Contoh Dongeng Nusantara : Fabel Empat Sapi dan Singa

Contoh dongeng Nusantara yang pernah kakak posting sangat beragam jenisnya. Sebagian besar diantaranya adalah fabel namun sebagian lagi adalah parabel, mite, sage dan lain lain. Kali ini kakak akan bercerita satu fabel yang sangat populer, judulnya kisah Empat sapi. Semoga kalian suka dengan dongeng dari kakak saat ini. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Nusantara : Kisah Empat Sapi dan Singa

Tersebutlah empat ekor sapi bersaudara yang hidup rukun dan saling menjaga. Kemanapun mereka pergi, mereka selalu bersama-sama. Seekor singa sudah lama mengincar keempat sapi itu, namun tidak berani mendekati mereka karena kalah jumlah. Selama ini ia hanya mengawasi dari jauh saja, menunggu para sapi itu berpisah. Namun, para sapi hampir tidak pernah berpisah. Penantian singa selalu sia-sia.

"Setiap kali makan, mereka selalu waspada dan saling mengaitkan ekor satu sama lain sehingga aku tidak bisa menyerang mereka dari arah manapun," batin Singa, kesal. Akhirnya ia memutuskan untuk melupakan keempat sapi itu sejenak.

Pada suatu hari, keempat ekor sapi berselisih pendapat, dan semakin lama semakin meruncing sehingga mereka pun mulai bertengkar.

"Rumput di lembah sana lebih enak dan segar, jadi lebih baik kita ke sana saja!" seru sapi pertama.

"Tidak!" sanggah sapi kedua. "Rumput di bukit jauh lebih lebat, hijau, dan empuk. Rumput seperti itu enak sekali. Jadi lebih baik kita ke bukit saja."

"Lembah dan bukit terlalu ramai, jadi kita harus berebutan dengan hewan lainnya," sapi ketiga angkat bicara. "Di balik bukit ada padang rumput yang menghampar luas. Belum banyak hewan yang tahu tempat itu. Jadi lebih balk kita ke sana saja. Makan di sana pasti jauh Iebih nyaman daripada di lembah dan bukit."

"Sudah... sudah! Tidak perlu meributkan hal kecil ini!" seru sapi keempat. "Kita nikmati saja apa yang ada di sini, tidak perlu pindah ke mana-mana! Toh jumlah rumput di sini masih cukup untuk kita berempat meskipun tidak terlalu segar."

"Ah, tidak! Aku tetap ingin pindah ke bukit!" seru sapi kedua.

"Aku ingin pindah ke Iembah!" sahut sapi pertama.

Sapi ketiga tidak mau kalah. la berseru keras, "Aku ingin pindah ke padang rumput di balik bukit!"

"Kalau kalian pindah, kalian akan bertemu singa," sapi keempat menakut-nakuti.

"Aku tidak takut dengan singa!" kata sapi pertama.

Kata sepakat tidak tercapai. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk berpisah dan pergi sendiri-sendiri. Hal ini tentu saja membuat singa senang. Para sapi tidak lagi sekuat dulu, sebab mereka tidak lagi saling menjaga. Singa bukanlah lawan yang sepadan untuk satu sapi. Singa dengan mudah bisa mengalahkannya.

Contoh Dongeng Nusantara Fabel Empat Sapi

Contoh Dongeng Nusantara Fabel Empat Sapi

Singa pergi menuju bukit. Di sana ia menjumpai sapi pertama yang sedang asyik merumput sendirian. "Sungguh mangsa yang sangat empuk," batin singa sambil terkekeh. Kebetulan ia sangat lapar. Secepat kilat singa menyerang sapi pertama yang sedang lengah. Sapi pertama tidak bisa berbuat apa-apa. Tidak ada saudara-saudara yang melindunginya. Akhirnya riwayatnya pun tamat dimangsa singa.

Beberapa hari kemudian, singa pergi ke lembah. Ia sangat lapar, dan karena itu hendak memangsa sapi kedua. Dengan mudah ia bisa melakukannya, sebab sapi kedua hanya sendirian. Tidak ada saudara-saudara yang bisa menolongnya. Hari itu singa berpesta daging sapi yang gemuk dan sangat lezat.

Sapi ketiga dan keempat tidak berbeda nasibnya dibanding kedua saudaranya. Mereka juga tewas dimangsa singa. Sebelum dimangsa, mereka sangat menyesal karena dulu berpisah dengan saudara-saudaranya. Seandainya saja mereka tetap kompak dan tetap saling menjaga seperti dulu, singa pasti tidak akan berani mendekati mereka. Sayang, semua sudah terlambat.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Nusantara : Fabel Empat Sapi adalah

Kisah ini mengandung pelajaran yang sangat penting dan berharga, yakni bahwa persatuan dan kesatuan akan membuat kita kuat. Masalah apa pun bisa kita selesaikan dengan mudah jika kita menghadapinya bersama-sama.  Sebaliknya, jika kitu tercerai-berai, maka kita bisa dikalahkan dengan mudah.

Berbagai kumpulan dongeng anak terbaik sudah kakak terbitkan di blog ini, salah satunya adalah cerita dongeng pendek.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.