Cerita Rakyat Fabel : Domba Garut di Kandang Kerbau

Cerita rakyat fable Kakak ini bercerita tentang Domba Garut yang selalu ingin menang sendiri. Apa yang terjadi dengan Domba Garut yang egois itu. Yuk kita ikuti kisah lengkapnya.

Cerita Rakyat Fabel : Domba Garut di Kandang Kerbau

Cerita Rakyat Fabel : Domba Garut di Kandang Kerbau

Suatu hari di sebuah peternakan beberapa ekor domba sedang mencari makanan di sebuah lahan kacang yang telah dipanen, domba-domba tersebut memakan beberapa tanaman kacang yang tertinggal oleh petani kacang. Lahan pertanian itu sangat luas sehingga makanan yang tersedia pun cukup untuk para domba, selain domba binatang ternak lainnya pun ikut serta mencari makanan di lahan pertanian tersebut seperti kerbau, lembu, ayam, serta beberapa ekor angsa.

Hewan hewan tersebut dibiarkan oleh sang peternak karena mereka tidak akan meninggalkan lahan pertanian tersebut dan ketika sore hari tiba mereka akan kembali ke kandangnya masing-masing. Di dalam kerumunan binatang ternak itu ada seekor domba berbadan besar berbulu lebat dan memiliki tanduk yang melingkar ke bawah kepalanya, domba tersebut sangatlah jahat dia sering menanduk teman-temannya jika mendekati dirinya yan sedang makan, begitu juga ketika dia mau tidur dia akan menanduk domba yang mendekati dirinya.

Ketika para binatang ternak itu mencari makanan siang harinya domba besar itu selesai makan dan dia kembali ke kandangnya, dirinya berpikir untuk masuk kekandang binatang lain karena dia merasa sangat bosan tinggal di kandang domba. Domba besar itu mencari-cari kandang yang memiliki tempat tidur yang nyaman untuk dirinya. Pertama dia masuk ke kandang ayam melihat kandang itu berukuran kecil dan bau dan sang domba tidak mau tinggal di kandang tersebut, lalu dia masuk ke kandang lembu.

Kandang lembu besar namun tidak dijaga seperti kandang ayam sehingga dia bisa saja kedinginan saat malam, kemudian dia masuk kekandang kerbau, kandang kerbau dipenuhi dengan jerami dan tertutup tempatnya cukup nyaman untuk dia tidur akhirnya sang domba memutuskan memilih kandang kerbau untuk dia tinggali tanpa berpikir kepada para kerbau bagaimana jadinya ketika kandangnya di tempati oleh binatang lain, Kini sang domba tidur dengan pulas di kandang kerbau.

Sore telah tiba matahari mulai tenggelam dan para binatang ternak kembali ke kandangnya masing-masing, lembu, ayam, angsa kembali ketempatnya dengan tenang kecuali para kerbau. Ketika para kerbau masuk ke sarang para kerbau dikagetkan oleh seekor domba yang tengah tidur pulas di kandang mereka.

Para kerbau tidak marah kepada sang domba namun bagaimanapun juga sang domba harus dibangunkan dan pindah ke kandangnya, seekor kerbau membangunkannya dengan perlahan hingga sang domba terbangun. Ketika terbangun sang domba malah marah dan beberapa menanduk kerbau yang membangunkannya, kerbau yang ditanduk itu tidak melawan dan cukup sabar menerima perlakuan sang domba yang sangat tidak sopan tersebut.

Seekor kerbau berkata kepada sang domba “Domba besar maafkan kami telah membangunkanmu, kami hanya ingin anda tidur di tempat anda karena tempat ini adalah milik kami.” sang domba berkata sambil marah “masa bodoh dengan tempat manapun jika aku menginginkannya maka aku akan mengambilnya kalau kau ingin mengusriku silahkan kau coba tandukku ini.” para kerbau kini kesal dengan sang domba yang bersikap seperti itu namun mereka tetap saja sabar. Hingga anjing gembala datang dan menyeret sang domba dengan paksa kembali ke kandangnya “kembali kau ketempatmu dasar tidak sopan, kau domba yang menjengkelkan tidak tahu sopan santun dan bertindak semena-mena, suatu hari sifatmu itu akan mencelakakanmu.” kata anjing gembala sambil menggiring domba ke kandangnya.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Fabel : Domba Garut di Kandang Kerbau adalah hargai orang lain dan jangan mementingkan kepentingan diri sendiri. Sifat egois akan mencelakakan kita dimasa yang akan datang.

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.