Kenali Ciri Ciri Cerita Rakyat dari Dua Contoh Dongeng Dunia

Hai adik-adik walaupun hari ini hari libur kalian jangan bermalas-malasan yah. Bantu Papa dan Mama membersihkan rumah. Setelah itu ajak Papa dan Mama membaca beberapa cerita rakyat dari negara Yunani yang akan Kakak posting siang hari ini. Selain itu dari dua dongeng rakyat yunani tersebut kalian bisa belajar mengenal ciri ciri cerita rakyat. Kalau kalian masih bingung ciri-ciri cerita rakyat pernah kakak posting pada penjelasan sebelumnya yaitu Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerita Rakyat dan pengertian cerita rakyat. Selamat mencoba yah.

Ciri Ciri Cerita Rakyat Pada Dongeng Yunani : Gagak Yang Tidak Pernah Bersyukur

Aku benci bulu hitamku. Walaupun mengkilap, aku tetap tidak suka," kata gagak yang angkuh dan tidak pernah bersyukur.

"Ah, aku ingin menjadi seperti merak. Dia punya bulu yang indah dan berwarna-warni," kata gagak lagi.

Ciri Ciri Cerita Rakyat Pada Dongeng Yunani

Ciri Ciri Cerita Rakyat Pada Dongeng Yunani

Setelah mengucapkan itu, gagak terbang ke sebuah peternakan dan menemukan beberapa bulu merak yang copot. la memungut bulu-bulu itu dengan paruhnya, lalu memasang bulu-bulu itu di antara bulunya sendiri.

Lalu, gagak berjalan hilir mudik sambil menirukan gaya berjalan burung merak. la bangga sekali dengan bulu-bulu barunya.

Sekumpulan burung merak melihat apa yang dilakukan gagak angkuh itu. Mereka tidak mau gagak berusaha meniru mereka. lalu, burung-burung merak itu terbang dan menyerang gagak.

"Pergi sana kau peniru!" kata burung merak sambil mencabuti bulu merak di tubuh gagak.

Untung saja gagak masih bisa menyelamatkan diri. la segera pulang ke kawanan burung gagak. Namun, salah satu burung gagak mengetahui kelakukan gagak peniru itu.

"Kau tidak suka menjadi gagak, bukan? Sana pergi! Kau tidak tahu cara bersyukur," kata pimpinan kawanan gagak kepada gagak si peniru.

Akhirnya, gagak peniru diusir dari kawanannya. la pergi ke hutan, hidup seorang diri dan kesepian. Tidak ada yang mau berteman dengannya. Itulah akibat ulahnya yang tidak bersyukur dengan keadaannya sendiri.

Pesan Moral dari Ciri Ciri Cerita Rakyat Pada Dongeng Yunani adalah syukuri apa adanya dirimu. Jangan iri pada orang lain. Orang lain akan lebih menghargai kamu jika kamu menjadi diri kamu sendiri.

Ciri2 Cerita Rakyat Yunani : Petani Bijaksana Dan Tiga Putranya

Seorang petani tua jatuh sakit. la tahu waktu hidupnya tidak lama lagi. la pun memanggil ketiga anaknya untuk menyampaikan amanat.

"Putra-putraku, pertahankan ladang yang aku wariskan untuk kalian. Jangan kalian jual karena di tanah itu ada harta karun. Aku tidak akan memberitahu di mana Ietaknya. Kalian harus mencarinya sendiri. Ingat, kalian jangan mudah menyerah! Kelak, kalian akan berhasil," kata petani tua itu.

Beberapa hari kemudian, petani itu meninggal dunia. Ketiga putranya berkumpul dan mereka membagi tanah ladang warisan ayah mereka sama rata. Masing-masing, akan menggali Iadang bagiannya dengan hati-hati.

Ciri2 Cerita Rakyat Yunani

Ciri2 Cerita Rakyat Yunani

Setiap jengkal tanah, mereka gali dengan cangkul. Mereka melakukannya berulang kali seperti nasihat ayahnya. Tapi, mereka tetap tidak menemukan harta karun itu.

"Ayah adalah orang yang jujur dan bijaksana," kata anak tertua.

"Dia tidak mungkin menyuruh kita mencari harta jika tidak ada harta," lanjutnya.

"Ya, kita mencangkul tanah ini berulang kali tapi tidak ada harta. Kini, ladang kita sudah layak di- tanami gandum karena kita mencangkul berulang-ulang," kata anak bungsu.

Mereka setuju untuk menanam gandum di ladang. Saat musim panen tiba, ladang mereka menghasilkan gandum yang banyak dan bagus. Mereka sangat senang dengan basil panennya.

Anak kedua berkata, "Aku pikir, mungkin inilah yang dimaksud Ayah. Kita memang tidak mendapatkan harta di ladang kita, tapi kita sekarang punya harta hasil dari panen ini. Ayah kita memang bijaksana."

"Benar. Kita akan mengolah Iadang Iebih baik lagi tahun depan," kata anak tertua.

Dari tahun ke tahun, panen ketiga anak petani semakin melimpah. Mereka pun hidup bahagia dan berkecukupan.

Pesan Moral dari ciri-ciri cerita anak : Petani Bijaksana Dan Tiga Putranya adalah Lakukan perintah dan nasihat orangtuarnu. Jika kamu menginginkan sesuatu, dapatkanlah dengan berusaha sendiri. Jangan suka menempuh jalan pintas.

Temukan jenis jenis cerita rakyat dunia terbaik dari artikel kakak berikut ini Dongeng Untuk Anak Anak : Sup Paku Yang Lezat

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.