Dongeng Cerita Rakyat Lengkap Terbaik dari Yunani

500 views

Cerita rakyat lengkap dari seluruh dunia ada di blog ini. Mulai dari legenda rakyat Nusantara sampai dongeng anak dunia semua tersaji di blog dongengceritarakyat.com. Semoga teman-teman suka dengan seluruh cerita anak lengkap yang ada di blog ini.

Cerita Rakyat Lengkap : Petani Dan Gerobaknya (Yunani)

Seorang petani membawa banyak hasil di gerobaknya hingga penuh.

Hari ini jalanan terlihat berlumpur dan becek. Itu karena kemarin turun hujan. Petani itu harus berhati-hati mengemudikan gerobaknya.

Sampailah petani itu di jalanan berlumpur. Ia harus melewati jalan itu bersama gerobaknya. Olala... roda gerobaknya terjebak Iumpur.

"Ayo tarik lebih kuat lagi," seru petani kepada kudanya. Namun, tetap saja kuda itu tak bisa menarik gerobak itu. Isinya terlalu penuh. Si Petani lalu turun dari gerobaknya. Ia duduk termenung sambil memandangi gerobak tersebut.

"Sial sekali aku hari ini. Harusnya aku tak melewati jalanan seperti ini," dengus Petani.

Petani itu terus saja mengeluh. Ia malah tak berbuat apa pun untuk menyelesaikan masalahnya.

"Apa yang harus aku lakukan sekarang? Sepertinya tak mungkin gerobakku bisa keluar dari jalan ini," keluh Petani.

"Aha! Aku harus memanggil Herculles ke sini. Dia adalah orang terkuat yang ada di desaku," ucap Petani.

Dongeng Cerita Rakyat Lengkap

Dongeng Cerita Rakyat Lengkap

Petani itu segera pergi ke desa untuk memanggil Herculles. Kemudian mereka berdua pergi ke gerobak yang terjebak itu. Herculles merasa heran, kenapa masalah seperti itu saja, Petani tak bisa menyelesaikannya sendiri. Padahal harusnya ia tak perlu memanggil Herculles.

"Apa yang sudah kau perbuat untuk mengeluarkan gerobakmu?" tanya Herculles.

"Aku memanggilmu agar kau mengeluarkannya." jawab Petani.

Herculles kesal mendengar jawaban Petani. Rupanya petani itu belum melakukan apa pun untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

"Harusnya kau tinggal angkat roda gerobakmu, lalu kudamu akan menariknya. Kau tak perlu memanggilku untuk masalah yang sebenarnya bisa kau selesaikan sendiri," seru Herculles.

Herculles lalu meninggalkan petani itu sendiri. Petani itu menuruti apa yang diucapkan oleh Herculles. Ia mengangkat roda gerobak miliknya. Olala... kudanya pun langsung menariknya dengan mudah.

"Ah! Harusnya kulakukan ini dari awal." ucap Petani.

Petani lalu mengerti, memang sudah seharusnya ia menyelesaikan masalahnya sendiri. Jangan terlalu bergantung kepada orang lain.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Lengkap : Petani Dan Gerobaknya (Yunani) adalah belajarlah menyelesaikan masalah sendiri. Jangan selalu mengandalkan orang lain.

Dongeng Rakyat Lengkap : Petapa, Harimau, Dan Anjing Hutan (Yunani)

Seekor harimau terperangkap dalam kandang pemburu. Harimau itu tak bisa keluar meskipun ia sudah mengerahkan seluruh kekuatannya. Sungguh marah harimau itu.

"Jika aku keluar nanti, takkan kuberi ampun para pemburu itu,"dengus Harimau.

Harimau melihat seorang petapa lewat. Ia memanggil petapa itu dan meminta bantuannya.

"Aku tidak akan menolongmu. Aku tahu, kau pasti akan memangsaku saat aku mengeluarkanmu," ucap Petapa.

"Aku tidak akan memangsamu. Aku berjanji akan menjadi pesuruhmu jika kau menolongku," pinta Harimau. Harimau itu terus saja memohon hingga petapa melepaskan harimau itu dari kandangnya.

Saat Harimau keluar, ia mengingkari janjinya. Ia malah akan memangsa petapa yang sudah menolongnya. Petapa itu sangat ketakutan.

"Baiklah, aku akan menjadi mangsamu. Tapi, sebelum itu, kita harus temui tiga makhluk untuk menentukan sebuah keadilan." ucap Petapa.

Harimau setuju. Mereka lalu menemui pohon yang rindang untuk bertanya tentang keadilan. Petapa itu menceritakan apa yang terjadi pada mereka.

Dongeng Rakyat Lengkap

Dongeng Rakyat Lengkap

"Kau bertanya tentang keadilan padaku? Kau lihatlah aku. Aku sudah memberikan kenyamanan dan kehidupan yang sejuk kepada manusia. Tetapi, tetap saja manusia memotong ranting-rantingku untuk dijadikan makanan ternaknya," ucap Pohon.

Sungguh Petapa kecewa mendengar penjelasan pohon. Kemudian ia bertanya tentang keadilan pada sebuah jalan. Petapa menceritakan semuanya kepada jalan itu.

"Aku sudah rela dilewati oleh semua orang. Tetapi, lihatlah apa yang aku dapatkan. Mereka malah membuang banyak sampah di sini," ucap jalan.

Harimau sungguh senang mendengar hal itu. Mereka lalu bertemu dengan seekor anjing hutan. Petapa itu sudah pasrah jika memang dirinya harus dimangsa oleh harimau. Ia pun menceritakan semuanya kepada anjing hutan itu.

"Aku tak paham dengan ceritamu. Coba bawa aku ke tempat yang kau sebutkan tadi," ucap Anjing Hutan.

Mereka lalu kembali ke tempat Harimau dan Petapa bertemu. Anjing Hutan meminta agar Harimau menjelaskan lagi peristiwa yang sudah terjadi. Harimau pun mulai memeragakan awal pertemuannya dengan Petapa. Ia masuk ke dalam perangkap lagi agar Anjing Hutan mengerti.

"Aku ada di dalam jebakan seperti ini," ucap Harimau, kesal. Anjing Hutan segera mengunci kandang itu dari luar.

"Hei, apa yang kau lakukan?" teriak Harimau.

"Hewan yang suka ingkar janji seperti kau memang seharusnya tetap berada di dalam kandang pemburu itu," balas Anjing Hutan.

Petapa berterima kasih kepada anjing hutan. Berkat kecerdikan Anjing Hutan, si Petapa pun terbebas dari ancaman harimau.

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Lengkap : Petapa, Harimau, Dan Anjing Hutan (Yunani) adalah berbuat baiklah kepada siapa saja. Dengan begitu, kau akan memiliki banyak teman.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.