Kumpulan Cerpen Anak Sekolah : Sari Bulan dan Pangeran Datu Pandai

Kumpulan cerpen anak sekolah yang kami posting di blog dongengceritarakyat.com adalah cerita rakyat dan fabel yang kami dapatkan dari seluruh dunia. Semua ceritanya seru dan mengandung pesan moral yang bagus.

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah : Kisah Sari Bulan dan Pangeran Datu Pandai

Suatu hari, Datu Pandai, putra mahkota Kerajaan Sumbawa, bermimpi menikah dengan seorang gadis cantik yang bernama Sari Bulan. Begitu bangun, ia berkeinginan mencari Sari Bulan. Ia pun memohon kepada ayahnya agar diizinkan pergi berlayar.

Suatu hari, ia berlabuh di sebuah pulau kecil untuk mencari air. Saat itulah mereka melihat sekelompok wanita cantik sedang bermain. Salah satu di antara mereka ada yang berteriak, "Sari Bulan, ayo main di sini!"

Datu Pandai kaget. Sebab, wanita yang dipanggil Sari Bulan itu cantik seperti dalam mimpinya. Ia pun memberanikan diri untuk berkenalan dengan Sari Bulan. Ayah Sari Bulan ternyata tak jauh dari sungai itu. Ia sedang menyiapkan peralatan menangkap ikan. Ia pun mendatangi ayah Sari Bulan.

"Paman, aku bermimpi menikah dengan Sari Bulan. Izinkanlah aku menikahinya sekarang," kata Datu Pandai.

Melihat keseriusan Datu Pandai, ayah Sari Bulan merestui pernikahan mereka. Beberapa bulan kemudian, ia memboyong Sari Bulan ke kampung halamannya.

Saat itu, Sari Bulan tengah hamil besar. Sebelum pergi, sang Ayah Sari Bulan berpesan, "Jagalah istrimu. Ia sedang sedang hamil tua. Ingat, dalam perjalanan, jangan sekali-sekali singgah di Pulau Dewa."

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah : Sari Bulan dan Pangeran

Kumpulan Cerpen Anak Sekolah : Sari Bulan dan Pangeran

Setelahnya, Datu Pandai beserta rombongannya berangkat. Setelah berhari-hari berlayar, persediaan makan mereka menipis. Saat itu, Sari Bulan berkeinginan memakan daging menjangan.

Datu Pandai pun menuruti keinginan istrinya. Ia singgah di sebuah pulau kecil, yang ternyata adalah Pulau Dewa. Sang Suami dan para pengawalnya berburu menjangan, Sari Bulan sendirian di kapal.

Saat itu, ada iblis, bernama Kunti, mendekati kapal. Iblis ini ingin menjadi istri raja. Ia pun mendorong Sari Bulan ke lautan. Kemudian, ia memakai baju Sari Bulan.

Sekembalinya dari berburu, Datu Pandai terkejut melihat isi kapalnya porak poranda. Ia segera mencari istrinya. Alangkah kagetnya ia ketika melihat Kunti, yang dikira istrinya, menjadi buruk rupa. Ia pun menganggap jika istrinya terkena kutukan. Ia pun bergegas pergi dari pulau itu.

Setibanya di kerajaan, Datu Pandai diangkat menjadi raja. Kunti pun menjadi permaisuri yang sombong. Di tempat lain, Sari Bulan diselamatkan oleh kerang raksasa. Kerang itu membawa Sari Bulan ke daratan. Begitu tiba, Sari Bulan melahirkan bayi laki-laki tampan. Sari Bulan membesarkan anaknya dengan penuh kasih sayang. Anak itu diberi nama Aipad.

Singkat cerita, Aipad tumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah. Suatu hari, ia mengikuti lomba pacuan kuda yang diadakan raja, yang tak lain adalah Datu Pandai. Dalam perlombaan itu, ia berhasil mengalahkan seluruh peserta, termasuk Datu Pandai. Oleh sang Raja, ia pun dinobatkan sebagai raja. Saat itu, Aipad datang bersama ibunya. Alangkah terkejutnya Datu Pandai ketika melihat Sari Bulan.

Saat itu, Sari Bulan menceritakan kejadian yang ia alami. Mendengar cerita itu, Datu Pandai memeluk Sari Bulan dan Aipad dengan bahagia. Setelah itu, ia menangkap dan memenjarakan Kunti.

Baca juga Kumpulan Cerpen Anak Sekolah kami lainnya pada posting kami berikut ini Kumpulan Cerpen Anak Sekolah Dasar dari Jerman dan Yunani serta Kumpulan Cerpen Untuk Anak SD Terbaik Yunani (Dengan Pesan Moral)

 

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.