Dongeng Peri Cantik Jerman dan Cerita Rakyat Cina

2229 views

Hampir semua dongeng peri berasal dari Eropa. Salah satunya dongeng peri cantik yang akan Kakak ceritakan malam hari ini. Cerita peri ini berasal dari Jerman dan sangat terkenal disana. Konon peri ini menjadi penunggu sebuah danau yang diberi nama Danau Wildsee. Selain dongeng tentang peri kakak juga akan bercerita dua cerita rakyat dari Cina. Selamat membaca

Dongeng Peri Cantik Jerman : Peri Danau Wildsee

Suatu hari, seorang penggembala bermain suling sambil menggembala biri-biri-nya. Tiba-tiba, ia mendengar suara harpa yang indah sekali dari arah Danau Wildsee.

Dongeng Peri Cantik Jerman

Dongeng Peri Cantik Jerman

Penggembala penasaran sekali dengan suara harpa itu. la meninggalkan hewan ternaknya dan mendekati suara harpa. Saat ia semakin dekat dengan suara harpa yang merdu, la juga mencium wangi bunga mawar yang sangat harum.

Sampai di pinggir danau, penggembala melihat peri yang sangat cantik. la memainkan harpa penuh perasaan.

Saat peri itu mengetahui kedatangan penggembala, ia mengangkat tangannya dan melarangnya mendekat. "Namaku Meline. Tapi ingatlah, danau ini akan menjadi kuburanmu jika kau memanggil namaku," kata peri.

Sejak saat itu, penggembala tidak pernah bisa melupakan peri itu. la jatuh cinta karena kecantikan sang peri.

Suatu sore, seorang Iaki-Iaki tua menghampiri penggembala. la merasa kasihan kepadanya. "Pergilah yang jauh, anak muda!" kata laki-laki tua memperingatkan.

"Kau akan mati di tangan peri itu," nasihatnya lagi.

Tapi perasaan penggembala itu semakin tidak menentu. la sangat rindu dan ingin kembali bertemu dengan Meline. la pun pergi ke pinggir danau untuk mencarinya.

"Meline, Meline, di manakah engkau berada?" panggil penggembala.

Tidak ada jawaban dari Meline. Penggembala justru melihat setangkai bunga mawar muncul di tengah danau. Penasaran dengan bunga itu, penggembala mencoba meraihnya. Saat itulah tubuhnya terpeleset dan ia mati tenggelam di danau.

Pesan Moral dari Dongeng Peri Cantik Jerman : Peri Danau Wildsee adalah ingat dan patuhilah nasihat yang diberikan orangtuamu. Sebab, itu untuk kebaikan dan keselamatanmu. Jika tidak menaatinya, kamu akan merugi.

Cerita Rakyat Cina : Gadis Berbaju Hijau

Dahulu kala, hiduplah seorang anak pelajar yang pintar bernama Yu. Suatu hari, Yu pergi ke kuil di puncak bukit yang sepi untuk belajar.

Cerita Rakyat Cina Gadis Berbaju Hijau

Cerita Rakyat Cina Gadis Berbaju Hijau

Berhari-hari, Yu belajar dengan rajin di kuil itu.

Sampai suatu malam, ia sangat Ielah hingga tertidur di meja. Tidurnya sangat lelap sampai-sampai ia bermimpi.

Dalam mimpinya, Yu bertemu dengan seorang gadis cantik yang memakai baju hijau. Gadis berbaju hijau itu membungkuk ke arah Yu dan berkata, “Tolonglah aku! Aku mohon tolonglah aku!"

Yu kaget dan terbangun sampai menumpahkan tinta di meja. Beberapa saat kemudian, Yu mendengar suara mendengung di luar. Suara dengungan itu berasal dari arah jendela. Yu menghampiri dan membuka jendela.

Saat itu, ia melihat seekor lebah yang terperangkap dalam jaring laba-laba dan beberapa detik lagi akan dimakan oleh laba-laba. Yu ingat mimpinya, ia segera memetik sehelai daun, lalu mengambil lebah yang terperangkap.

Dengan hati-hati, Yu membawa lebah ke dalam dan menaruhnya di atas meja. Lebah itu berjalan sempoyongan di atas tumpahan tinta. Setelah puIih, Iebah itu berjalan menuju kertas putih di atas meja.

Yu memerhatikan Iebah itu berjalan di atas kertas dengan tinta di kakinya seperti menuliskan se- suatu. Setelah Yu mengamati dengan saksama, di kertas itu telah tertulis kata,

“Terima kasih."

"Lebah ajaib," kata Yu sambil memperhatikan kertasnya.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Cina dan Dongeng Cina Terbaik adalah Tolonglah sesama makhluk Tuhan sekecil apa pun itu. Jika kamu berbuat baik maka akan diperlakukan baik juga oleh orang lain.

Dongeng Anak dari Cina : Asal-Usul Kupu-Kupu

Dahulu, ada seorang menteri di istana kaisar. la telah lama mengabdi kepada kaisar. Namun, persaingan dengan menteri-menteri Iainnya membuatnya Ietih dan bosan.

Dongeng Anak dari Cina Asal Usul Kupu-Kupu

Dongeng Anak dari Cina Asal Usul Kupu-Kupu

Suatu hari, sang menteri minta diantar ke puncak bukit dengan masih memakai baju kebesarannya yang indah dan berwarna-warni. Sesampainya di sebuah padang rumput, menteri menyuruh pembantunya pulang dan menjemputnya sore hari.

Menteri duduk di sebuah bebatuan yang hangat. Wajahnya murung sekali. la memerhatikan rumput-rumput yang melambai-lambai ditiup angin. la juga melihat beberapa tupai bermain di antara pepohonan.

Ada juga Iebah yang terbang menari di antara bunga-bunga. Sesekali, Iebah itu hinggap dan menari di baju kebesaran menteri yang berwarnawarni.

"Kalian pasti berpikir bajuku ini bunga ya," pikir menteri sambil tersenyum.

Menteri lalu mengeluarkan pisaunya dan merobek bajunya. la melemparkan robekan bajunya itu ke atas dan berkata, "Silakan kau nikmati, Iebah yang lapar!"

Tapi kemudian, menteri terkejut melihat robekan bajunya berubah menjadi serangga cantik yang bisa terbang. Serangga itu hinggap dari satu bunga ke bunga Iainnya.

"Apakah aku bermimpi?" kata menteri. la merobek lagi bajunya dan melemparkan ke udara. Lagi-lagi, robekan itu menjadi serangga cantik yang terbang. Menteri tertawa gembira melihat binatang itu. Wajahnya terlihat bahagia sekali.

Saat pembantunya datang sore hari, mereka kaget melihat baju menteri telah sobek-sobek. Me- reka juga melihat serangga cantik yang terbang di sekeliling menteri.

Menteri membungkukkan badannya ke arah serangga cantik itu dan pulang dengan pembantunya. Kini, ia telah segar kembali. Lelahnya telah hilang. Serangga cantik yang bisa terbang itu kini disebut dengan nama kupu-kupu.

Pesan Moral dari Dongeng Anak dari Cina : Asal-Usul Kupu-Kupu adalah Biasakanlah beristirahat jika kamu sudah capai. Imbangi kesibukanmu dengan berekreasi serta bermain bersama teman dan keluarga.

Ikuti kisah menarik lainnya pada posting Kakak berikut ini Cerita Dongeng dan Legenda Rakyat Cina Terbaik

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.