Kisah Cerita Anak : Kura-kura dan Monyet Pembohong

Kisah Cerita Anak : Kura-kura dan Monyet Pembohong

Seekor kura-kura berjalan sangat lamban ke arah sebuah sungai yang air nya cukup tenang, kura-kura itu keluar dari sungai semalam ketika hujan besar turun sehingga arus sungai menjadi cukup deras dan sungai itupun menjadi sangat kotor. Ketika sang kura-kura akan kembali ke sungai dia mendengar sesuatu dari kejauhan rasa penasaran membuatnya bergerak melihat apa yang sedang terjadi ditempat keramaian itu.

Seluruh hewan berdatangan ke arah keramaian itu. Ketika seekor ayam jantan melewati sang kura-kura, sang kura-kura bertanya : “Apa sesuatu sedang terjadi disana wahai ayam?” sambil tergesa-gesa ayam itu menjawab :”Aku juga tidak tahu, aku hanya mendengar kabar bahwa seekor monyet tua sedang mengabarkan sesuatu dan kabar itu sangat penting bagi hewan-hewan disini”.

Kisah Cerita Anak Kura-kura dan Monyet Pembohong

Kisah Cerita Anak Kura-kura dan Monyet Pembohong

Mendengar hal itu dari seekor ayam sang kura-kura kini bergegas mencapai pusat keramaian itu namun tetap saja jalannya sangat lambat dia tidak bisa berlari seperti hewan lainnya, beberapa menit kemudian berjalan kini sang kura-kura itu melihat hampir semua hewan berkumpul disana kelinci, rubah, tikus, musang, burung, kadal, angsa, anjing, serigala dan disana terlihat seekor monyet berdiri dia atas pohon dan terlihat sangat jelas sekali. Monyet itu berbicara sambil mengangkat sesuatu seperti botol kepada semua hewan yang sedang berkumpul di tempat itu namun suara itu samar-samar terdengar oleh sang kura-kura, akhirnya kura-kura sampai di tempat keramaian itu tempat itu penuh sangat sesak dan sulit untuk melewati hewan yang sedang berdesakan.

Sang kura-kura kini mampu mendengar apa yang sedang digembor-bemborkan oleh monyet tua di atas dahan “Selama ini aku belajar menjadi seorang yang ahli dalam mengobati berbagai macam penyakit, dan kini selama penelitian ku aku telah menemukan obat yang sangat ampuh, obat ini lebih hebat dari obat manapun karena obat ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit”. Kata sang monyet tua dengan nada yang sangat meyakinkan, para hewan yang hadir disana merasa sangat yakin dengan apa yang dikatakan monyet tua itu namun tidak bagi sang kura-kura.

Kura-kura itu kini mencoba mendekati sang monyet tua itu dengan cara menerobos masuk ke dalam keramaian, cangkangnya yang keras memberikan keberanian lebih kepada kura-kura itu meskipun kadang terinjank dia tidak merasakan sakit.

Akhirnya dengan susah payah kura-kura itu sampai tempat yang paling depan dia memperhatikan monyet tua itu dengan teliti “Tuan Monyet” kata sang kura-kura “Aku menyimak apa yang kau sampaikan kepada kami yang hadir disini tentang dirimu telah belajar mengobati dan membuat sebuah obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit namun aku melihat tubuhmu kurus dan terlihat kau tidak begitu sehat” kata sang kura-kura “Jika kamu mampu untuk menyehatkan badanmu itu dengan obat yang telah kamu buat barulah aku percaya akan kemampuan obat itu namun jika hal itu tidak berhasil sebaiknya kau memikirkan kembali apa yang sedang kau kerjakan itu”. tegas sang kura-kura

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.