Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat Filipina Terbaik (Fabel)

Setelah kami cari ternyata negara Filipina memiliki kumpulan cerita dongeng rakyat yang bagus-bagus untuk di ceritakan kepada si kecil. Dua diantaranya adalah fabel anak yang akan kami ceritakan. Bercerita dongeng dari seluruh dunia tanpa sadar mengajarkan anak kita mengenai kebudayaan dari berbagai negara. Selamat mendongeng.

Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat : Kepiting Melawan Ombak

Hari ini para kepiting sedang mengadakan perkumpulan. Sebagian dari mereka merasa terganggu dengan datangnya ombak. Tidur mereka menjadi tak nyaman gara-gara ombak.

"Sungguh, ombak membuatku kesal! Beberapa hari ini bahkan aku tak bisa tidur nyenyak mendengar gemuruhnya," ucap salah satu kepiting.

"Iya, benar sekali katamu. Aku juga begitu. Pekerjaanku jadi terganggu karenanya," jawab kepiting lainnya.

Para kepiting menyalahkan ombak. Mereka pun membuat kesepakatan akan melawan ombak." Besok pagi, kalian semua berkumpul di sini. Kita akan melawan ombak itu bersama-sama," ucap pimpinan kepiting.

"Jika kita melawan bersama, pasti kita akan menang. Dan ombak itu tak akan mengganggu tidur kita lagi," jawab kepiting lainnya. Setelah semua sepakat, mereka pun pulang ke rumah masing-masing. Esok mereka harus mempersiapkan diri untuk melawan ombak.

Keesokan harinya, semua kepiting telah bersiap-siap di tepi pantai. Sementara itu, seekor udang melihat tingkah laku mereka. Udang itu merasa heran karena tak seperti biasanya para kepiting berjejer di tepi pantai. Udang itu pun bertanya kepada kepiting.

Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat : Kepiting Melawan Ombak

Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat : Kepiting Melawan Ombak

"Apa yang kalian lakukan di sini? Sebentar lagi ombak besar pasti datang dan akan menerpa kalian. Ayo kalian selamatkan diri kalian," ujar Udang.

Salah satu kepiting malah tertawa dan menjawab, "Kami di sini justru akan melawan ombak. Mereka telah mengganggu kehidupan kami!"

"Awas, ombak itu datang! Ayo cepat selamatkan diri kalian!" teriak udang, lalu segera berlari menjauh dari pantai.

Tetapi para kepiting tak mengindahkan perkataan udang. Mereka justru bersiap-siap melawan ombak. Akhirnya... byurrr! semua kepiting terpelanting. Ada yang mengenai batu karang dan mati. Beberapa ada yang selamat.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Dongeng Rakyat : Kepiting Melawan Ombak adalah ukurlah kemampuan diri agar tak seperti kepiting yang telah melakukan hal bodoh yang membuat mereka rugi

Kumpulan Kisah Dongeng Rakyat : Mudah Jika Dilakukan Bersama-Sama

Burung cenderawasih adalah burung yang sangat cantik. Bulunya yang menjuntai indah berwarna terang sangat memesona. Sayangnya kecantikan parasnya itu tidak disertai dengan kecantikan hati. Burung cendrawasih sangatlah angkuh dan sombong. Dia juga senang sekali mengejek binatang lain. Dia tidak pernah ingin berteman dengan siapa pun, kecuali merak yang mempunyai bulu cantik sepertinya.

Suatu ketika, burung cenderawasih ingin membuat sarang baru. Dia membutuhkan banyak bahan. Karena itu, dia ingin mengundang Merak agar mau membantunya. Tetapi, ternyata Merak sedang mengikuti kontes kecantikan dan tidak bisa pulang ke sarang dalam beberapa minggu.

Seharian penuh burung cenderawasih mencari bahan-bahan untuk membuat sarang. Tetapi tidak satu pun dia menemukannya. Burung cenderawasih menginginkan sarang yang sangat cantik. Namun sepertinya untuk membuat sarang yang sesuai dengan harapannya sangat sulit.

Tidak terasa, beberapa hari sudah burung cenderawasih mencoba membuat sarang, namun selalu gagal. Bu Kambing, Pak Kuda, Bu Ayam, dan Pak Kelinci yang melihatnya merasa kasihan. Mereka lantas mencoba menawarkan bantuan kepada burung cenderawasih. Tetapi, bantuan mereka serta merta ditolak oleh burung cenderawasih.

"Pergilah! Aku bisa mengurus sarangku sendiri!" hardik burung cenderawasih, sombong.

Kesombongan burung cenderawasih membuatnya kesulitan. Apalagi temannya, si Merak tidak kunjung datang. Dia pusing karena sarangnya tidak kunjung jadi. Pada saat seperti itu, Bu Kambing, Pak Kuda, Bu Ayam, dan Pak Kelinci kembali datang.

Kali ini mereka tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh burung cenderawasih. Mereka tetap membantunya. Ranting-ranting yang telah disusun oleh burung cenderawasih kemudian dilapisi oleh bulu Bu Kambing. Pak Kuda juga memberikan beberapa helai rambutnya. Tapi rupanya sarang itu masih kurang nyaman. Akhirnya Bu Ayam dan Pak Kelinci mengambil sebagian jerami mereka untuk sarang Cenderawasih.

Tara! Dalam waktu singkat, sarang yang cantik telah dibuat.

Kumpulan Kisah Dongeng Rakyat : Mudah

Kumpulan Kisah Dongeng Rakyat : Mudah

Burung Cenderawasih sangat terharu melihat sarangnya yang begitu cantik dan nyaman. Itu semua berkat binatang-binatang yang sebelumnya telah ia hardik. Sadarlah kini burung Cenderawasih bahwa tidak seharusnya dia sombong dengan kelebihannya. Pelajaran penting lainnya yang ia dapat adalah melakukan bersama-sama jauh lebih mudah dibandingkan jika bekerja sendiri.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Cerita Rakyat : Mudah Jika Dilakukan Bersama-Sama adalah tak ada satu pun orang yang bisa hidup tanpa orang lain. Jodi janganlah sombong. Bagaimanapun kita selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Temukan berbagai contoh cerita rakyat tebraik dari seluruh penjuru dunia di blog ini, beberapa diantaranya dapat dibaca pada posting kami berikut ini cerita rakyat bahasa inggris

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.