Dongeng Rakyat Belanda : Anak yang Sangat Menyukai Keju

Dongeng rakyat Belanda kali ini mengajarkan kita untuk tidak serakah. Kalian boleh menginginkan sesuatu, namun ingat jangan serakah dan ingat selalu kesehatan yah.

Dongeng Rakyat Belanda Terbaru : Anak yang Sangat Menyukai Keju

Klaas van Bommel, anak laki-laki berusia 12 tahun. Klaas sangat suka makan keju. Dalam sehari, dia bisa makan keju sangat banyak.

Suatu hari, ibunya melarang Klaas makan keju. Klaas pun justru marah-marah pada ibunya.

"Kenapa aku tidak boleh makan keju? Aku ingin keju! Aku ingin keju!" teriak Klaas.

"Tidak, Klaas! Kau sudah cukup banyak makan keju," kata ibu.

Klaas pun cemberut lalu berlari masuk kamar. Setelah puas marah-marah, Klaas akhirnya tertidur.

Klaas terbangun saat tengah malam. Dia melihat ada cahaya di jendela. Ketika jendela dibuka, ada ribuan peri kecil beterbangan masuk ke kamar.

"Kudengar kau suka makan keju. Kami mempunyai banyak keju untukmu," kata salah satu peri.

"Benarkah?" tanya Klaas senang.

"Duduklah. Kami akan membawakan keju untukmu," jawab peri.

Klaas lalu duduk. Tidak lama kemudian, peri-peri itu datang membawa keju yang sangat banyak.

Peri-peri itu melemparkan keju ke arah Klaas. Klaas menangkapnya, lalu memakannya dengan lahap.

Awalnya Klaas sangat senang bisa makan banyak keju. Tapi, para peri itu terus melemparkan keju ke tubuhnya. Lama kelamaan, seluruh tubuh Klaas tertutup keju kecuali kepalanya.

"Sudah, sudah cukup kejunya. Aku sudah kenyang," kata Klaas.

"Tunggu, Klaas. Kami masih punya keju berukuran besar untukmu," kata peri.

Kemudian, muncul empat peri membawa keju yang sangat besar. Mereka melemparkan keju itu ke arah Klaas. Klaas berteriak ketakutan.

dongeng rakyat belanda

dongeng rakyat belanda

"Hwaaa"

Klaas pun terjatuh dari tempat tidurnya. Ternyata dia hanya bermimpi. Sejak saat itu, Klaas sudah tidak pernah serakah dan makan keju terlalu banyak lagi.

Kepribadian dari Dongeng Rakyat Belanda ini adalah  Jangan Serakah. Makanlah secukupnya meskipun kita sangat suka makanan itu. Kalau kita kebanyakan makan, nanti perut kita bisa sakit.

 

Baca juga Cerita Rakyat Belanda – Dongeng Tentang Peri serta posting terbaik kami lainnya Dongeng Cerita Rakyat Belanda Terpopuler

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.