Dongeng Rakyat Indonesia – Cerita Keluarga Hewan

2211 views

Dongeng Rakyat Indonesia yang Kakak ceritakan hari ini mengisahkan kekompakan keluarga hewan yang saling bah membahu ketika dihadapkan pada suatu masalah. Masalah yang sulit dan tidak bisa dipecahkan sendiri menjadi lebih mudah saat dikerjakan secara bersama-sama.

Dongeng Rakyat Indonesia – Cerita Fabel Keluarga Hewan

Dongeng Rakyat Indonesia Cerita Keluarga Hewan

Dongeng Rakyat Indonesia Cerita Keluarga Hewan

Pada zaman dahulu, di sebuah hutan hiduplah satu keluarga yang sangat unik. Keunikan mereka, karena terdiri dari emapat hewan yang berbeda. Yaitu Gagak Tikus, Kura-kura, dan seekor Rusa.

Mereka selalu pergi mencari makanan bersama-sama. Tikus yang berburu Kumbang yang bersembunyi di bawah sebuah daun. Kura-kura yang mencari makan Serangga di hutan. Gagak yang mencari makan hewan-hewan kecil di ladang gandum. Dan Rusa memakan rumput.

Pada suatu hari, Rusa mendengar suara gonggongan seekor Anjing pemburu. Rusa pun berlari dengan sangat cepat untuk menghindari kejaran Anjing tersebut sampai ketengah hutan. Namun, sayangnya, Rusa tertangkap oleh kejaran Anjing pemburu tersebut.

Sore hari, Gagak, Tikus dan Kura-kura pulang kerumah. Namun, mereka tidak menemukan Rusa di dalam rumahnya.

‘’ Kemana Rusa? Tidak biasanya ia belum pulang.’’ Tanya Gagak.

‘’ Cobalah kau terbang dan cari dia!’’ perintah Tikus

Gagak pun terbang dan mencari dimana sang Rusa. Gagak sangat terkejut melihat Rusa terperangkap jaring pemburu. Gagak langsung menyampaikan kabar tersebut kepada Tikus dan Kura-kura.

‘’ Tikus, sepertinya Rusa membutuhkan bantuanmu. Kau harus segera menggigit jaring untuk melepaskannya.’’ Kata Gagak.

Akhirnya, Gagak dan Tikus pergi untuk membebaskan Rusa. Kura-kura pun tidak mau tinggal diam. Ia pun pergi menyusul. Tidak lama kemudian Gagak dan Tikus menemukan Rusa. Setelah keadaan aman, Tikus langsung menggigit jaring hingga Rusa bebas.

Setelah Rusa bebas, keempat hewan tersebut sangat senang dan akan kembali kerumah. Namun, tiba-tiba pemburu datang. Rusa, Kura-kura langsung bersembunyi di balik semak-semak, Gagak bersembunyi di atas pohon yang rindang dan Tikus masuk ke dalam lubang yang kecil.

Pemburu sangat kecewa melihat buruannya lepas dengan sangat mudah. Namun, pemburu melihat Kura-kura yang setengah bersembunyi. Akhirnya, pemburu langsung menangkap Kura-kura dan di masukkannya ke dalam tas. Gagak, Tikus, dan Rusa sangat terkejut melihat kejadian itu.

Dengan sangat berani Rusa keluar dari tempat persembunyiannya dan pura-pura terluka. Melihat Rusa, pemburu langsung melemparkan tas yang berisi Rusa tersebut dan mengejar Rusa. Namun, Rusa segera berlari dengan sangat cepat.

Pemburu tidak dapat mengejar Rusa yang berlari sangat cepat. Dengan rasa putus asa, ia pun kembali untuk mengambil tasnya. Namun, ia sangat terkejut melihat tasnya berlubang dan Kura-kura pun terlepas dari buruannya.

Ternyata pada saat pemburu mengejar Rusa, Tikus menggigit dan mengbebaskan Kura-kura. Mereka pun segera melarikan diri dan kembali ke rumah. sesampainya di rumah mereka sangat takut dengan keadaan Rusa yang di kejar oleh pemburu. Mereka takut jika Rusa dapat tertangkap lagi oleh pemburu tersebut. namun, tiba-tiba Rusa kembali kerumah.

Mereka berempat sangat senang dapat berkumpul kembali. Mereka pun lebih waspada ketika mencari makanan. Mereka adalah keluarga hewan yang sangat kompak dan saling tolong menolong.

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Indonesia – Cerita Keluarga Hewan adalah dengan tolong menolong makan hal yang sulita akan menjadi mudah. Bantulah temanmu yang sedang kesusahan maka kamupun akan Tuhan bantu saat kamu menghadapi kesulitan.

Baca cerita Rakyat Indonesia lainnya pada artikel kami berikut ini Cerita Rakyat Indonesia Dongeng Keong Mas dan Dongeng Cerita Rakyat Indonesia Cindelaras

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.