Cerpen Anak Sebelum Tidur – Fabel Prancis Dan Yunani

Dua Cerpen Anak Sebelum Tidur yang kakak ceritakan kali ini merupakan dongeng fabel yang berasal dari Prancis dan Yunani. Baca ceritanya hingga selesai, maka kalian akan menemukan pesan moral didalamnya. Selamat membaca.

Cerpen Anak Sebelum Tidur : Anak Rubah Belajar Berburu (Prancis)

Hari ini Ayah Rubah membawakan makanan untuk anaknya. Ia belum pernah mengajak anaknya berburu. Baginya, anaknya masih terlalu kecil. Anak Rubah harus berlatih dulu dengan ayahnya. Hal itu membuat Anak Rubah kesal. Padahal,  ia berani berburu sendiri, bahkan tanpa ditemani ayahnya.

"Mulai besok kau akan Ayah ajari cara berburu. Ayah akan mengawalmu saat berburu;" ujar Ayah Rubah.

"Tapi Ayah, aku tak usah kau kawal. Aku bisa dan berani berburu sendiri," jawab Anak Rubah. Tetapi, tetap saja Ayah Rubah tak membolehkan anaknya berburu sendiri. Ia takut Anak Rubah tertangkap para pemburu, dan hal itu sangat berbahaya.

Saat Ayah Rubah tidur, rupanya Anak Rubah diam-diam pergi berburu sendiri. Ia ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa  ia bisa berburu.

Anak Rubah berhasil menangkap seekor ayam yang besar. Ia pun pulang ke rumah dengan bangga." Akan aku tunjukkan hasil tangkapanku ini kepada Ayah," gumamnya.

Cerpen Anak Sebelum Tidur : Anak Rubah

Cerpen Anak Sebelum Tidur : Anak Rubah

Sementara itu, Ayah Rubah sedang gelisah. Ia khawatir dengan Anak Rubah. Saat Anak Rubah pulang, sang Ayah malah memarahinya.

"Kau tahu ini masih siang. Tak baik berburu saat siang. Kau bisa tertangkap oleh peternak ayam," seru Ayah Rubah.

"Buktinya aku tak tertangkap, Ayah." sangkal Anak Rubah. "Aku malah membawa ayam ini untukmu."

"Tetapi tetap saja kau tak boleh seperti itu lagi. Nanti malam Ayah akan ajak kau untuk berburu ayam kalkun," ucap Ayah.

Anak Rubah pun menunggu sampai malam. Akhirnya,  ia pergi berburu dengan ayahnya. mereka pergi ke peternakan penduduk. Di sana ada seekor kalkun yang sangat besar.

"Ayo Ayah, tangkap kalkun itu," bisik Anak Rubah.

Ayah Rubah memandang ke sekeliling. Duh, Anak rubah sudah tak sabar untuk menangkap ayam kalkun itu. Kenapa ayahnya harus menunggu lama, toh ayam kalkun itu sudah ada di depan mata, pikir Anak Rubah. Maka tanpa berpikir panjang, Anak Rubah pun langsung menangkap kalkun tersebut. Dan... aww... Anak Rubah terkena jebakan yang dibuat peternak!

Ayah Rubah segera menolong anaknya. Kemudian mereka lari kembali ke rumah.

"Itulah kenapa Ayah melarangmu pergi berburu sendiri. Kau harus lebih hati-hati setelah ini," nasihat Ayah Rubah.

Anak rubah pun meminta maaf. Ia berjanji akan selalu mendengarkan perkataan ayahnya

Pesan Moral Dari Cerpen Anak Sebelum Tidur : Anak Rubah Belajar Berburu (Prancis) adalah jika orangtua sedang menasihati, maka dengarkanlah dengan baik. Pasti ada pelajaran yang bisa diambil dari nasihat itu.

Kumpulan Cerpen Legenda : Anjing Yang Serakah (Yunani)

Suatu hari, ada seekor anjing yang sedang mencari makan. Ia melihat sepotong daging di dapur warga. Anjing itu pun langsung mengambil daging itu dan berlari menuju rumahnya.

"Aku harus cepat-cepat membawa daging ini. Sepertinya daging ini enak sekali." pikir Anjing.

Rumah Anjing terletak tak jauh dari Sungai. Ia membawa daging tersebut dengan cara menggigitnya. Ketika melewati sungai, anjing itu melihat bayangannya sendiri di permukaan air.

"Wah, bayangan siapa itu? Rupanya ada anjing lain di sini." batin Anjing.

Si Anjing tak sadar bahwa bayangan itu adalah bayangan dirinya sendiri. Ia pikir, itu adalah anjing lain yang membawa sepotong daging yang lebih besar. Anjing itu pun lantas berpikir bahwa ia harus mendapatkan daging yang lebih besar itu.

"Pokoknya dengan cara apa pun, aku harus mendapatkan daging yang lebih besar itu," batin Anjing.

Kumpulan Cerpen Legenda : Anjing Yang Serakah

Kumpulan Cerpen Legenda : Anjing Yang Serakah

Dengan masih menggigit daging yang ia dapatkan, si Anjing menakut-nakuti anjing yang ada di dalam air, yang tak lain adalah bayangan dirinya sendiri. Tetapi, anjing di dalam air sama sekali tak terlihat gentar. Ia melakukan hal yang sama dengan yang si Anjing lakukan. Begitu seterusnya. Si Anjing mengejek anjing yang ada di dalam air, namun yang dilakukan anjing di dalam air pun sama. Ia juga mengejek si Anjing.

Si Anjing menjadi sangat marah. Ia langsung menyerang anjing di dalam air sehingga ia tercebur ke dalam sungai. Sadarlah ia bahwa tak ada anjing di dalam sungai. Sementara itu, daging yang tadi digigitnya hanyut terbawa arus sungai.

Jika saja anjing itu puas dengan apa yang  ia dapat, pasti ia bisa makan enak di rumahnya. Ah, kesialan itu terjadi karena ia begitu serakah. Selalu menginginkan sesuatu yang lebih sehingga malah kehilangan apa yang ia miliki.

Pesan moral dari contoh cerpen legenda Anjing Serakah adalah sifat serakah sangat tak baik. Syukurilah apa yang kamu miliki, jangan mengharapkan sesuatu yang bukan hakmu.

Baca cerpen cerita rakyat terbaik lainnya padaposting kami berikut ini cerpen dongeng anak

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.