Dongeng Cerpen Beserta Gambarnya Dari Yunani

659 views

Cerpen beserta gambarnya yang kami posting sebagian besar adalah cerita rakyat sederhana yang mudah di mengerti oleh anak-anak. Banyak sekali dongeng anak Yunani yang bagus di ceritakan untuk si kecil. Dua cerita anak ini adalah beberapa diantaranya. Selamat mendongeng.

Cerpen Beserta Gambarnya : Telur Emas (Yunani)

Suatu hari ada sepasang suami istri yang hidup miskin. Mereka membeli seekor ayam betina. Mereka merawat ayam betina itu dengan sangat baik. Suatu ketika, ayam betina itu merasa kasihan dengan sepasang suami istri yang merawatnya, sebab suami-istri itu sudah tak memiliki sepeser uang pun untuk nembeli makan.

"Aku akan bertelur agar mereka bisa membeli nakanan," pikir Ayam Betina.

Hari itu ayam betina bertelur. Bukan sembarang telur, melainkan telur emas! Tentu saja suami istri itu sangat senang. Mereka lalu menjual elur emas itu. Mereka mendapatkan banyak uang dari telur emas tersebut. Mereka nenghabiskan uang itu untuk keperluan mereka.

Melihat majikannya senang, Ayam Betina juga senang. Hampir setiap hari ia bertelur. Suami istri pun menjadi kaya raya. Mereka tak perlu lagi mencari uang dengan susah payah. Mereka juga memiliki makanan yang banyak dan enak.

"Semua itu berkat telur emas ayam kita. Dia harus bertelur tiap hari agar kita tak menjadi orang susah lagi," ucap istrinya.

Semakin hari, mereka semakin boros. Mereka menghambur-hamburkan harta yang mereka peroleh dari telur emas. Hingga mereka lupa memperhatikan ayam betina yang mereka miliki. Ayam itu jarang diberi makan. Tidak heran jika ayam itu menjadi jengkel.

Dongeng Cerpen Beserta Gambarnya

Dongeng Cerpen Beserta Gambarnya

"Kalian sungguh tak bersyukur. Aku sudah bertelur emas setiap hari, kalian justru menghambur-hamburkan uang yang kalian miliki. Kalian juga melupakanku." dengus Ayam Betina.

"Besok aku tak mau bertelur lagi," lanjutnya.

Keesokan harinya, Ayam Betina benar-benar tak bertelur lagi. Begitupun hari-hari berikutnya. Suami-istri itu menjadi khawatir. Semakin lama, harta mereka juga semakin menipis. Itu karena mereka sangat boros.

Suami istri itu pun kembali miskin. Mereka jadi kesal dengan ayam betina."Harusnya kau bertelur setiap hari agar kami tak kembali miskin!" dengus sang suami.

"Dasar ayam bodoh," umpat istrinya, kesal.

"Lebih baik kita potong saja ayam itu. Di dalam perutnya pasti banyak telur emasnya," balas suaminya.

Mata istrinya berbinar. Mereka sepakat untuk menyembelih ayam tersebut. Tetapi setelah disembelih, rupanya di dalam perut ayam itu tak terdapat telur emas. Suami istri itu tentu saja sangat kecewa. Kini, ayam bertelur emas milik mereka telah mati. Mereka tak bisa lagi berharap pada telur emas itu. Ini semua terjadi karena ketamakan mereka. Kalau saja mereka tetap menyayangi ayam itu, pasti ayam betina tersebut akan tetap terus bertelur emas.

Pesan moral dari Cerpen Beserta Gambarnya adalah ketamakan merusak hati dan dapat membuat kita kehilangan sesuatu yang sangat berharga.

Cerpen Anak Beserta Gambarnya : Kisah Anak Tikus (Yunani)

Seekor anak tikus tak pernah keluar rumah. Ya, itu karena ibunya tak pernah mengizinkannya keluar rumah. Ibunya takut kalau anaknya dimangsa oleh kucing yang ganas.

Setiap malam, ibunya selalu bercerita tentang kucing yang nakal. Kucing yang selalu mengejar tikus. Hal itu dilakukannya agar anaknya tahu bahwa ada binatang yang siap memangsanya di luar sana.

"Aku bisa melindungi diriku, Bu," ucap Anak Tikus.

Sebenarnya Ibu Tikus merasa kasihan. Anaknya selalu ingin pergi keluar. Sepertinya di luar sana ada banyak hal yang belum ia tahu. Hingga suatu hari, ibunya mengizinkannya untuk keluar rumah.

"Hati-hatilah, akan banyak bahaya yang mengintaimu," pesan Ibu Tikus.

"baik, Bu." jawab Anak tikus.

Alangkah senang hati Anak Tikus. Ia langsung berlari ke bukit. Wah, pemandangan di atas bukit sungguh indah. Ia juga melihat banyak binatang yang terbang.

"Wah, indah sekali!" ucap anak tikus.

Anak tikus itu melihat seekor ayam jago. Ayam jago itu sedang mencakar-cakar tanah. Anak tikus itu merasa ketakutan.

Cerpen Anak Beserta Gambarnya

Cerpen Anak Beserta Gambarnya

"Sungguh menakutkan binatang itu," guman Anak Tikus.

Bersamaan dengan itu, ia juga melihat binatang yang berbulu dengan ekor yang panjang. Anak Tikus tak tahu bahwa binatang itulah yang disebut kucing. Melihat binatang yang cantik itu, Anak Tikus ingin sekali berteman dengannya.

Kucing mengerjapkan matanya ke Anak Tikus. Anak Tikus hendak mendekati kucing itu. Namun, ayam jago mendekatinya. Anak tikus pun langsung lari ketakutan.

Anak tikus lalu pulang ke rumahnya. Ia menceritakan semuanya kepada ibunya.

"Binatang apakah yang menyeramkan itu, Bu? Aku takut melihatnya. Makanya aku lari, Bu." ucap Anak Tikus.

"Itu adalah ayam jago, Nak. Dialah yang telah menolongmu," ujar ibunya.

Anak Tikus tak memedulikan ucapan ibunya.

"Padahal aku ingin sekali mendekati binatang berbulu lembut itu. Mata binatang itu sangat cantik. Bulu ekornya juga indah," kisah Anak Tikus.

Ibunya tersenyum. Rupanya, anaknya mengira bahwa kucing adalah binatang yang baik padanya.

"Itu adalah kucing, Nak. Untunglah ada ayam jago. Kalau tidak, kau pasti sudah diterkam. Kucing memang terlihat manis saat kau melihatnya. Tapi, itu hanya tipu muslihatnya." ucap ibunya.

"Begitu ya, Bu. Aku telah salah menilai ayam ago itu." sesal Anak Tikus.

"Itu pelajaran untukmu. Jangan menilai sesuatu dari penampilannya. Hatinyalah yang terpenting," kata ibunya.

Sejak saat itu, Anak Tikus mengerti. Ia telah nendapatkan satu pelajaran berharga. Sesuatu yang terlihat galak dan menakutkan, belum tentu ia buruk. Begitupun sebaliknya, sesuatu yang terlihat manis dan baik, belum tentu ia baik.

Pesan moral dari cerpen pendidikan beserta gambarnya adalah jangan menilai seseorang dari penampilannya, tetapi nilailah dari kebaikan hatinya.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.