Cerita Rakyat Indonesia Singkat : Bangau Yang Angkuh

585 views

Cerita rakyat Indonesia singkat sangatlah banyak di blog ini. Ada ribuan cerita rakyat nusantara yang dapat di baca tersaji lengkap dengan pesan moral didalamnya. Kami yakin pengunjung semua akan betah berlama-lama membaca kumpulan cerita anak yang ada di blog ini. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Indonesia Singkat : Penyesalan Bangau Angkuh

Pada suatu pagi yang cerah, seekor burung bangau tiba di sungai. Ia ingin mencari makan. Ia tahu, di sungai itu ada ikan-ikan yang bisa disantap. Kemudian ia pun berjalan di pinggir sungai dengan anggun dan cantik. Banyak sekali ikan-ikan kecil lewat di depannya.

"Banyak sekali ikan-ikan kecil di sini. Tapi apakah seekor burung bangau yang anggun sepertiku harus memakan ikan-ikan kecil itu," ucap Burung Bangau, sombong.

Ikan-ikan kecil terus saja berseliweran di depannya. Namun, Burung Bangau sama sekali tak menghiraukannya. Ia ingin mencari ikan yang lebih besar lagi.

"Lebih baik aku menikmati pemandangan ini sambil menunggu ikan yang lebih besar yang lewat di depanku." ucap Burung Bangau.

Ia sangat menikmati pemandangan sungai dengan gemericik air. Sesekali dia memejamkan mata menikmati semilir angin yang membelai bulu halusnya, sampai-sampai tak menyadari bahwa ada banyak ikan besar yang lewat di depannya. Ia baru menyadari saat kakinya terantuk ikan yang sedang lewat.

"Wah, ada ikan besar lewat!" seru Burung Bangau.

Tapi, lagi-lagi ia kembali berpikir. Apakah paruhnya yang begitu cantik harus memakan ikan yang besar itu.

"Bisa-bisa paruhku rusak kalau aku memakannya. Ah, lebih baik aku menunggu ikan yang lebih kecil lewat lagi di depanku," ujar Burung Bangau.

Cerita Rakyat Indonesia Singkat

Cerita Rakyat Indonesia Singkat

Burung Bangau tak sadar, kalau hari mulai terik, ikan-ikan akan pergi semua ke tengah sungai. Tak ada satu pun ikan yang kembali lewat di depannya.

Perut Burung Bangau mulai lapar. Ia bingung harus bagaimana menangkap ikan-ikan yang ada di tengah sungai.

"Aku tak mungkin pergi ke tengah sungai. Itu terlalu dalam dan bisa membahayakanku," ucap Burung Bangau."Sungguh aku belum beruntung hari ini," lanjutnya.

Hari itu, Burung Bangau kembali ke sarangnya dengan perut lapar. Itu semua karena kesombongannya. Harusnya ia tak mengabaikan kesempatan yang datang di depan mata. Burung Bangau pun menyadari kebodohannya.

"Esok aku akan kembali lagi ke sungai itu," gumam Burung Bangau.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Indonesia Singkat : Bangau Yang Angkuh adalah jangan membuang kesempatan yang bisa kita raih. Apalagi dengan menyombongkan diri.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.