Dongeng Cerita Anak dari Yunani : Beruang dan Lebah

Dongeng cerita anak yang akan kami ceritakan berasal dari kumpulan cerita rakyat Yunani. Sama seperti cerita anak yang berasal dari Yunani lainnya dongeng anak kali ini pun mengandung hikmah yang dapat kita ambil.

Dongeng Cerita Anak : Beruang Dan Lebah

Seekor beruang sedang mencari sarang lebah. Ia ingin mengambil madu kesukaannya. Madu-madu itu hanya bisa ia dapatkan di sarang lebah. Beruang terus berjalan ke dalam hutan. Tetapi tak jua ia temukan sarang madu yang diinginkannya.

"Biasanya di sini banyak sarang madu. Ah, ke mana kau lebah-lebah? Aku membutuhkan madu," ucap Beruang.

Saat sedang beristirahat, Beruang mendongak ke atas pohon. Rupanya di pohon itu ada sarang lebah. Alangkah senangnya hati Beruang.

"Aku harus berhati-hati saat mengambil madu itu," ujar Beruang.

Beruang lalu berdiri dan berjinjit. Ia melongok ke sarang lebah, memastikan tak ada lebah di sana.

Rupanya ada banyak lebah di sana. Beruang lalu mencari cara lain untuk mendapatkan madu itu. Beruang mondar-mandir di bawah pohon. Kawanan lebah yang baru selesai bekerja melihat Beruang. Mereka mengetahui niat beruang yang hendak mengambil sarang mereka.

"Kita harus menyerang beruang itu," seru pimpinan lebah.

Kawanan lebah langsung menyerang Beruang. Diserang seperti itu, Beruang jadi sangat marah.

"Akan aku hancurkan sarang kalian!" teriaknya.

Beruang lalu menggoncang-goncangkan sarang lebah itu. Hal itu membuat lebah yang berada di dalam sarang keluar.

"Hei, apa yang kau lakukan," teriak lebah-lebah itu.

Beruang tak menghiraukan teriakan lebah. Ia terus saja mengguncang-guncangkan sarang lebah tersebut hingga lebah-lebah yang ada di sana keluar semua. Para lebah itu sangat marah. Mereka lalu menyengat beruang secara bersama-sama.

Beruang lari ketakutan. Ia tak bisa membalas serangan lebah yang begitu banyak. Ia terus berlari, namun lebah-lebah itu terus mengejarnya.

Untunglah ada sebuah sungai di hutan. Tak ada cara lain, Beruang pun langsung menceburkan diri ke dalam sungai meskipun ia tak bisa berenang.

Dongeng Cerita Anak

Dongeng Cerita Anak

Melihat beruang berada di dalam sungai. Lebah-lebah itu kembali ke sarangnya. Beruang sangat lega. Akhirnya ia terhindar dari serangan lebah.

"Untunglah ada sungai di sini. Kalau tidak, habislah aku disengat ratusan lebah." ujar Beruang.

Beruang lalu pulang ke rumahnya. Ia mendapatkan pelajaran berharga hari ini, bahwa mengganggu teman itu tak baik.

Pesan moral dari Dongeng Cerita Anak : Beruang Dan Lebah adalah jangan lupa mengganggu teman.

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.