Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler : Cindelaras

885 views

Salah satu cerita rakyat Indonesia terpopuler adalah Dongeng Cindelaras. Kisah ini pernah kami posting dengan versi yang lain yaitu pada artikel Cerita Rakyat Cindelaras – Dongeng dari Jawa Timur. Selain dongeng tersebut hari ini kami juga menceritakan dongeng terbaik dari India. Semuga pengunjung semua menyukainya.

Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler : Kisah Cindelaras

Ada sebuah kerajaan yang amat makmur di Pulau Jawa Kerajaan itu dipimpin oleh Raja Putra. Raja Putra memiliki seorang permaisuri yang sangat cantik, Ia juga memiliki selir yang cantik pula. Tetapi, sang selir tak suka kepada permaisuri. Selir itu ingin menjadi permaisuri seutuhnya.

Selir itu berpura-pura sakit. Ia bersekongkol dengan tabib istana. Selir mengatakan bahwa dirinya diracun oleh permaisuri. Mendengar au, Raja sangat marah. Lantas ia mengusir permaisun yang tengah hamil. Permaisuri itu diasingkan ke dalam hutan.

Beberapa bulan kemudian, Permaisuri melahirkan seorang anak laki-laki. Ia memberi nama anaknya itu Cindelaras. Seiring waktu berjalan, Cindelaras tumbuh menjadi remaja. Ia suka bermain-main di hutan. Dan saat sedang bermain, Cindelaras menemukan telur yang dibawa oleh elang. Ternyata itu adalah telur ayam.

Telur itu menetas, lalu muncul seekor anak ayam. Cindelaras merawat anak ayam itu dengan penuh kasih sayang hingga anak ayam itu tumbuh menjadi ayam jago yang gagah. Wah, suara ayam Cindelaras tak seperti suara ayam kebanyakan. Ia memilikt suara yang aneh.

"Kukuruyuk! Akulah ayam jago. Tuanku bernama Cindelaras, dan ayahnya adalah Raden Putra," kokok ayamnya.

Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler : Cindelaras

Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler : Cindelaras

Cindelaras sangat senang. Hingga suatu hari, ada lomba mengadu ayam. Dari banyaknya ayam yang mengikuti pertandingan, ayam Cindelaraslah yang menjadi pemenang. Kabar tentang kehebatan ayam milik Cindelaras itu pun terdengar sampai ke telinga Raja.

Raja lalu mengundang Cindelaras. Ia ingin mengadu ayamnya dengan ayam Cindelaras. Namun, Cindelaras meminta syarat. Jika menang, ia meminta separuh kerajaan menjadi miliknya. Raja pun menyetujuinya. Ia yakin menang, sebab selama ini belum pernah ada ayam yang bisa menandingi kekuatan ayam miliknya.

Olala... semua tak sesuai harapan Raja. Ayam Cindelaras-lah yang akhirnya memenangkan pertandingan. Raja lalu menanyakan asal-usul Cindelaras. Tetapi, ayamnyalah yang menjawab.

“Kukuruyuk! Akulah ayam jago. Tuanku bernama Cindelaras, dan ayahnya adalah Raden Putra,"kokok ayamnya.

"Benarkah kau anakku?" tanya Raja.

Patih lalu menjelaskan yang sesungguhnya kepada Raja. Rupanya selama ini Raja telah keliru. Selirlah yang telah melakukan kejahatan. Maka Raja kemudian menghukum selir dan mengasingkannya ke hutan. Sementara itu, Cindelaras dan ibunya diboyong kembali ke istana. Mereka pun hidup bahagia selamanya

Pesan moral dari Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler : Cindelaras adalah anak yang pemberani pasti, akan mendapatkan apa yang ia inginkan. Ayo Jadi anak yang pemberani!

Cerita Rakyat India : Perhiasan Putri Kajal

Hari ini Putri Kajal akan berkunjung ke kerajaan tetangga. Seperti biasa, Putri Kajal akan mengenakan gaun terbaiknya. Tentunya dengan beberapa perhiasan kesayangannya. Namun, saat akan memakai perhiasannya, Putri Kajal terkejut. Kotak perhiasannya tak ada di tempatnya.

"Bagaimana ini? Siapa yang mencuri perhiasanku?" seru Putri Kajal.

Putri Kajal segera melaporkan kejadian itu kepada raja. Raja lantas menyuruh patih untuk menyelesaikan masalah ini. Kotak perhiasan putri Kajal tak mungkin mudah dicuri, sebab ada pengawal di depan kamar Putri Kajal. Pastilah pencuri itu adalah prang yang dekat dengan Putri Kajal.

Patih lalu memanggil tiga pengasuh Putri Kajal Ia ingin meminta penjelasan kepada tiga pengasuh tersebut. Patih bertanya kepada pengasuh tertua, yang rambutnya sudah memutih. Pengasuh itu sangat menyayangi Putri Kajal.

"Apakah kau melihat kotak perhiasan milik Putri Kajal?" tanya Patih kepada pengasuh pertama.

"Iya, aku melihatnya setiap hari.Tapi, aku tak berani menyentuhnya tanpa perintah dan Putn Kajal," jawab Pengasuh Pertama. Patih mengangguk-angguk. Kemudian ia bertanya kepada pengasuh kedua

"Aku memang setiap hari mernbersihkan kamar Putri Kajal. Aku juga setiap hari melihat kotak perhiasan itu.Tapi sungguh, aku tak berani nemegangnya," ucap Pengasuh Kedua.

Tinggal pengasuh ketiga. Namun, jawaban Pengasuh Ketiga pun hampir sama. Ia tak tahu mengenai perhiasan yang hilang itu.

Patih menjadi bingung. Akhirnya ia memutuskan bahwa Putri Kajal-lah yang bersalah. Putri Kajal dianggap telah lalai menaruh perhiasannya sehingga hilang. Patih memutuskan untuk menghukurn Putri Kajal. Tetapi, Pengasuh Pertama tiba-tiba menangis.

"Tolong jangan hokum Putri Kajal! Akulah yang telah mengambil kotak perhiasan au," seru pengasuh Pertama.

"Kenapa kau mengambil kotak perhiasan au?" tanya Patih.

Pengasuh Pertama lalu bercerita bahwa ia mendengar akan ada segerombolan perampok yang hendak menghadang Putri Kajal. Maka ia mencuri perhiasan itu agar Putri Kajal tak jadi pergi hari ini. Ia khawatir dengan keselamatan Putn Kajal.

Patih pun memaafkan Pengasuh Pertama. Patih juga memintanya untuk mengembalikan kotak perhiasan Putri Kajal. Putri Kajal akan tetap berangkat, tetapi dengan pengawalan ketat.

Benar saja, setibanya di perbatasan, Putri Kajal dicegat oleh perampok.Tetapi karena Patih sudah menyiapkan perangkap, maka perampok itu pun berhasil ditangkap

Pesan moral dari Cerita Rakyat India : Perhiasan Putri Kajal adalah menyayangi seseorang memang baik. Tetapi, apa pun alasannya, mencuri milik orang lain itu tak baik

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.