Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat : Sangkuriang dan Lutung Kasarung

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat terbaik yang pernah kami posting diantaranya adalah dongeng tentang Sangkuriang dan Cerita Lutung. Kali ini kami akan menceritakan dua dongeng cerita rakyat pendek ini.

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat : Legenda Sangkuriang

Pada zaman dahulu ada putri raja bernama Dayang Sumbi. Sang Putri mempunyai anak bernama Sangkuriang. Suatu hari, Sangkuriang berburu. Ia ditemani Tumang, anjing kesayangan istana. Saat berburu, Tumang menolak diperintah oleh Sangkuriang, sehingga diusir. Mengetahui hal itu, Dayang Sumbi marah dan tanpa sengaja memukul kepala Sangkuriang menggunakan sendok nasi. Sangkuriang kecewa dan mengembara.

Dayang Sumbi menyesal, lalu berdoa agar diperternukan dengan anaknya. Para Dewa tersentuh dengan doa Dayang Sumbi, lalu memberinya anugerah awet muda.

Setelah bertahun-tahun mengembara, Sangkuriang kembali ke tanah kelahirannya. Sesampainya disana, ia bertemu gadis jelita, yang tak lain adalah Dayang Sumbi. Ia terpesona, lalu melamar Dayang Sumbi.

Suatu hari, Dayang Sumbi kaget saat melihat luka di kepala Sangkuriang. Ternyata, Sangkuriang adalah anaknya. Ia mencari cara untuk membatalkan pernikahannya. Ia pun mengajukan syarat kepada Sangkuriang. Ia meminta Sangkuriang untuk membendung Sungai Citarum dan membuat sampan besar dalam waktu satu malam sebagai mas kawin pernikahan.

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat : Legenda Sangkuriang

Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat : Legenda Sangkuriang

Sangkuriang sanggup, lalu meminta bantuan makhluk gaib. Di lain tempat, Dayang Sumbi menyuruh beberapa pasukan untuk menggelar kain sutra merah di timur kerajaan. Sangkuriang mengira hari sudah pagi. Karena jengkel, ia menendang sampan besar yang dibuatnya. Sampan itu terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Koleksi Cerita Rakyat : Lutung Kasarung

Prabu Tapa Agung mempunyai dua orang putri, bernama Purbararang dan Purbasari. Suatu hari, raja memutuskan untuk menunjuk Purbasari menjadi ratu. Keputusan itu membuat Purbararang marah. Muncul rasa dengki dalam hati Purbararang. Ia berniat mencelakakan purbasari. Ia pun pergi menemui seorang penyihir. Penyihir itu memantrai Purbasari sehingga wajah dan sekujur tubuhnya berbintik-bintik hitam.

Karena takut menulari seluruh penghuni kerajaan, sang Raja terpaksa mengasingkan Purbasari ke dalam hutan. Selama di hutan, Purbasari berteman dengan hewan, salah satunya dengan seekor kera berbulu hitam. Purbasari menamai kera itu Lutung Kasarung.

Koleksi Cerita Rakyat : Lutung Kasarung

Koleksi Cerita Rakyat : Lutung Kasarung

Setiap harinya, Lutung Kasarung menghibur Purbasari. Suatu malam, Lutung Kasarung menyuruh Purbasari untuk mandi di suatu danau. Purbasari menurut. Tiba-tiba, kulitnya menjadi bersih seperti semula.

Sementara itu di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat kondisi adiknya Ia kaget melihat adiknya kembali seperti semula. Ia pun marah dan berkata, "Seorang ratu harus mempunyai suami yang tampan. Mana calon suamimu?"

Purbasari kebingungan. Akhirnya, ia menarik tangan Lutung Kasarung. Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pangeran tampan. Sadar telah berbuat kesalahan, Purbararang mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Purbasari pun memaafkan kakaknya. Setelah kejadian itu, Purbasari kembali menjadi seorang ratu.

Baca juga dongeng lain selain Kumpulan Cerita Rakyat Jawa Barat terbaik pada posting berikut ini kumpulan cerita rakyat nusantara dan kumpulan cerita rakyat Indonesia.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.