Cerita Rakyat dan Dongeng Fabel Pendek dari Spanyol

Malam ini kakak akan menceritakan satu cerita rakyat dan satu dongeng fabel yang berasal dari negara Spanyol. Mungkin kalian tahu Spanyol sebagai negara yang memiliki tim sepak bola yang sangat bagus, namun ternyata dari negeri ini banyak juga terdapat legenda rakyat yang menarik. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Spanyol : Rahasia Perawat Kuda (Spanyol)

Ada seorang pemuda yang bertugas merawat kuda milik Raja. Kuda itu sangat penurut dan patuh kepada si pemuda. Kuda berwarna hitam mengkilat tersebut dirawat oleh si pemuda dengan sangat baik. Pemuda itu begitu telaten merawatnya. Raja menyukai pemuda itu karena telah berhasil membuat kuda kesayangannya menjadi sehat dan terlihat gagah.

Suatu hari, Raja memperhatikan pemuda itu saat sedang memberi makan kuda kesayangannya. Kuda itu memakan rumput dengan sangat lahap. Raja ingin sekali melakukannya. Selama ini ia tak pernah memberikan makanan secara langsung kepada kuda miliknya.

Saat pemuda itu sibuk dengan hal lain, Raja mengambil rumput dan memberikannya kepada kudanya.Tetapi, kuda itu malah berpaling.Tentu saja Raja menjadi kesal. Ia pun pulang ke istana dengan hati dongkol.

cerita rakyat spanyol rahasia perawat kuda

"Sepertinya kau sedang kesal. Apa gerangan yang membuatmu begitu," tanya Ratu, penasaran.

"Aku kesal dengan kudaku si hitam. Saat aku mau memberinya makan, dia malah berpaling. Tetapi saat pemuda perawat kuda memberikan makanan kepadanya, dia makan dengan sangat lahap. Aku akan sembelih kuda itu sebagai hukuman," dengus Raja, kesal.

Ratu tersenyurn mendengar cerita Raja. Biasanya Raja tidak mudah tersinggung, tetapi terhadap kudanya ia begitu marah.
Raja akhirnya menyuruh prajurit untuk menyelidiki hal itu. Tentang bagaimana kudanya bisa makan dengan lahap jika yang memberi makanannya adalah si pemuda yang merawatnya.

Beberapa hari berlalu. Prajurit itu akhirnya tahu. Rupanya saat memberi makan kuda, si pemuda mengoleskan rumput-rumput dengan madu. Makanya kuda itu memakan rumput tersebut dengan lahap. Kuda hitam itu ternyata sangat menyukai madu.

Prajurit pun memberi tahu Raja. Olala... kemarin saat Raja memberikan rumput, ia memang tak mengoleskannya dengan madu. Setelah mengetahui rahasia itu, Raja mencoba mengoleskan rumput dengan madu, lain memberikannya kepada kudanya.

Wah, senang sekali hati Raja. Kudanya memakan dengan lahap rumput yang ia berikan. Untung saja Raja belum menyembelih kuda itu. Ia telah salah sangka. Semua ini berkat ratu. Ratu memang selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Spanyol : Rahasia Perawat Kuda (Spanyol) adalah jangan mudah tersinggung. Belum tentu apa yang kau pikirkan itu benar.

Dongeng Fabel Pendek dari Spanyol : Burung Hitam Ingin Menjadi Merpati

Burung hitam pergi mencari makan. Musim kemarau memang membuat ia kesulitan untuk mencari makan. Hampir sehari penuh ia belum juga mendapatkan makanan. Ia pun berpikir untuk pergi ke rumah petani. Barangkali di rumah petani masih tersedia merpati, pasti petani juga akan memberinya makan.

Olala... burung hitam ingat. Saat ia melintasi rumah petani tadi, ia melihat sebuah cat berwarna putih. Burung hitam kemudian menceburkan dirinya ke dalam cat

dongeng fabel pendek dari spanyol

"Wah, akhirnya aku jadi seperti merpati. Aku akan pergi ke tempat para merpati itu dan ikut makan di sana," ujar Burung Hitam, senang.

Burung hitam terbang ke tempat merpati. Kemudian ia ikut makan di sana tanpa diketahui oleh merpati. Setelah kenyang, Burung Hitam pun bertanya kepada salah satu merpati.

"Hey, siapa namamu?" tanya Burung Hitam. Hal itu membuat si merpati curiga. Rata-rata suara merpati itu indah.Tetapi, olala... suara Burung Hitam sungguh berbeda dari kebanyakan merpati.

"Suaramu tak seperti kami. Sepertinya kau bukan merpati. Pergi sana," ujar salah satu merpati.

Akhirnya burung hitam meninggalkan kumpulan burung merpati. Dia lalu pergi menuju kawanan burung hitam saudara-saudaranya. Namun karena bulunya yang berwarna putih, ternyata diapun diusir oleh saudara-saudaranya.

"Aku burung hitam, saudaramu. Aku seperti ini karena ingin makan bersama merpati tadi," balas Burung Hitam.

Tetapi saudara-saudara Burung Hitam tak percaya. Kemudian mereka pun mengusir Burung Hitam. Seharusnya, tadi ia tak meniru merpati. Dengan begitu, dirinya pasti masih bisa tinggal di rumahnya sendiri.

Hikmah yang dapat diambil dari Dongeng Fabel Pendek dari Spanyol  adalah Jadilah diri sendiri. Temanmu akan menerimamu seperti apa pun dirimu.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.