Contoh Cerita Dongeng Pendek Anak Terbaik dari Yunani

323 views

Contoh cerita dongeng pendek untuk anak terbaik yang layak untuk di ceritakan kepada si kecil sangat banyak di blog dongengceritarakyat.com ini. Semuanya mengandung amanat moral yang bisa di petik. Kali ini kami akan menceritakan contoh cerita fabel terbaik yang berasal dari Yunani. Selamat membaca.

Contoh Cerita Dongeng Pendek : Banteng Yang Berkelahi

Dua ekor banteng sedang berkelahi di sekitar rawa-rawa. Mereka mengadu kekuatan tanduk mereka.

"Aku pasti akan mengalahkanmu." seru Banteng Pertama.

"Kau yang akan aku kalahkan," jawab Banteng Kedua.

Mereka terus saja mengadu kekuatan. Entah apa yang sedang mereka perebutkan. Sementara itu, di sebuah rawa-rawa di dekat perkelahian mereka. Terdapat, sekumpulan keluarga katak. Mereka memang sudah lama hidup di sana.

Beberapa katak melihat perkelahian kedua banteng. Beberapa di antaranya tampak tidak peduli.

"Kenapa kalian harus berkelahi? Hidup damai itu lebih indah." ucap Katak Tua.

Banteng-banteng itu tak menghiraukan perkataan Katak Tua. Katak Tua sungguh sedih melihat mereka berkelahi.

"Tak usah kau urusi perkelahian mereka. Lebih baik kita urus kehidupan kita sendiri." kata Katak Muda.

"Kau tahu, jika mereka tetap berkelahi, keselamatan kita semua akan terancam." balas Katak Tua. Katak Muda malah mendengus kesal.

Katak Tua memang selalu berpikir bijak. Tentu saja, sebab Katak Tua sudah lebih lama hidupnya dibanding katak-katak lain.

Sementara itu, kedua banteng masih terus mengadu kekuatan. Olala... sepertinya akan ada yang kalah di antara mereka.

"Kalian lihatlah banteng itu. Kita dalam bahaya," seru Katak Tua.

Katak-katak bingung mendengar ucapan Katak Tua. Sementara beberapa katak tak terlalu menghiraukan Katak Tua. Mereka pikir Katak Tua terlalu mengada-ada.

"Bukan kami yang ada dalam bahaya, tapi banteng yang hampir kalah itu yang ada dalam bahaya," jawab salah satu katak.

"Kau lihat, banteng yang hampir kalah itu. Banteng musuhnya akan mendorongnya ke rawa-rawa ini. Itu artinya banteng tersebut akan jatuh ke rawa ini dan mengenai kita," kata Katak Tua.

Tetapi, katak-katak itu bepikir bahwa banteng itu jauh dari mereka. Tak mungkin banteng musuhnya bisa mendorong banteng yang hampir kalah itu sampai ke rawa-rawa, pikir mereka.

Katak Tua sudah berusaha memberi tahu katak-katak lain tentang bahaya yang bisa menimpa mereka. Sayang, mereka malah mengabaikan ucapan Katak Tua. Demi menyelamatkan diri dari perkelahian kedua banteng, Katak Tua pun pergi menjauh dari rawa-rawa itu.

Bruk! Benar saja, banteng yang hampir kalah terdorong ke rawa-rawa. Beberapa katak tertimpa tubuh banteng itu. Banteng tak tahu bahwa di sana ada sarang para katak.

contoh cerita dongeng pendek

contoh cerita dongeng pendek

Usai mengalahkan musuhnya, banteng yang satu pergi meninggalkan banteng yang kalah. Katak Tua segera menghampiri banteng yang kalah dan memberi tahunya bahwa banteng itu telah menimpa teman-temannya di rawa.

"Karena perkelahianmu, kau merugikan makhluk lain. Bagaimanapun, perkelahian bukanlah hal yang baik, entah bagi dirimu sendiri maupun teman di sekitarmu," ucap Katak Tua.

Banteng buru-buru bangkit. Namun, sudah terlambat. Ada beberapa katak yang tidak terselamatkan. Itu karena mereka tidak mendengarkan perkataan orang tua.

Pesan moral dari Contoh Cerita Dongeng Pendek : Banteng Yang Berkelahi adalah dengarkanlah selalu nasihat orangtua

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.