Cerita Pada Zaman Dahulu – Dongeng Rakyat Pangeran Ivan dari Rusia

Dongeng rakyat Pangeran Ivan adalah cerita pada zaman dahulu yang diceritakan secara turun temurun. Dongeng anak ini sangat disukai sehingga menyebar ke seluruh dunia. Semoga seluruh pembaca menyukai cerita ini. Selamat membaca.

Cerita Pada Zaman Dahulu : Pangeran Ivan Yang Pemberani (Rusia)

Raja menanam pohon apel emas di stana. Saat pohon apel itu berbuah, sering kali buah-buahnya dicuri. Saat rnalam menjelang, buah apel emas itu masih ada. Namun, ketika pagi datang, pasti ada salah satu buah apel emas yang hilang. Tentu saja Raja menjadi geram. Padahal ia sudah memerintahkan prajunt untuk menjaga. Tak mungkin jika ada orang bisa masuk dan mengambil buah apel itu.

Cerita Pada Zaman Dahulu : Pangeran Ivan

Cerita Pada Zaman Dahulu : Pangeran Ivan

Raja lalu memerintahkan Putra Pertama untuk menjaga pohon itu. Namun, Putra Pertama sangatlah malas. Bukannya menjaga pohon itu, ia malah tidur. Pagi harinya, Raja menemui putra pertamanya.

"Apakah kau sudah tahu siapa yang mencuri buah apel kita?" tanya Raja.

“Aku tak melihatnya, Ayah. Sepertinya pencurinya memang tak terlihat," jawab Putra Pertama, asal.

Malam berikutnya, Raja menyuruh putra keduanya untuk menjaga pohon itu. Namun, sama seperti Putra Pertama, bukannya menjaga pohon apel emas, Putra Kedua malah tidur dengan nyenyak.

Raja semakin bingung. Dia memanggil putra ketiga, yaitu Pangeran Ivan. Ia memintanya untuk menjaga pohon itu.

"Baiklah Ayah, hamba akan menjaganya malam ini," ucap Pangeran Ivan.

"Semoga kau bisa menangkap pencuri apel emas itu," ujar Raja.

Malam itu Pangeran Ivan menjaga pohon apel emas. Ia tak mau memejamkan matanya. Pangeran Ivan ingin mengetahui siapa yang mencuri buah apel milik Raja. Menjelang tengah malam, suasana semakin mencekam. Hal itu membuat Pangeran Ivan bergidik. Tetapi, ia harus tetap menjaga pohon itu. Tidak lama kemudian, ia melihat sebuah cahaya yang bergerak ke arah pohon apel.

Pangeran Ivan segera mencari tempat sembunyi. Olala... rupanya seekor burung merak api. Pangeran Ivan Iangsung mengejarnya. Namun, ia tak bisa menangkap burung itu. Ia hanya mendapatkan sehelai bulu burung merak tersebut.

Paginya, Pangeran Ivan menemui Raja. Ia mencentakan ape yang terjadi semalam. Meskipun tak berhasil menangkap merak api, tapi Raja sangat bangga dengan Pangeran Ivan. Setidaknya ia jadi tahu siapa yang mencuri apel emas miliknya.

Sejak saat itu, Raja jadi tahu bahwa Pangeran Ivan sudah dewasa. Sang Pangeran bisa mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Hikmah dari Cerita Pada Zaman Dahulu : Pangeran Ivan Yang Pemberani (Rusia) adalah kerjakan tugasmu dengan penuh tanggung jawab,pka kau akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Cerita Dongeng Rakyat : Pangeran Ivan Dan Merak Api (Rusia)

Raja memerintahkan tiga putranya untuk menangkap burung merak api. Ketiga putra raja itu pun pergi ke arah yang berbeda. Mereka menunggang kuda dan membawa bekal untuk perjalanan panjang.

Pangeran Ivan pergi ke arah berat. Dia memacu kudanya dengan sangat cepat. Pada siang hari, matahari teramat terik. Pangeran Ivan merasa Ielah. Ia pun turun dari kudanya dan beristirahat sejenak. Namun, karena terlalu Ielah, Pangeran Ivan tertidur di bawah pohon rindang.

Cerita Dongeng Rakyat : Pangeran Ivan Dan Merak Api

Cerita Dongeng Rakyat : Pangeran Ivan Dan Merak Api

Seat terbangun, alangkah kagetnya Pangeran Ivan. Ia tak menemukan kudanya. Kudanya menghilang bersama bekal perjalanannya.

"Jika seperti ini, bagaimana aku akan sampai ke tempat burung merak itu?" gumam Pangeran Ivan. Pangeran Ivan lantas memutuskan untuk berjalan kaki.

Lama berjalan, Pangeran Ivan semakin Ielah. Ia pun kembali duduk untuk beristirahat sejenak. Olala... tiba-tiba ada seekor serigala abu-abu yang menghampirinya.

“Ikutlah denganku, aku akan mengantarkanmu kepada merak api,” ucap Serigala Abu-abu.

"Siapa kau?" tanya Pangeran Ivan, penasaran.

“Aku adalah serigala utusan dewa. Akulah yang memakan kudamu. Aku akan menjadi pengganti kudamu. Sekarang naiklah di punggungku," balas serigala itu.

Pangeran Ivan lalu naik ke punggung serigala. Serigala berlari dan terus berlari hingga sampailah mereka di sebuah kastil. Kastil itu dipenuhi oleh penjaga.

“Penjaga-penjaga itu telah tertidur. Kau masuklah diam-diarm Merak emas itu ada di sangkarnya. Dekaplah merak emas itu agar dia tak bersuara" ujar Serigala.

Pangeran Ivan mengerti. Ia pun berhati-hati masuk ke dalam kastil. Setelah berusaha keras, Pangeran Ivan berhasil mendapatkan burung merak api itu. Ia pun Iangsung membawanya ke istana.

Serigala mengantar Pangeran Ivan sampai ke istana. Alangkah senangnya hati Raja. Rupanya, Pangeran Ivan yang berhasil menangkap burung merak api itu. Meskipun Pangeran Ivan Iebih muda, tapi kemampuan yang ia miliki melebihi kakak-kakaknya.

Pesan moral dari koleksi cerita rakyat : Pangeran Ivan Dan Merak Api (Rusia) adalah tidak hanya berdoa, kita juga harus berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Tuhan akan mengabulkan dan orang-orang yang suka bekerja keras dan bersungguh-sungguh.

Temukan kumpulan cerita rakyat Indonesia terbaik lainnya pada link berikut kumpulan cerita legenda

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.