Fabel Cerita Rakyat Terpopuler : Kelebihan Kura-Kura

Sebenarnya kisah mengenai kelebihan Kura-kura belum termasuk kedalam cerita rakyat terpopuler. Namun fabel ini cukup disukai oleh anak-anak dan mengandung pesan moral yang cukup baik. Untuk mengisi waktu luang cerita ini cukup seru untuk dibaca.

Fabel Cerita Rakyat Terpopuler : Kisah Kelebihan Kura-Kura

Suatu hari, Kura-kura akan menyantap makan siangnya. Seekor Ikan yang sangat segar. Namun, belum sempat ia memakannya. Tiba-tiba, Kucing menghampirinya dan mengambil Ikan tersebut. Akhirnya, Kucing pun berhasil mengambil makanan milik Kura-kura. Dengan sekuat tenaga, Kura-kura berlari mengejar Kucing.

‘’ Kucing, jangan lari kau. Kembalikan Ikanku!’’ ujar Kura-kura dengan napas yang tersengal-sengal.

‘’ Jika kau bisa mengejarku, aku akan mengembalikan Ikan ini.  Ayo cepat kejar. Hahaa. Jika kau tidak bisa mengejarku, Ikan ini akan menjadi milikku’’ Sahut Kucing mengejeknya dan pergi meninggalkan Kura-kura.

Kura-kura pun berhenti mengejar Kucing. Karena kelelahan, ia pun memutuskan untuk beristirahat dibawah pohon. Namun, datanglah Elang sahabatnya.

‘’ Kura-kura? Mengapa napasmu tersengal-sengal seperti itu?’’ Tanya Elang.

‘’ Aku sedang mengejar Kucing. ia mengambil Ikan santapanku siang ini.’’ Ujar Kura-kura mengeluh.

‘’ Kamu sudah menangkapnya?’’ Tanya Elang.

‘’ Tidak, mana mungkin aku bisa mengejarnya. Lariku sangat lambat. Aku sama sekali tidak berguna, kakiku sangat pendek, gerakkanku yang lambat dan aku pun tidak mempunyai kelebihan yang bisa dibanggakan.’’ Ujar Kura-kura sedih.

‘’ Kau tidak boleh putus asa teman. Kau pasti mempunyai kelebihan. Suatu saat kau akan tahu apa kelebihanmu.’’ Ujar Elang menghiburnya dan terbang tinggi meninggalkan Kura-kura.

Setelah Elang terbang sangat jauh. Kura-kura pun berpikir apa yang sudah dikatakan Elang barusan.

‘’ Apa mungkin aku juga memiliki kelebihan seperti hewan lainnya?’’ ujar Kura-kura dalam hatinya.

Kura-kura pun berpikir apa kelebihan yang dimilikinya. Namun, sampai malam tiba ia sama sekali tidak menemukan jawabannya. Akhirnya, Kura-kura pun tidur terlelap karena kelelahan. dalam tidurnya, ia bermimpi mengikuti sebuah perlombaan lari. Banyak sekali binatang yang mengejeknya.

‘’ Kura-kura, sudahlah kau tidak mungkin menang.  Hahaaa!’’ Ujar Kucing mengejeknya.

‘’ Kura-kura tidak mungkin sampai garis finis, aku sangat yakin.’’ Sahut Anjing.

cerita rakyat terpopuler kelebihan kura-kura

cerita rakyat terpopuler kelebihan kura-kura

Melihat Kura-kura mengikuti lomba, semua binatang pun ikut tertawa mengejeknya. Namun, Kura-kura sama sekali tidak peduli. Ia tetap mengikuti perlombaan. Tidak lama kemudian semua perserta lomba lari sudah bersiap di tempatnya masing-masing. Aba-aba pun mulai dibunyikan. Anjing memimpin paling depan. Dibelakang Anjing, terlihat Kucing dan Kambing. Jarak mereka bertiga tidak terlalu jauh. Sementara Kura-kura, sangat tertinggal jauh.

‘’ Huuhuuuu, menyerahlah Kura-kura!’’ ejek seluruh binatang.

Kura-kura tidak meu menyerah, ia terus berusaha mengejar peserta lainnya. namun, pada saat ia melewati jalan yang menurun. Kakinya tersandung sebuah akar pohon. Ia tidak sempat mengindari akar pohon tersebut. tubuhnya pun langsung terbalik, keempat kakinya berada diata. Tanpa pertahanan. Tubuh Kura-kura meluncur kebawah dengan sangat cepat. Kura-kura kebingungan. Namun, ditengah kebingungannya tiba-tiba cangkangnya terbentur batu yang cukup besar.

‘’ Auuww,’’ teriak Kura-kura kesakitan. Tubuhnya pun melayang dengan sangat cepat.

Pada saat ia melayang, ia sama sekali tidak mengetahui bahwa dirinya sudah melewati Kucing, Kambing dan Anjing.

‘’ Hei coba lihat. Itu Kura-kura kan?’’ teriak Kucing terkejut pada saat melihat Kura-kura.

‘’ Mana bisa ia berada didepan kita? Ia sangat cepat!’’ ujar Kambing yang juga terrkejut.

Garis finis hanya beberapa meter lagi. Sementara, Kura-kura sudah melewati peserta lainnya. akhirnya, Kura-kura berhasil melewati garis finis. Namun, karena ia tidak bisa mengehentikan tubuhnya. Kura-kura pun menabrak pohon yang tepat didepannya.

‘’ Klotaak, Aduuuuh!’’ teriak Kura-kura kesakitan.

Ia jatuh menimpa sebuah batu-batu besar yang runcing ditepi sungai. Kura-kura pun langsung terbangun dari mimpinya itu. Pada saat ia terbangun, ia pun memikirkan mimpinya dan menyadari kelebihan yang dimilikinya.

‘’ Untung hanya sebuah mimpi dan cangkangku sangat keras dan kuat. Jika tidak, tubuhkan dapat dengan mudah terluka. Benar sekali yang dikatakan Elang. Bahwa akupun mempunya kelebihan.’’ Ujar Kura-kura senang.

Setelah ia mengetahui kelebihannya. Ia pun tidak sedih lagi dan tidak merasa iri karena tidak dapat berlari secepat Kucing. Namun, ia sangat bangga dengan cangkangnya.

Pesan moral yang dapat dipetik dari Cerita Rakyat Terpopuler : Kelebihan Kura-Kura adalah kita harus bersyukur dengan semua yang kita miliki. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Simpan

Simpan

Simpan

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.