Dongeng Cerita Pendek Anak Paud Dari Inggris : Kisah Jack Si Pemalas

Cerita pendek anak PAUD yang kami ceritakan malam hari ini adalah dongeng cerpen yang berasal dari Inggris. Semoga cerita rakyat terkenal dari Inggris ini bisa menginspirasi adik-adik untuk menjadi anak yang rajin belajar.

Dongeng Cerita Pendek Anak Paud Terkenal : Kisah Jack Si Pemalas

Ada seorang anak laki-laki yang tinggal bersama ibunya. Anak laki-laki itu bernama Jack. Setiap hari, ibunya selalu bekerja untuk mencukupi kebutuhan mereka. Sementara Jack hanya duduk bermalas-malasan di rumahnya.

Dongeng Cerita Pendek Anak Paud

Dongeng Cerita Pendek Anak Paud

Melihat hal itu, ibunya menjadi kesal. Jack sudah dewasa, jadi sudah waktunya ia mencari pekerjaan dan menghidupi dirinya sendiri.

"Carilah pekerjaan, jangan malas seperti itu," ucap ibunya.

Hari itu ibunya memarahi Jack. Setelah itu Jack pun bangkit dari tempat duduknya, lalu langsung keluar rumah untuk mencari pekerjaan.

Jack mendatangi rumah pak tani. Di sana ia membantu petani di ladang. Petani itu memberikan upah pada Jack. Sungguh senang hati Jack. Namun karena tak berhati-hati, uang pemberian petani itu jatuh di jalan. Terpaksa Jack pulang tanpa membawa apa pun.

Sesampainya di rumah, Jack bercerita kepada ibunya bahwa uang miliknya hilang.

"Harusnya kau menaruh uang itu di saku bajumu," seru ibunya.

"Lain kali aku akan melakukan itu, Bu," jawab Jack.

Keesokan harinya, Jack kembali bermalas-malasan. Ibunya kembali menyuruh Jack untuk mencari pekerjaan. Jack lalu pergi keluar untuk mencari pekerjaan. Ia bertemu dengan penjual roti. Jack membantu si penjual roti untuk menjajakan roti-roti itu.

Penjual roti memberikan kucing miliknya sebagai imbalan untuk Jack. Jack menggendong kucing itu. Namun, kucing itu terlihat galak. Saat Jack memeluknya, kucing itu malah mencakar tangan Jack.

Jack buru-buru melepaskan kucing itu. Kemudian kucing itu lari entah ke mana. Akhirnya lagi-lagi Jack pulang tanpa membawa apa pun.

"Ibuku pasti akan memarahiku,"  gumam Jack, sedih.

Jack kembali berjalan ke rumahnya. Wajahnya terlihat kusut. Tentu saja, sebab seharusnya ia membawa seekor kucing untuk ibunya. Tetapi, ia tak bisa menjaga kucing itu sehingga kucing itu kabur.

Setibanya di rumah, Jack menceritakan hal tersebut kepada ibunya. Ibunya hanya menggeleng-geleng. Ia merasa anaknya sungguh bodoh.

"Harusnya kau mengikat kucing itu dengan tali. Lalu, kau menuntunnya. Pasti kucing itu tidak akan kabur dan tidak akan mencakarmu," ucap ibunya.

"Lain waktu aku akan melakukan hal itu, Bu," jawab Jack. Kemudian ia pergi ke kamarnya. Ia berniat untuk pergi bekerja lagi besok, dan akan mendengarkan perkataan ibunya.

Keesokan harinya, ibunya tak memarahi Jack. Jack sudah siap pergi bekerja. Setelah sarapan, ia pun Iangsung berangkat.

Hari ini Jack bekerja pada seorang penjual daging. Ia membantu penjual daging memotong hewan. Penjual daging sangat senang. Jack terlihat sangat rajin bekerja. Penjual daging lalu memberikan upah kepada Jack berupa sepotong daging sapi yang besar. Jack sangat senang. Ia teringat dengan perkataan ibunya saat Jack kehilangan kucingnya.

Jack mengikat daging itu seperti seekor kucing. Ia lalu menariknya sampai ke rumahnya. Sesampainya di rumah, daging itu sudah hancur. Ibunya menjadi semakin sedih melihat itu.

"Harusnya kau membawa daging itu, bukan menariknya," keluh ibunya.

"Lain kali akan aku lakukan itu, Bu." ucap Jack.

Cerita Pendek Anak Paud Dari Inggris

Cerita Pendek Anak Paud Dari Inggris

Jack belum bisa membahagiakan ibunya dengan pekerjaannya. Ia selalu gagal mendapatkan sesuatu. Esok ia berharap tidak akan gagal lagi.

Hari ini ibunya mengharuskan Jack memanggul apa pun yang dia dapatkan. Jack hanya mengangguk setuju. Ia akan melakukannya hari ini.

Jack kembali pergi bekerja. Ia bekerja pada seorang peternak keledai. Ia harus memberi makan banyak keledai. Melihat Jack yang bekerja dengan rajin, si peternak memberikan Jack imbalan seekor keledai.

Jack teringat perkataan ibunya. Ia akan memanggul apa yang ia peroleh hari ini. Jack pun memanggul keledai itu. Keledai itu terus saja meringkik dan menendang-nendang pundak Jack. Namun, Jack tak peduli. Ia akan memberikan keledai itu kepada ibunya.

Jalan yang harus dilewati Jack cukup jauh. Ia melewati rumah seorang gadis yang selalu bersedih. Gadis itu tak pernah mau tertawa dan berbicara. Hingga orangtuanya jadi sangat sedih. Selama ini tak ada yang mampu membuat gadis itu tertawa.

Gadis itu sedang duduk di kamarnya. Ia melihat ke arah jendela. Olala... ia melihat Jack yang sedang memanggul seekor keledai. Hal itu terlihat sangat konyol. Keledai itu terus saja menendang-nendang Jack. Namun, Jack sama sekali tak peduli.

Tanpa sadar, gadis itu tertawa. Olala... melihat hal itu, orangtua si gadis sangat senang. Bahkan, gadis itu mau berbicara dan meminta agar Jack dipanggil ke rumahnya. Jack pun segera dipanggil ke rumah gadis itu.

Orangtua gadis itu kemudian meminta Jack untuk menikahi gadis tersebut. Jack sangat terkejut. Tak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa ia akan menikahi gadis yang kaya raya.

Jack lalu pulang ke rumahnya dengan memanggul seekor keledai. Ibunya juga tertawa melihat tingkah Jack. Jack menceritakan semuanya kepada ibunya. Alangkah senang hati sang ibu. Itu artinya Jack akan menjadi orang yang kaya raya. Jadi Jack tak perlu bekerja pada orang lain lagi.

Akhirnya Jack pun menikah dengan gadis itu. Kini hidupnya tak miskin lagi. Jack selalu bisa membuat gadis itu tertawa dengan tingkahnya.

Jack juga membawa ibunya ke rumah barunya. Akhirnya mereka pun hidup bahagia.

Pesan moral dari dongeng cerita pendek anak PAUD adalah

  1. Bekerja keraslah untuk kehidupan yang lebih baik.
  2. Jangan malas bersekolah biar kamu bisa menjadi anak yang pintar

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.