga ia sangat mengetahui tentang laut. Sedangkan Serigala tak pernah melihat laut. Ia ingin sekali melihat laut seperti sahabatnya, Rubah.

"Seperti apa laut itu?" tanya Serigala, penasaran.

"Laut itu sangat luas. Di sana terdapat banyak sekali air," jawab Rubah.

"Apakah seperti sungai?" tanya Serigala.

"Laut lebih besar, dan lebih luas," balas Rubah.

"Kau sangat tahu tentang laut. Kau juga tinggal di tepi laut. Apakah kau adalah penguasa laut?" Serigala bertanya lagi.

"Ya, laut tunduk padaku," ujar Rubah.

Serigala sangat senang mendengar ucapan Rubah. Ia ingin sekali pergi ke laut. Serigala pun meminta Rubah untuk mengantarkannya ke laut. Sesampainya di laut, Rubah berpura-pura memerintahkan ombak.

"Ombak datanglah, ada temanku ingin melihatmu," seru Rubah

Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Terkenal

Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Terkenal

Ombak pun datang dan memecah saat di pantai. Kemudian Rubah berseru kembali. "Pergilah kau ombak, lalu datanglah lagi. Seperti itulah terus sampai temanku pulang," teriak Rubah.

Tentu saja, ombak memang selalu seperti itu. Ia selalu menggulung, lalu pecah di tepi pantai, dan ia akan kembali ke laut. Tetapi, Serigala yang tak banyak tahu, begitu takjub melihat hal itu. Ia pikir Rubah benar-benar penguasa laut.

"Kau sungguh hebat, sahabatku. Kau bisa memerintahkan ombak semau hatimu," ujar Serigala, girang.

"Ya, mereka selalu mendengarkan apa kataku," kata Rubah, sombong.

"Katau begitu, bolehkah aku pergi ke sana? Aku ingin main bersama ombak. Suruhlah mereka agar mau menerimaku," pinta Serigala.

"Ombak tahu kau temanku, jadi kau bisa main sesukamu dengannya," ujar Rubah.

Serigala lalu menghadang ombak. Ia sangat senang. Ia pikir ombak bisa disuruh oteh Rubah untuk melakukan apa pun. Serigala berjalan ke arah laut, tapi tiba-tiba gutungan ombak menerpanya. Serigala pun terbawa ombak, lalu tenggelam di laut.

Pesan moral dari Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Terkenal : Serigala Ingin Melihat Laut adalah banyaklah baca buku agar memiliki pengetahuan yang banyak. Dengan memiliki pengetahuan yang banyak, kau tidak akan mudah celaka.

Cerita Fabel Bergambar : Penggembala Dan Anjingnya (Yunani)

Seorang penggembala memiliki seekor anjing yang kuat. Anjing itu ia beri nama Hero. Hero selalu menjaga ternak milik penggembala. Semenjak ia memiliki Hero, tak ada satu pun serigala yang berani mendatangi domba miliknya.

"Hero pernah mengalahkan lima ekor serigala sekaligus sehingga sudah tak ada lagi serigala yang berani datang ke sini," ujar Penggembala, bangga.

"Hero memang hebat. Tetapi, dia makan terlalu banyak. Kau sama saja memberi makan untuk sepuluh anjing," ujar tetangganya.

"Tapi aku sangat menyayanginya," sahut Penggembala.

Para tetangga tahu tentang kehebatan Hero. Tetapi, mereka sering kali menyuruh Penggembala untuk menjual Hero. Hingga ada seorang bangsawan yang tahu kehebatan Hero. Ia ingin membeli Hero dengan harga yang sangat mahal.

"Aku akan membelinya dengan beberapa keping emas. Kau bisa mendapatkan ratusan anjing dengan emas itu," ujar si Bangsawan.

"Tetapi, aku tak mau menjual Hero," jawab si Penggembala.

Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Yunani

Kumpulan Cerpen Fabel Singkat Yunani

"Kau bodoh jika tak mau menjual Hero. Kau akan mendapatkan pengganti Hero yang jauh lebih banyak. Kau juga akan mendapatkan banyak uang," ujar salah satu tetangganya.

"Benar juga yang kau katakan," ujar si Penggembala, mulai terpengaruh. Pada akhirnya ia pun mantap menjual Hero kepada bangsawan itu dengan seratus keping emas. Kemudian penggembala itu membeli tiga ekor anjing untuk menggantikan Hero.

Para serigala mengetahui hal itu. Mereka lalu pergi ke kandang ternak milik Penggembala. Tiga anjing yang dibeli penggembala justru lari ketakutan saat melihat banyak serigala yang mendekatinya. Alhasil, semua domba milik penggembala habis dimakan oleh serigala.

"Akhirnya kita bisa makan domba-domba ini," seru pemimpin serigala.

"Dasar penggembala bodoh. Harusnya ia tak menjual Hero," sahut serigala lainnya.

Serigala-serigala itu memakan domba-domba penggembala dengan bebas. Tak ada yang mengganggu mereka. Alangkah kagetnya si Penggembala setibanya di rumah. Ia melihat domba-dombanya telah tiada. Penggembala sangat menyesal karena telah menjual Hero. Seharusnya ia tak terpengaruh oleh ucapan tetangganya. Kini ia hanya bisa tertunduk sedih, menyesali kesalahan yang telah dilakukannya.

Pesan moral dari cerita fabel panjang Penggembala Dan Anjingnya (Yunani) adalah jangan mudah terpengaruh oleh ucapan teman yang tak baik. Pikirkan baik-baik apa yang akan kamu lakukan agar tak menyesal setelahnya.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.