Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek

3179 views

Cerpen cerita rakyat dunia yang kakak posting adalah cerpen dongeng dongeng terbaik dari berbagai negara di seluruh dunia. Pada hari ini Kakak bercerita dua cerita rakyat pendek dari Jepang dan Inggris. Kedua koleksi cerita rakyat Dunia ini masing-masing memiliki pesan moral yang sangat baik untuk adik-adik. Yuk kita baca bersama-sama

Cerpen Cerita Rakyat Dari Inggris: Jack Si Pemalas

Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek

Cerpen Cerita Rakyat Dunia Pendek

Jack hidup bersama ibunya. Mereka hidup miskin. Tapi Jack malas bekerja. Setiap hari, ia hanya tidur-tiduran saja. Itulah mengapa orang memanggilnya Jack si Pemalas.

"Kalau kamu tidak mau bekerja, lebih baik pergi!" ancam ibunya. Jack ketakutan dan memutuskan untuk bekerja.

Hari itu, Jack bekerja di ladang tetangganya. la diberi upah satu sen. Sayangnya, ia menghilangkan uang itu. "Kamu ini bodoh. Seharusnya kamu masukkan uangnya ke dalam kantong celana," kata ibunya.

"Aku akan melakukan itu lain kali, Bu," jawab Jack.

Esoknya, Jack bekerja di peternakan sapi. la diberi upah sebotol susu. Jack memasukkan botol susu ke kantung celananya seperti pesan ibu.Tanpa dia sadari, susunya tumpah saat Jack berjalan.

"Ya ampun, Jack. Kamu ini bodoh sekali," kata ibunya. "Seharusnya kamu memanggul botol susu itu di atas bahumu."

"Aku akan melakukan itu lain kali, Bu," jawab Jack ketakutan.

Esoknya lagi, Jack bekerja di peternakan keledai. Jack diberi upah seekor anak kambing. la memanggul anak kambing itu di bahunya sesuai pesan ibunya. Jack kesulitan melakukannya karena anak kambing itu terus menendang-nendang. Meski demikian, dengan susah payah ia berhasil membawa anak kambing itu pulang.

Pada saat bersamaan, seorang gadis bisu dan tuli tertawa terpingkal-pingkal melihat tingkah Jack. Gadis itu tidak pernah tertawa seumur hidupnya. Dokter mengatakan, gadis itu akan bisa berbicara jika seseorang membuatnya tertawa.

Orangtua si gadis yang kaya raya sangat senang dengan kesembuhan anaknya. Mereka pun menikahkan anaknya dengan Jack si Pemalas. Akhirnya, Jack dan istrinya hidup bahagia selamanya.

Pesan Moral dari Cerpen Cerita Rakyat Dari Inggris: Jack Si Pemalas adalah Jangan jadi anak pernalas. Tidak semua orang seberuntung Jack. Dan keberuntungan seperti Jack hanya ada di dalam dongeng. Dalam kehidupan nyata, kamu harus rajin agar pintar dan sukses.

Dongeng Cerpen Pendek : Orang Pintar Dan Muridnya

Dongeng Cerpen Pendek Orang Pintar Dan Muridnya

Dongeng Cerpen Pendek Orang Pintar Dan Muridnya

Kumpulan Cerita Rakyat Inggris

Ada seorang pintar yang tinggal di kota Yorkshire, Inggris. la mempuyai "Kitab Hitam". Kitab itu berisi

tentang cara memanggil malaikat dan iblis. Kitab itu sangat berbahaya. Karenanya, ia menyimpan buku itu di kamar pribadinya yang selalu dikunci agar aman.

Orang pintar itu mempunyai seorang murid. la sudah melarang muridnya itu masuk ke kamar pribadinya. Tapi, larangan itu justru membuat si murid penasaran.

Suatu hari, saat si orang pintar pergi ke kota, si murid masuk ke dalam kamar pribadi sang guru yang kebetulan tidak terkunci. Setelah masuk, ia melihat "Kitab Hitam" di atas meja. la membuka halaman kitab itu.

Tulisannya menggunakan tinta merah. Kalimatnya tidak dimengerti oleh si murid. Tapi, ia tetap mengejanya. Selesai si murid mengeja, tiba-tiba ruangan terisi asap dan halilintar menyambar.

Setelah asap hilang, terlihat sosok menakutkan di depan si murid. la adalah Beelzebub, iblis nomor dua setelah Lucifer. la datang Iangsung dari neraka Jahanam. Ternyata, secara tidak sengaja si murid telah memanggil Beelzebub.

"Berikan aku tugas! Kalau tidak, aku akan mencekikmu," kata Beelzebub.

Si murid ketakutan. "Si...si...siram bunga itu...!" jawab si murid sekenanya.

Beelzebub Iangsung pergi membawa air dan menyirami bunga di dalam kamar. Beelzebub terus menyiram bunga. Lama-lama, air mulai memenuhi ruangan.

"Cukup! Cukup!" teriak si murid. Tapi, Beelzebub tidak mau berhenti.

Si murid tidak tahu bagaimana cara menghentikan Beelzebub. Air sudah mulai naik sampai dada. Si murid takut jika Beelzebub tidak berhenti, seluruh Yorkshire akan tenggelam.

Sementara itu di kota, si orang pintar teringat belum mengunci kamar pribadinya dan menyimpan "Kitab Hitam" dengan baik. la pun memutuskan kembali. Saat tiba di rumahnya, air sudah setinggi mulut muridnya. la segera membaca mantra untuk mengembalikan Beelzebub ke neraka. Si murid pun meminta maaf atas kebodohannya

Pesan Moral dari Dongeng Cerpen Pendek : Orang Pintar Dan Muridnya adalah dengarkan dan patuhi nasihat gurumu. Jangan coba-coba hal yang belum kamu mengerti benar. Ingatlah, kebodohan akan berakibat bencana.

Contoh Cerita Pendek Jepang : Prajurit Pemberani

Contoh Cerita Pendek Jepang

Contoh Cerita Pendek Jepang

Suatu ketika, saat seorang prajurit hendak menyeberangi sebuah jembatan, la melihat seekor ular di tengah jembatan.

Namun, ia tidak takut pada ular itu sehingga melanjutkan langkahnya dan akan menginjak ular itu.

Ketika kaki prajurit hampir menginjak ular, mendadak ular itu menghilang dan berubah menjadi seorang manusia kerdil. "Akhirnya aku menemukan seorang pemberani," kata manusia kerdil.

"Kau tahu, hanya engkau saja yang berani menyeberang. Sekarang, maukah engkau menolongku?"

"Aku prajurit kaisar. Tugasku menolong siapa pun yang membutuhkan. Katakan apa masalahmu, Tuan? Semoga saja aku bisa membantumu," jawab prajurit.

"Ada seekor lipan raksasa yang jahat. la suka mencelupkan ribuan kaki berbisanya ke dalam danau. Akibatnya, semua ikan di danau mati. Aku sedang mencari cara untuk menyelamatkan ikan- ikanku," kata manusia kerdil.

"Baiklah, aku akan berusaha menolongmu," kata prajurit.

Lalu, mereka berdua pergi ke danau. Di tengah jalan, mereka mendengar suara yang sangat keras. "Itu suara lipan raksasa," kata manusia kerdil.

"Kita harus cepat ke sana," Ianjutnya.

Mereka pun segera berlari ke pinggir danau. Benar saja, seekor lipan raksasa hampir sampai di danau. Sang prajurit langsung memanahnya. Namun, tidak mempan. Lagi-Iagi, ia memanah, tapi panah tersebut tidak mampu melukai lipan raksasa.

Anak panah miliknya tersisa satu. Lipan raksasa pun hampir memasukkan kakinya ke danau. Saat itulah sang prajurit teringat pesan kakeknya. "Jika ingin membunuh monster, basahilah kepala anak panah dengan air liurmu."

la segera menjilat anak panahnya dan melesatkan anak panah ke kening lipan. Seketika itu juga, lipan tewas.

Pesan Moral dari Contoh Cerita Pendek Jepang : Prajurit Pemberani adalah jadilah anak pemberani. Jangan mudah takut pada sesuatu, tapi berhati-hatilah. Kemudian, tolonglah orang sedang membutuhkan pertolongan dan ingat seIalu pesan orangtuamu.

Baca cerita pendek bahasa indonesia lainnya pada artikel berikut Contoh Cerpen Legenda : Kisah Batu Kuyung dan Kumpulan Cerpen Legenda : Putri Pinang Gaming

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.