Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Bergambar Untuk Mendidik Anak

Kumpulan cerita rakyat nusantara bergambar yang kami ceritakan selalu merupakan cerita anak yang populer dan memiliki hikmah yang dapat di petik. Dua cerita rakyat pendek yang kami siapkan ini akan membantu orang tua dalam mengajarkan perilaku yang baik bagi si kecil. Selamat membaca dongeng terbaik ini.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Bergambar : Kambing Tua Yang Cerdik

Binatang ternak mulai resah. Beberapa hari ini Singa telah memasuki perkampungan penduduk. Singa memangsa binatang ternak yang ia temui.

Binatang ternak jadi cemas dan gelisah.

Suatu hari, Kambing Tua mengajak semua binatang ternak untuk berkumpul. Ia telah memikirkan sebuah cara untuk membuat Singa tak datang lagi ke perkampungan penduduk.

"Cara apa yang akan kau lakukan?" tanya Ayam.

"Aku akan menghadang singa dan membuatnya takut," jawab Kambing Tua.

"Apa kau yakin bisa membuat Singa takut?" tanya salah satu kambing, sangsi.

"Aku akan mencobanya," balas Kambing Tua.

Hari itu Kambing Tua merebahkan dirinya di tengah jalan. Jalan itu biasa dilewati Singa. Kambing Tua membuat jenggot panjangnya menjuntai ke tanah. Ia juga membuat tanduknya melengkung ke bawah.

Beberapa saat kemudian, Singa melewati jalan itu. Singa melihat kambing Tua, tetapi Singa mengira itu bukanlah kambing.

"Aku sudah lama menunggumu. Aku sudah memakan 100 gajah, 100 harimau, dan 99 singa. Aku ingin menggenapkannya menjadi 100 singa," ucap Kambing Tua dengan suara yang dibuat seram.

"Siapa kau?" tanya Singa, ketakutan.

"Aku adalah binatang yang akan memakanmu. Kemarilah, atau aku yang akan mendatangimu," ujar Kambing Tua.

Singa mulai mundur ketakutan." Ja... jangan makan aku. A... aku masih ingin hidup," ujar Singa, tergagap.

"Jika kau masih ingin hidup, pergilah dari sini. Jangan kembali lagi ke sini. Jika aku melihatmu melewati jalan ini lagi, aku tidak akan segan-segan memakanmu!" seru Kambing Tua.

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Bergambar

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Bergambar

 

"Baiklah," ucap Singa. Kemudian ia Iangsung lari ketakutan. Ia tidak akan berani lagi kembali ke perkampungan penduduk. Para binatang sangat gembira. Akhirnya mereka terbebas dari ancaman Singa.

"Kau sungguh cerdik, Kambing Tua," Ayam memuji dengan suka cita.

"lya... tanpa kau, mungkin hidup kami akan selalu dalam ketakutan," balas binatang lainnya.

Kambing Tua sangat senang. Akhirnya semua binatang terbebas dari rasa takut. Ia juga senang karena bisa menolong sesama binatang.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Bergambar adalah selesaikan masalahmu dengan berani. Jika masalah yang kau hadapi terasa berat, bekerjasamalah dengan teman-temanmu.

Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia : Sam Dan Tikus Yang Lucu

Ada seorang pemuda bernama Sam. Sam hidup sendirian di rumahnya. Ia bekerja di pemintalan kapas. Setiap pagi, ia berangkat bekerja. Ia selalu mengenakan topi merahnya. Saat sore hari, Sam pulang sendirian.

Namun, sore itu ada yang berbeda. Saat hampir sampai di rumahnya, Sam menemukan seekor tikus yang tergeletak di pinggir jalan. Sam memeriksa tikus itu.

"Tikus ini masih bernapas. Aku akan merawatnya," ujar Sam.

Sam membawa tikus itu ke rumahnya. Ia merawat tikus itu dengan penuh kasih sayang. Ia tak pernah lupa memberi makan tikus itu. Hingga akhirnya tikus itu bisa sembuh. Sam sangat senang. Akhirnya ia memiliki teman.

Tikus itu akhirnya tinggal bersama Sam. Tikus itu menjadi teman baik Sam. Saat Sam hendak pergi bekerja, tikus itu segera masuk ke saku jas Sam. Hanya kepalanya yang kelihatan. Terlihat lucu sekali.

Di tempat kerja Sam, tikus itu selalu membuat teman-teman Sam tertawa. Mereka pun mulai menyukai tikus itu.

"Kau sungguh lucu dan menggemaskan," ujar salah satu teman Sam.

Teman-teman Sam jadi mengagumi Sam. Mereka kagum dengan kebaikan hati Sam. Pada sore hari, menjelang pulang, si Tikus sudah bersiap-siap masuk ke dalam kantung jas Sam.

"Ayo kita pulang," ajak Sam.

Sejak ada tikus itu bersamanya, Sam jadi selalu gembira. Tentu saja ia jadi tak merasa kesepian lagi di rumahnya. Tikus itu selalu menemani Sam. Bahkan tidur pun mereka tetap bersama. Sam selalu membelai lembut tikus itu.

Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia : Sam Dan Tikus

Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia : Sam Dan Tikus

Saat hendak bertemu dengan saudaranya, Sam membawa tikus itu. Ia mengenalkan tikus itu kepada saudara-saudaranya.

"Ayo naik ke topiku," pinta Sam.

Tikus itu langsung naik ke topi Sam. Semua yang melihatnya tertawa bahagia. Tikus itu membawa banyak kebahagiaan. Hingga saudara-saudara Sam menerima tikus itu dengan baik. Mereka tak segan-segan mengelus tikus berwarna putih itu.

"Kau sungguh beruntung menemukan tikus ini, Sam," ujar saudaranya.

Sam mengangguk. Ya, dia memang menyayangi tikus itu. Tikus itu kini menjadi sahabat baiknya. Ke mana pun Sam pergi, ia akan selalu ikut.

Saat pulang dari pertemuan keluarga, Tikus itu masuk kembali ke kantung jubah Sam. Sam pulang dengan hati gembira. Hari-harinya jadi terasa lebih menyenangkan.

"Terima kasih tikus kecil. Kau memberikan kebahagiaan untukku," ujar Sam.

Tikus itu seolah-olah mengerti. Ia mengangguk kepada Sam. Kini, Sam tidak akan kesepian lagi.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia : Sam Dan Tikus Yang Lucu adalah jika ada makhluk Tuhan yang membutuhkan pertolongan kita, tolonglah semampu kita, meskipun dia hanya seekor tikus.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.