Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia dari Skotlandia dan Inggris

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia yang diambil dari Bahasa lain sudah banyak kami posting di blog ini. Kali ini dua cerita rakyat Internasional yang akan kami terjemahkan yaitu yang berasal dari Skotlandia dan Inggris. Mudah-mudahan adik-adik suka dengan kedua dongeng anak dunia ini. Selamat membaca.

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia : Pemakaman Raja Kucing (Skotlandia)

Ada sebuah rumah yang terletak tak jauh dari hutan. Rumah itu adalah rumah dua pemburu bersaudara. Mereka selalu pergi berburu bersama. Dua pemburu itu mempekerjakan seorang nenek untuk mengurus rumahnya. Nenek tua itu memiliki seekor kucing.

Nenek dan kucingnya juga tinggal di rumah dua pemburu itu. Suatu hari, salah satu pemburu jatuh sakit. Ia meminta kakaknya untuk pergi berburu sendirian.

"Baiklah, aku akan membawakan hasil buruan hari ini," ucap kakaknya.

Kakaknya kemudian pergi berburu, sementara sang adik istirahat di rumah. Hingga malam tiba, kakaknya belum juga pulang dari berburu.

"Apa yang terjadi dengan kakakku? Tak seperti biasanya ia belum pulang sampai selarut ini," gumam adiknya yang sedang sakit.

Adiknya duduk di depan perapian. Kucing si nenek juga berada di sampingnya. Kucing itu memang sangat suka duduk di perapian. Menjelang tengah malam, kakaknya baru pulang. Ia pulang dalam keadaan basah kuyup. Usai membersihkan diri, ia menemui adiknya.

"Kenapa kau pulang selarut ini?" tanya adiknya.

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia

Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia

"Aku mengalami kejadian yang aneh hari ini. Saat aku selesai berburu, hujan turun sangat lebat. Tetapi, aku melihat sebuah cahaya terang. Aku mengikuti cahaya itu. Aku tersesat, dan tiba-tiba aku sudah berada di bawah pohon ek. Lalu aku naik ke pohon itu," ucap kakaknya.

"Lalu apa yang terjadi?" tanya adiknya.

"Aku melihat empat ekor kucing yang sedang menggotong peti mati. Di atas peti itu, ada sebuah mahkota yang sangat indah. Sepertinya mereka sedang memakamkan seekor kucing," ujar kakaknya.

Kakaknya lalu melirik ke arah kucing yang berada di perapian. Kucing itu seolah-olah mengerti apa yang dikatakan oleh pemburu itu.

"Setelah itu, aku sudah berada di depan rumahku. Aku benar-benar tak mengerti," ucap kakaknya.

"Yang penting kau selamat," ujar adiknya.

Sementara itu, kucing yang berada di dekat perapian pergi entail ke mana. Olala... rupanya ia hendak pergi ke pemakaman.

"Raja kucing telah mati. Apa yang terjadi padanya?" ujar Kucing. Ia terus berlari menuju pemakaman raja kucing.

Rupanya kucing itu adalah anak raja kucing. Ia harus menggantikan ayahnya menjadi raja kucing selanjutnya.

Pesan moral dari Contoh Cerita Rakyat Bahasa Indonesia : Pemakaman Raja Kucing (Skotlandia) adalah sayangilah kucing yang ada di rumahmu. Beri ia makanan yang cukup.

Cerita Rakyat Pendek : Dick Anak Yang Nakal (Inggris)

Berisik sekali suara di atas atap itu. Itu pasti suara tikus yang sedang berkejaran," ucap Harry. Benar saja, di rumahnya memang banyak sekali tikus. Hal itu membuat Harry susah sekali tidur.

"Besok akan aku tangkap tikus-tikus itu," ucapnya.

Keesokan harinya, Harry memanggil ibunya. Ia minta pada ibunya agar dibelikan perangkap tikus.

"Aku akan membelinya untukmu," ujar ibunya.

"Aku tak mau perangkap yang bisa membunuh tikus-tikus itu, Bu. Aku ingin merawat tikus-tikus itu dengan baik." ucap Harry.

Ibunya lalu membeli perangkap tikus berbentuk kandang. Jadi, tikus-tikus tidak akan mati jika masuk ke kandang itu. Malam harinya, Harry memasang perangkap itu. Ia menaruh keju di dalam perangkap tersebut. Alhasil, banyak tikus yang tertangkap olehnya.

Harry memindahkan tikus-tikus itu ke dalam kandang khusus. Ia akan merawat tikus-tikus itu dengan baik. Sepulang sekolah, Harry selalu memberi makan tikus-tikus itu. Harry menyayangi tikus-tikus itu.

Harry pergi ke sekolah. Di sekolah ada anak yang tak suka dengannya. Namanya Dick. Dick adalah anak yang sangat nakal. Setiap hari ia selalu membuat onar di kelas. Hingga Dick menantang Harry untuk bermain. Harry mengalahkan Dick dalam permainan itu. Sungguh kesal hati Dick.

Cerita Rakyat Pendek Dick Anak Nakal

Cerita Rakyat Pendek Dick Anak Nakal

"Akan kubalas kau," dengus Dick.

Sepulang sekolah, Dick pergi ke rumah Harry. Dick tahu bahwa Harry sedang tak ada di rumah. Dick juga tahu bahwa Harry memiliki banyak tikus di rumahnya. Dick sengaja membawa kucing-kucingnya. Kemudian ia menemui ibu Harry.

"Aku ke sini mau mengambil sesuatu. Aku disuruh Harry," ucap Dick.

Ibu Harry sama sekali tak menaruh curiga. Ia mempersilakan Dick masuk ke kamar Harry. Dick langsung memasukkan kucingnya ke dalam kandang tikus milik Harry. Alhasil, semua tikus dimangsa oleh kucing-kucing Dick. Usai melakukan itu, Dick pamit dengan Ibu Harry.

Sore hari, Harry baru sampai di rumahnya. Harry kaget saat mendapati tikus-tikus kesayangannya telah tiada.

"Siapa yang telah masuk ke kamarku, Ibu?" tanya Harry.

"Dick tadi ke sini. Ia bilang kau yang menyuruhnya. Ia masuk ke kamarmu," jawab ibunya.

Alangkah sedih hati Harry. Rupanya Dick membalas kekalahannya dengan membunuh tikus-tikus milik Harry.

Teman-teman sekolah mereka mengetahui kejahatan yang dilakukan oleh Dick. Sejak saat itu, tak ada lagi yang mau berteman dengan Dick. Kini, Dick selalu sendiri saat di sekolahnya. Ia tak memiliki teman bermain lagi seperti dulu.

Pesan moral dari kumpulan cerita rakyat : Dick Anak Yang Nakal (Inggris) adalah jangan jadi anak pendendam. Kalau kau suka mendendam, maka kau akan rugi sendiri.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.