Dongeng Fabel Cerita Anak Sekolah

852 views

Dua dongeng fabel yang akan kami posting bisa menjadi cerita anak sekolah. Hal ini disebabkan keduanya memiliki pesan moral yang baik untuk diceritakan.

Cerita Anak Sekolah : Kulit Rubah Dan Daging Kambing (Cina)

Ada seorang pemuda yang sangat menyukai pakaian yang mewah. Sebagian pakaian yang dia miliki terbuat dari bulu-bulu halus binatang.

"Sepertinya pakaian-pakaian yang aku miliki sudah kuno. Aku akan menemui rubah untuk meminta kulitnya. Biar aku jadikan pakaian yang indah," gumam pemuda itu.

Si Pemuda masih memandangi pakaian yang dipakainya di depan cermin. Sebenarnya pakaian yang ia miliki masih bagus. Hanya saja kali ini ia ingin mencari bahan pakaiannya sendiri. Biasanya pemuda itu tinggal membeli dan memakainya.

 

Tak hanya pakaian yang mewah, pemuda itu juga sangat gemar makan makanan yang enak. Ia sangat suka dengan daging. Maka hari ini pemuda itu juga hendak menemui kambing untuk meminta dagingnya.

Pemuda itu Ialu pergi ke padang rumput. Ia menemui rubah yang sedang bersantai di bawah pohon.

“Hai rubah, aku mencarimu ke mana-mana. Rupanya kau di sini," ucap pemuda itu.

"Ada apa kau mencariku.” tanya Rubah, penasaran.

"Aku ingin membuat baju baru yang indah. Aku ingin meminta tolong kepadamu, tolong berikan kulitmu yang indah itu," ucap pemuda itu.

Rubah langsung lari ketakutan. Ia tak mau dikuliti oleh pemuda itu. Si Pemuda pun menjadi heran. Ia sudah meminta baik-baik, tapi kenapa rubah malah lari? Tak mau ambil pusing, pemuda itu kemudian mencari kambing. Ia ingin meminta dagingnya.

"Kambing, bagaimana kabarmu? Aku ingin meminta tolong," ucap pemuda itu.

"Minta tolong apa, wahai pemuda?" tanya kambing, ramah.

"Aku ingin makan daging kambing malam ini. Aku mau minta sedikit dagingmu,"ujar si Pemuda.

Tentu saja Kambing kaget. Langsung saja ia lari meninggalkan si pemuda. Pemuda itu jadi semakin heran. Kenapa kambing itu lari meninggalkannya seperti rubah? Padahal ia sudah memintanya baik-baik.

Dongeng Fabel Cerita Anak Sekolah

Pemuda itu pun pulang tanpa membawa kulit rubah dan daging kambing. Rupanya sulit sekali mendapatkan apa yang ia inginkan ketika harus berusaha sendiri.

Pesan moral dari Cerita Anak Sekolah : Kulit Rubah Dan Daging Kambing (Cina) adalah jangan meminta sesuatu yang orang lain tak ingin memberikannya.

Cerpen Anak Sekolah SD : Raja Yang Suka Peperangan (Cina)

Seorang raja ingin memperluas kekuasaannya. Ia berpikir, untuk memperluas kekuasaan, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah berperang. Sejak saat itu, negerinya terus menerus berperang, menyerang negara-negara lain untuk memperluas kekuasaan.

Hal itu tentu saja membuat rakyat menderita. Ada banyak prajurit yang mati, meninggalkan istri dan anak-anak.Tak hanya itu, ketika berperang, Raja jadi tidak fokus memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

"Aku ingin memperluas wilayahku lagi. Apa ada cara lain selain berperang?" tanya Raja pada suatu hari kepada patihnya.

Selama ini Raja menganggap bahwa dengan berperanglah ia bisa memperluas wilayah kekuasaannya.

"Menurut saya, jika Raja terus berperang, Raja memang bisa memperluas kekuasaan.Tetapi, Raja tidak akan bisa membuat rakyat menjadi makmur," ujar Patih.

"Loh, kenapa? Dengan wilayah yang luas, negeri kita menjadi kaya, dan itu bisa membuat rakyat hidup makmur,"sangkal Raja.

"Taklukkan negara lain dengan kebaikan hati Raja. Dengan cara ini, rakyat akan hidup makmur, damai, dan sejahtera,"terang Patih.

"Menaklukkan kerajaan lain dengan peperangan sama saja memanjat pohon untuk mencari ikan. Sampai kapan pun Raja mencari ikan di pohon itu, Raja tak akan bisa mendapatkannya,"Patih melanjutkan pendapatnya.

 

"Aku akan tetap berperang untuk memperluas kekuasaanku. Aku yakin, jika wilayah kekuasaanku luas, maka rakyatku juga akan makmur,"ujar Raja.

Raja tak menghiraukan perkataan Patih. Ia tetap memilih untuk berperang agar wilayah kekuasaannya bertambah. Akibatnya, rakyat semakin menderita karena sang raja tak memperhatikan kesejahteraan mereka.

Pesan moral dari Cerpen Anak Sekolah SD : Raja Yang Suka Peperangan (Cina) adalah jika ingin memiliki sesuatu, dapatkanlah dengan cara yang terbaik. Cara yang tentunya tak merugikan orang lain.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.