Cerita Rakyat Terkenal dari Cina

774 views

Pagi hari ini kami akan memposting dua cerita rakyat terkenal yang berasal dari negeri tirai bambu. Negeri ini memang sangat terkenal kebudayaannya. Berbagai kisah legenda menarik berasal dari negeri yang satu ini. Saat ini sendiri Cina merupakan salah satu raksasa ekonomi dunia.

Cerita Rakyat Terkenal : Takut Dengan Bayangan Sendiri

Ada seorang pemuda yang ketakutan saat melihat bayangannya sendiri padahal, dalam keadaan terang, tentu saja setiap benda memiliki bayangan.

Suatu ketika, pemuda itu berjalan di tengah terik matahari. Tak hanya takut dengan bayangannya, ternyata ia juga takut dengan jejak kakinya. Aneh

Saat sedang asyik berjalan, ia menoleh ke belakang. Olala... ada bayangan hitam yang mengikutinya. Padahal itu adalah bayangannya sendiri.

"Aku harus segera lari agar bayangan itu tak mengikutiku terus-menerus," ujar pemuda itu.

Pemuda itu lalu berlari dengan kencang. Saat sedang berlari, sesekali ia menoleh ke belakang. Tentu saja bayangan dirinya masih mengikutinya.

Cerita Rakyat Terkenal dari Cina

"Aduh, bayangan itu terus saja mengikutiku. Padahal, aku sudah Iari dengan sangat cepat," gumam pemuda tersebut."Kalau begitu, aku harus lari dengan Iebih cepat lagi.”

Pemuda itu berlari lagi. Kali ini Iebih cepat daripada sebelumnya. Orang-orang yang melihatnya pun menjadi bingung.

"Apa yang mengejarnya sehingga ia lari begitu cepat?" ujar salah satu orang, keheranan.

"Iya, aneh sekali. Padahal tak ada siapa pun yang mengejarnya.” jawab orang lainnya.

Pemuda itu terus saja berlari hingga kelelahan, sampai-sampai tak bisa berjalan lagi. Namun, tetap saja bayangan dirinya masih ada bersamanya. Pemuda itu lalu memutuskan untuk beristirahat sejenak.

Setelah merasa cukup beristirahat, pemuda itu melihat ke sekeliling. Olala... di dekatnya masih ada bayangannya sendiri. Ia masih tetap berpikir bahwa bayangan itu adalah sesuatu yang sedang mengejarnya. Maka ia pun bangkit berdiri, lalu berlari lagi menuju rumah.

Sesampainya di rumah, suasana rumah cukup gelap. Di sanalah pemuda itu tak menemukan bayangannya lagi.

“Apa bayangan itu takut gelap sehingga tak mengikutiku lagi saat aku sedang berada di tempat yang gelap.” gumam pemuda tersebut.

Begitulah orang yang tak pernah mau belajar. Kepada dirinya sendiri pun ia tidak mengenali. Sebaliknya, orang yang cerdas adalah orang yang mau terus belajar untuk menjadi yang lebih baik

Pesan moral dari Cerita Rakyat Terkenal : Takut Dengan Bayangan Sendiri adalah untuk mengetahui banyak hal, syaratnya harus belajar dan belajar. Ayo semangat belajar

Dongeng Rakyat Populer : Pilihan Sulit( (Cina)

Suatu hari, beberapa penduduk hendak pergi ke suatu tempat. Mereka harus menyeberangi sungai untuk sampai ke Mereka kemudian menyewa sebuah perahu. Desa yang hendak mereka tuju cukup jauh Butuh waktu agak lama untuk sampai ke sana.

Dalam perjalanan, perahu yang mereka tumpangi mengalami kebocoran. Perahu itu kemudian terbalik. Orang-orang tentu saja tak bisa menyelamatkan harta bendanya

"Ayo, lebih baik kita selamatkan diri! Tak usah pikirkan harta benda yang kita bawa," seru salah seorang lelaki.

Beberapa orang mulai berenang. Mereka terus berenang mencan tepian sungai. Padahal, sungai itu sangat luas sehingga mereka harus berenang cukup jauh.

"Kita tak boleh menyerah Kita pasti bisa menyelamatkan din," ucap seorang lelaki kepada temannya.

Mereka terus saja berenang hingga akhirnya tepian sungai mulai terlihat. Sungguh senang hati mereka. Namun, ada seorang lelaki yang berenang cukup lambat. Ia tak mungkin selamat kalau terus berenang dengan lambat seperti itu.

"Kau harus berenang lebih cepat agar tak kehabisan tenaga. Jika kau seperti itu, maka kau akan tertinggal dari kami,"seru salah satu penduduk.

Lelaki itu sebenarnya pandai berenang.Tapi, ia membawa dua kantong emas. Emas-emas itu sangat berat sehingga ia jadi terhambat dan tak bisa berenang dengan cepat.

“Aku tak mau membuang emas-emasku," seru pemuda itu.

“Buang saja emas itu kalau kau ingin selamat," ucap temannya.

Ketika orang-orang sudah hampir sampai di tepi sungai, pemuda itu masih berada di tengah sungai. Ia begitu kelelahan sampai tak kuat lagi membawa emas-emas

Pemuda itu lalu dengan sedih membuang emas yang ia bawa. Setelah itu ia pun bisa berenang dengan ringan, tanpa beban.

Akhirnya pemuda itu pun selamat bersama dengan teman-temannya. Jika tadi ia tak membuang koin emasnya, sudah pasti ia akan mati tenggelam.

Pesan moral dari Dongeng Rakyat Populer : Pilihan Sulit( (Cina) adalah terkadang kita dihadapkan pada pilihan yang sulit. Gunakanlah pikiran yang jernih dan akal yang sehat untuk memilihnya, jangan terkekang oleh nafsu semata

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.