Cerita Rakyat Inggris : Guliver Di Negeri Manusia Kecil (Liliput)

Untuk malam hari ini cerita rakyat Inggris yang kakak ceritakan semua menggunakan bahasa Indonesia. Dongeng anak ini pernah kakak tonton film kartunnya ketika kakak masih kecil. Saat itu kakak sangat suka dengan cerita rakyat dari Inggris ini. Karena menurut kakak dongeng ini sangat menarik maka kakak ceritakan kembali untuk kalian. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Inggris : Guliver Dan Para Liliput (Manusia Kecil)

Pada jaman dahulu kala, di satu daerah di negara Inggris, hidup seorang anak muda pemberani bernama Guliver. Ia adalah seorang petualang. Ia suka sekali berlayar ke negara yang sangat jauh.

Hingga pada suatu saat, ketika ia berlayar, datang angin topan dahsyat yang menghancurkan kapal. Semua orang yang ada di atas kapal terlempar ke laut, termasuk Guliver. Ia terus berenang di antara ombak yang bergulung-gulung. Akhirnya, ia terdampar di sebuah pantai dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Cerita Rakyat Inggris Guliver Dan Para Liliput

Pada saat ia sadar dan membuka mata, tubuhnya telah diikat dengan tali kecil. Ia sangat kaget melihat banyak sekali prajurit-prajurit kecil yang membawa tombak mengelilinginya.

"Jangan bergerak! Lihatlah keadaanmu! Kalau kau melawan, kau akan mati," teriak prajurit kecil.

"Siapakah kau sebenarnya? Dari mana asalmu? Apa yang kau lakukan di sini?" tanya prajurit kecil.

"Namaku Guliver. Aku dari Pulau Inggris. Kapalku tenggelam dan aku terdampar di sini," jawab Guliver terbata-bata sambil mencoba memahami apa yang sedang terjadi.

"Hmm, baiklah. Kau akan kami bawa ke hadapan raja kami," kata prajurit kecil. Kemudian, prajurit prajurit kecil mengangkat dan menaikkan Guliver ke sebuah gerobak besar yang ditarik oleh ratusan kuda-kuda kecil.

Setelah tiba di istana dan tali-tali yang mengikatnya dilepaskan, Guliver menceritakan kejadian yang menimpa diri dan kapalnya kepada raja. Lalu, raja berkata, "Baiklah, kau boleh tinggal di sini asal kau berkelakuan baik dan sopan."

Kemudian, raja yang bijaksana menyuruh pelayan menyiapkan hidangan untuk Guliver. Guliver senang sekali. "Sebagai rasa hormat, saya ingin memberikan hadiah kepada Baginda," kata Guliver sambil mengeluarkan sebuah pistol kecil dan menembakkannya ke atas, "Door." Orang-orang kecil itu pun terkejut dan berlarian.

"Hmm, benda yang hebat," kata raja sambil memerhatikan pistol kecil pemberian Guliver.

Keesokan harinya, Guliver berjalan berkeliling kota. Guliver merasa sedang berjalan di antara gedung-gedung mainan. Guliver semakin akrab dengan penduduk kota.

Suatu hari, Raja kebingungan karena raja negeri tetangga hendak menyerang negerinya.

"Aku akan berusaha menolong, Tuanku," kata Guliver. Guliver minta disediakan tali-tali yang diberi kail pada ujungnya.

Guliver pergi ke pelabuhan. Kapal-kapal musuh sudah berjajar di tengah laut. Guliver pergi ke arah kapal itu. Tiba-tiba, ia diserang dengan panah-panah kecil, tapi tidak terasa di badan Guliver. Ia hanya menutup matanya dengan tangan agar panah-panah itu tidak mengenai matanya.

Guliver menarik kapal-kapal musuh ke pelabuhan dan menaklukkannya. "Hidup, Guliver! Guliver sangat kuat," sorak para prajurit kecil.

Akhirnya, raja negeri tetangga meminta ampun dan berjanji tidak akan menyerang lagi.

Pada beberapa minggu setelah kejadian itu, Guliver menemukan sebuah perahu besar yang sudah rusak dan hanyut terombang- ambing oleh ombak. Guliver berniat memperbaiki perahu itu agar bisa ia pergunakan untuk pulang. Para manusia kecil membantu Guliver memperbai perahu rusak tersebut. Akhirnya, perahu pun selesai diperbaiki.

"Terima kasih banyak atas bantuan kalian semua," kata Guliver.

Tibalah hari kepulangan Guliver. "Baginda, saya telah merepotkan selama tinggal di sini. Maafkan jika saya banyak kesalahan," kata Gulver berpamitan kepada raja manusia kecil.

"Selamat jalan, Guliver. Berhati-hatilah," kata sang raja. “Kerajaan kami terbuka lebar jika engkau ingin kembali.”

Guliver berangkat menuju lautan. Beberapa hari kemudian, Guliver melihat kapal laut besar. Ia segera melambaikan tangannya. Lalu, ia pun ditolong oleh kapal itu.

Kebetulan sekali, kapal itu akan berlayar ke Inggris. "Syukurlah akhirnya aku bisa pulang ke Inggris," ucap Guliver dalam hati.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Inggris : Guliver Dan Para Liliput adalah Jadilah anak yang pemberani dan suka menolong orang yang kesusahan. Sebab, suatu saat kamu akan ditolong oleh orang lain apabila mengalami masalah. Orang yang pemberani dan baik hati akan sukses dimasa yang akan datang.

Untuk adik-adik yang sedang belajar bahasa Inggris, kakak sarankan kalian mencari cerita rakyat dalam bahasa inggris di blog ini. Atau kalian juga bisa menklik link berikut ini dongeng bahasa inggris.

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.