Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang Terbaik

2989 views

Cerpen dongeng anak anak Jepang banyak sekali yang seru dan menarik. Beberapa diantaranya Kakak posting pada artikel sebelumnya yang berjudul Kumpulan Cerpen Dongeng Anak Jepang. Sebagian cerita rakyat pendek Jepang terbaik kakak posting malam hari ini sebagai dongeng sebelum tidur. Selamat membaca.

Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang : Shiro, Anjing Penemu Harta Karun

Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang

Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang

Dahulu kala, di sebuah desa, hiduplah seorang bapak tua yang baik hati. la mempunyai tetangga seorang bapak tua yang jahat.

Bapak tua yang baik mempunyai seekor anjing bernama Shiro. la sangat menyayangi Shiro. Sebaliknya, tetangganya yang jahat sangat benci pada Shiro. la sering melempari Shiro dengan batu.

Suatu hari, Shiro menggonggong di halaman belakang rumah bapak tua yang baik. Bapak tua yang baik mendatanginya. Shiro mulai menggali tanah.

"Apakah kau ingin aku membantumu menggaIi?" tanya bapak tua yang baik. Lalu, ia mengambil sekop dan ikut menggali. Tidak lama, ia menemukan peti harta karun berisi emas dan permata yang banyak sekali. la pun berterima kasih kepada Shiro.

Bapak tua yang jahat ternyata mengintip kejadian tersebut. la juga ingin mendapatkan harta karun seperti tetangganya itu. Keesokannya, ia meminjam Shiro.

"Tentu saja engkau boleh meminjam Shiro jika bisa bermanfaat untukmu," kata bapak tua yang baik.

Bapak tua yang jahat membawa Shiro ke halaman belakang rumahnya. "Sekarang, carikan aku harta karun juga," perintah bapak tua jahat kepada Shiro. "Atau aku akan memukulmu," ancamnya.

Shiro pun mulai menggali di suatu tempat. Si bapak tua jahat mengikat Shiro dan meneruskan menggali di tempat yang digali Shiro. Tapi, ia tidak menemukan harta karun, justru mendapat sampah yang berbau busuk. Itulah balasan bagi orang yang jahat dan suka menyiksa binatang.

Pesan Moral dari Cerpen Dongeng Anak Anak Jepang adalah Rawat dan sayangi binatang peliharaanmu. Jadilah orang yang baik. Orang yang baik akan mendapatkan kebahagiaan dan rahmat yang berlimpah dari Tuhan.

Contoh Cerita Pendek Dongeng Anak Jepang : Balas Budi Patung Jizo

Contoh Cerita Pendek Dongeng Anak Jepang

Contoh Cerita Pendek Dongeng Anak Jepang

Dahulu kala, hiduplah seorang bapak tua pembuat topi jerami di sebuah desa di Jepang. la dan istrinya hidup miskin sekali.

"Sebentar lagi tahun baru. Andai saja kita punya kue nasi untuk merayakan malam tahun baru," kata bapak tua pada istrinya. Sayangnya, tidak satu pun topi jerami dagangannya terjual.

Di tengah perjalanan pulang, ia melihat enam patung batu Jizo tertutup oleh salju. Jizo adalah dewa pelindung anak-anak.

"Kasihan sekali," katanya dalam hati. Lalu, ia memakaikan semua topi jerami dagangannya ke kepala patung Jizo. Namun, topinya hanya ada lima, tidak cukup untuk enam patung Jizo. Bapak tua pun melepas topi yang ia pakai dan memakaikannya ke patung yang keenam. Setelah itu, ia bergegas pulang.

Saat bapak tua tiba di rumah, istrinya melihat bapak tua tidak memakai topi. la pun bertanya, "Apa yang kau lakukan dengan topimu?"

Bapak tua menceritakan pada istrinya tentang patung Jizo.

"Jangan gundah suamiku, perbuatan baikmu melebihi ratusan kue nasi," kata sang istri.

Malam semakin larut, bapak tua dan istrinya pergi tidur. Saat mereka tertidur, terdengar nyanyian di kejauhan, "Seorang bapak tua yang baik berjalan patung Jizo. Jadi, kami akan memberinya hadiah malam ini."

Bapak tua dan istrinya kaget mendengar suara itu. Mereka segera bangun dan berlari ke pintu depan. Lalu, mata mereka terbelalak melihat kue nasi yang besar tersaji di depan pintu. "Ini kue nasi terbesar yang pernah aku lihat," kata bapak tua.

"Siapa yang berbaik hati memberi kue nasi.” katanya kembali sambil melihat ke jalan.

Di jalan, hanya ada jejak yang panjang. Itu adalah jejak enam patung batu Jizo.

"Kau berbuat baik pada patung Jizo. Kini, mereka memberikan kue nasi ini sebagai tanda terima kasih," kata istrinya. Akhirnya, bapak tua dan istrinya bisa merayakan malam tahun baru dengan melahap kue nasi yang besar dan lezat.

Pesan moral dari Contoh Cerita Pendek Dongeng Anak Jepang adalah Sayangi dan berbuat baiklah terhadap semua makhluk Tuhan. Orang yang berbuat baik pasti suatu saat menuai kebaikan pula.

Baca cerpen anak bergambar terbaik di blog ini pada artikel kami berikut ini Cerita Rakyat Pendek : Kisah Keong Mas dan Cerita Pendek Hewan : Anak Burung Unta Dan Ibunya

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.