Cerita Rakyat Sulawesi Tengah : Asal Usul Batu Bagga

2428 views

Minggu ini kakak ceritakan semua dongeng rakyat dari Pulau Sulawesi. Salah satu cerita rakyat Sulawesi Tengah yang paling kakak ingat adalah cerita anak durhaka yang menjadi awal terbentuknya batu bagga. Pada kisah sebelumnya kakak bercerita mengenai Asal Usul Pamboang yang merupakan Cerita Rakyat dari Sulawesi Barat. Kakak harap adik-adik semua suka dengan semua dongeng anak dari Sulawesi Yang ada di blog ini. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Sulawesi Tengah : Asal Muasal Batu Bagga

Impalak adalah seorang anak yang tinggal di sebuah kampung pesisir Sulawesi Tengah. la tinggal bersama ayahnya yang bernama Intobu. Mereka hidup sangat miskin. Sehari-hari, Impalak membantu ayahnya menangkap ikan di laut dengan menggunakan perahu.

Intobu selalu mengajarkan Impalak untuk bekerja keras dan pantang menyerah. Saat mereka mencari ikan, terkadang cuaca buruk menghadang mereka, tetapi Intobu mengajarkan Impalak agar tidak mudah menyerah.

Kondisi kehidupan mereka yang miskin membuat Impalak jenuh dan timbul keinginannya untuk merantau. Namun, berulang kali ia merasa tak tega meninggalkan ayahnya yang sudah tua renta.

"Ayah, aku ingin merantau untuk mernperbaiki kehidupan kita ini.” kata Impalak. Intobu sangat berat membiarkan anaknya pergi. Namun, melihat kesungguhan Impalak, akhirnya Intobu mengizinkannya.

Impalak sangat gembira. la memutuskan untuk segera berangkat dengan menggunakan perahu bagga (layar).

Tahun demi tahun berlalu, Impalak belum juga kembali ke kampungnya. Ternyata, ia telah berhasil di perantauan dan menjadi orang kaya raya. la sudah menikah dengan seorang putri dari seorang saudagar kaya.

Suatu hari ketika Intobu sedang mengail ikan di pelabuhan dengan menggunakan sampan. Intobu melihat sebuah bagga yang sedang menuju pelabuhan. Saat perahu itu melintas di dekatnya, ia melihat Impalak, anaknya, dan seorang perempuan cantik. Betapa bahagia Intobu. la segera mendayung perahunya mendekati kapal tersebut.

Intobu memanggil-manggil anaknya dengan penuh kegembiraan, "Impalak! Impalak, Anakku!" teriaknya.

Impalak menoleh dan menyadari yang memanggil itu adalah ayahnya, tetapi ia pura-pura tidak tahu, karena malu kepada istrinya. Sementara itu, Intobu terus memanggil dari sampannya.

"Kak, sepertinya orangtua di sampan itu memanggil namamu. Apakah ia ayahmu?" tanya istri Impalak.

Impalak tertawa mengejek, "Dinda, manalah mungkin ayahku seperti itu!" katanya kepada sang istri.

Sementara itu, Intobu terus mendayung sampannya mengejar bagga milik Impalak sambil terus berteriak memanggil anaknya. Tiba-tiba angin kencang bertiup dan membuat sampan Intobu terombang-ambing tak terkendali.

"Impalak tolong aku!" teriak Intobu meminta tolong ketika sampannya tak terkendali. Impalak justru tertawa mengejek menyaksikan ayahnya terombang-ambing oleh gulungan badai.

"Rasakan kau!" ejek Impalak.

Intobu yang tua renta sangat kecewa diperlakukan seperti itu oleh anak kandungnya. Lalu, ia mengeluarkan kutukan kepada anaknya itu, "Kukutuk kau, Impalak dan perahu bagga yang kau turnpangi menjadi batu!'"

Tiba-tiba angin bertiup sangat kencang, ombak besar menggulung menghantam perahu Impalak dan mengempasnya ke pesisir pantai. Sekejap saja perahu bagga dan Impalak berubah menjadi batu.

Hingga kini masyarakat menyebut batu tersebut sebagai Batu Bagga.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Sulawesi Tengah : Asal Usul Batu Bagga adalah kita harus selalu menghargai dan menyayangi orangtua kita. Tuhan akan memberikan hukuman setimpal jika kita durhaka kepada orangtua. Dan Tuhan juga akan memberikan kita kebahagiaan dan kesuksesan jika kita berbakti pada orang tua kita.

Temukan dongeng dari Sulawesi terbaik lainnya pada artikel kami berikut ini Cerita Rakyat Sulawesi Barat dan Kalimantan Timur dan Cerita Rakyat Sulawesi Utara : Ratu Adioa

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.