Contoh Dongeng Rakyat Polandia dan Mesir

984 views

Tidak banyak contoh dongeng rakyat yang berasal dari Polandia yang Kakak miliki. Oleh karena itu kakak akan terus mencari contoh cerita rakyat Polandia yang menarik untuk kakak ceritakan kembali pada kalian. Kali ini Kakak akan bercerita contoh dongeng dari Polandia dan Mesir.

Contoh Dongeng Rakyat Polandia : Persahabatan Serigala Dan Bangau

Paza zaman dahulu, serigala dan bangau berteman. Mereka sering menghabiskan waktu bersama. Pada suatu hari, serigala mengundang bangau makan siang di rumahnya.

Contoh Dongeng Rakyat Polandia

"Kuharap kau datang, Bangau." kata serigala. "Aku akan menyediakan daging yang lezat," katanya lagi.

Bangau menerima undangan itu dan pergi mengunjungi serigala. Serigala telah membuat kasha (sejenis masakan asli Eropa Timur terbuat dari lobak) yang lezat dan di sajikan di piring yang lebar.

Bangau berusaha mengambil kasha dengan paruhnya yang panjang. Tetapi, sampai lama dia mematuk-matuk, tidak sedikit pun bisa mengambil kasha.

Sementara itu, serigala dengan tenang memakan kasha. Serigala makan begitu lahap sampai habis. Setelah kasha habis, serigala berkata, "Sangat menyenangkan makan siang bersamamu. Kuharap kita bisa makan bersama lagi," kata serigala.

Bangau kesal dengan perlakuan serigala. la tahu serigala sengaja menyajikan kasha di piring yang lebar agar ia tidak bisa memakannya. "Kau telah mempermainkan aku, Serigala. Tunggu saja pembalasanku!" pikir bangau kesal.

“Terima kasih atas makan siangnya, Serigala," jawab bangau.

"Besok kau juga harus datang ke rumahku untuk makan siang. Biar aku yang ganti menjamu kamu," ajaknya pada serigala.

"Aku akan datang. Aku pasti datang," balas serigala dengan sombongnya.

Esoknya, serigala datang ke rumah bangau. Dia mencium aroma yang lezat. Dalam hati, serigala berpikir, "Bau lezat apakah ini? Pasti makanan enak."

Ketika bangau menyajikannya, dia memasukkan makanan itu ke dalam kendi yang berleher panjang dan bermulut sempit.

"Jangan malu-malu, Serigala," bangau mempersilakannya untuk makan.

Serigala berusaha memasukkan cakarnya ke dalam kendi, tetapi tidak berhasil mengambil makanan itu. Kemudian, dia berusaha memasukkan moncongnya ke dalam leher kendi, hasilnya juga sia-sia. Mulut kendi terlalu kecil untuk moncongnya. Akhirnya, dia hanya bisa mencium bau makanan lezat itu.

Sementara, bangau dengan tenang memasukkan paruhnya yang panjang ke dalam kendi. Dengan nikmat, ia memakan semua hidangan lezat itu.

Ketika makanan sudah habis, bangau berkata, "Sangat menyenangkan kau bisa mengunjungiku. Semoga kita bisa segera saling berkunjung lagi." Bangau berkata demikian disertai tawa kecil puas.

"Aku berhasil membalasnya," pikir bangau.

Serigala sangat malu dan marah mendengar kata-kata bangau. Tanpa mengucap sepatah kata pun, serigala pergi dan membanting pintu. Bangau tertawa senang melihat serigala marah dan kesal.

Pesan Moral dari Contoh Dongeng Rakyat Polandia adalah jangan suka menjahili teman. Temanmu itu bagaikan saudaramu. Kau akan kesepian kalau kehilangan teman. Satu hal lagi, jangan pernah memiliki sifat dendam.

Contoh Cerita Legenda Mesir : Semut Yang Hemat

Di zaman Mesir kuno, ada seorang raja yang adil dan bijaksana. Raja sangat mencintai rakyatnya. Raja juga dikenal sebagai penyayang binatang.

Suatu hari, saat raja berjalan jalan, ia menemui seekor semut. Semut merasa senang dan bangga dikunjungi raja.

"Bagaimana kabarmu, Semut?" tanya sang raja.

"Hamba baik-baik saja, Baginda," jawab semut gembira.

"Dari mana saja kau?" tanya raja.

"Hamba sejak pagi pergi mencari makanan. Tetapi, sampai sekarang belum juga mendapatkannya, Baginda," jawab semut.

"Jadi, sejak pagi kau belum makan?" tanya raja.

"Benar, Baginda," jawab semut kembali.

Raja termenung sejenak. Kemudian berkata, "Hai, semut! Berapa banyak makanan yang kau perlukan dalam setahun?"

"Hanya sepotong roti saja, Baginda," jawab semut.

"Kalau begitu, maukah kau kuberi sepotong roti untuk makananmu setahun?" kata raja.

"Hamba sangat senang, Baginda."

Raja lalu membawa Semut ke istananya. Semut sangat gembira karena ia tidak perlu susah-susah lagi mencari makanan untuk setahun.

"Sekarang, masuklah ke dalam tabung yang telah kuisi sepotong roti ini. perintah sang raja.

"Terima kasih, Baginda. Hamba akan masuk," jawab semut.

"Setahun yang akan datang, tabung ini baru akan kubuka," ujar sang raja lagi.

"Hamba sangat senang, Baginda," kata semut.

Tabung berisi roti dan semut itu pun segera ditutup rapat oleh sang raja. Tutup tabung itu terbuat dari bahan khusus sehingga udara tetap masuk ke dalamnya. Tabung tersebut kemudian disimpan di ruang khusus dalam istana.

Waktu berlalu, akhirnya telah genap setahun. Sang raja teringat janjinya pada semut. Perlahan-lahan, raja membuka tutup tabung.

"Bagaimana kabarmu, Semut?' tanya sang raja.

"Keadaan hamba baik-baik saja, Baginda,"jawab semut.

“Tidak pernah sakit selama setahun di dalam tabung?" tanya raja kembali kepada semut.

"Tidak, Baginda. Keadaan hamba tetap sehat selama setahun," jawab semut dengan tersenyum.

Kemudian, sang raja melihat ternyata roti yang dia sediakan untuk semut masih tersisa separuh.

"Mengapa roti pemberianku kau sisakan separuh?" tanya sang raja.

"Bukankah dalam setahun kau memerlukan sepotong roti. Mengapa tak kau habiskan?" tanya raja kembali pada semut.

"Begini, Baginda. Roti itu memang sengaja hamba sisakan separuh. Sebab, hamba khawatir jangan- jangan Baginda lupa membuka tutup tabung ini. Kalau Baginda lupa membukanya, hamba masih dapat makan roti setahun lagi. Tapi untunglah, Baginda tidak lupa. Hamba senang sekali," jawab semut panjang lebar.

Sang raja terkejut mendengar penjelasaan Semut. Kemudian, ia tersenyum dan berkata "Kau semut yang hebat. Kau dapat menghemat kebutuhanmu. Hal ini akan kusiarkan ke seluruh negeri agar rakyatku dapat mencontohmu. Kalau semut saja dapat menghemat kebutuhannya, mengapa manusia justru gemar hidup boros?"

Pesan moral dari Contoh Cerita Legenda Mesir adalah biasakan hidup hemat dan jangan boros. Jika memiliki uang yang banyak, tabunglah. Jangan dihabiskan hanya untuk memuaskan keinginanmu.

Temukan contoh cerita dongeng terbaik dari seluruh dunia di blog ini, beberapa dongeng terbaik itu bisa anda temukan pada link berikut ini

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.